10 Hantu Indonesia, Spesies Endemik Hantu Kebangaan Negeri

Segala hal yang berbau mistis, memang jadi pembicaraan yang ngeri-ngeri sedap dijadikan bahan cerita di kesaharian. Hantu kerap jadi perbincangan renyah di tengah masyarakat di belahan bumi mana pun. Termasuk diantaranya di Indonesia.

Hantu Indonesia

Hantu Indonesia. Image: yukepo.com

Indonesia juga tidak lepas dari hal umum itu. Bahkan ada yang unik di Indonesia. Mungkin di dunia, Indonesia adalah pemilik populasi Hantu dengan keanekaragaman tertinggi di antara negara-negara di dunia. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya suku, yang masing-masing punya Hantu sendiri-sendiri. Belum lagi ditambah berapa hantu urban.

Beragam jenis makhluk halus—yang biasa disebut hantu—mulai pocong, genderuwo, kuntilanak, hingga wewe gombel. Beberapa hantu bahkan “endemik” dari Indonesia. Hantu-hantu endemik ini lantas kerap menghiasi layar lebar, menjadi tokoh utama dalam film bergenre horor di Tanah Air.

Berbasis rasa penasaran pada hal itu, kali ini kami mencoba mengajak bercerita soal hantu-hantu endemik itu. Mari simak deskripsi dan asal usul para hantu ini.

  1. Pocong

pocong

Pocong. Image: idntimes.com

Deskripsi Hantu Pocong

Penggambaran pocong bervariasi. Ada yang mengatakan pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain mengatakan, pocong berwajah “rata” dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

Meskipun di film-film pocong sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalan melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat.

Asal Usul Hantu Pocong

Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatra. Walaupun penggambaran nya mengikuti tradisi Islam, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk “protes” dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafan saat dikubur.

Ada juga versi lokal Jakarta tentang pocong plastik. Cerita tentang pocong plastik ini muncul dari kisah seorang wanita hamil yang dibunuh pacar nya. Ketika sedang diotopsi, mayat wanita itu terus mengucurkan darah, sehingga pihak rumah sakit memutuskan untuk membungkus dengan plastik. Warga percaya bahwa kemunculan pocong ini karena arwah dari wanita itu ingin dibukakan ikatan plastik pada jasad nya.

Ada juga cerita “andong pocong” di Sidoarjo. Menurut warga setempat, asal usul hantu pocong ini adalah karena kematian dua pengantin baru yang tidak direstui dan mengalami kecelakaan saat menaiki delman.

Ada pula yang mempercayai bahwa hantu ini merupakan perwujudan ilmu gaib.

  1. Suster Ngesot

suster ngesot

Cosplay Suster Ngesot. Image: @ndarii25

Deskripsi Suster Ngesot

Suster ngesot yaitu hantu yang memakai baju suster, jalannya sambil ngesot. Dalam sejarah tidak ada yang bisa menentukan asal usul suster ngesot, tetapi ada beberapa informasi dari mulut ke mulut di masyarakat yang kemudian dipercayai sebagai sejarah adanya suster ngesot.

Asal Usul Suster Ngesot

Ada beberapa versi mengenai asal usul hantu ini. Pertama cerita di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo. Di Rumah Sakit itu ada seorang suster yang meninggal secara tidak wajar. Suster itu sedang jaga malam, lalu diperkosa dan dibunuh. Kakinya dimutilasi dan mayat nya dikuburkan di ruangan laboratorium.

Mitos lain mengenai suster ngesot dari daerah Jawa Barat, yaitu di suatu tempat panti jompo ada seorang suster cantik berketurunan Belanda bernama Norah yang mempunyai ilmu gaib. Dengan ilmu nya itu dia membunuh semua penghuni panti. Kejahatan itu diketahui oleh masyarakat. Sebagai hukuman kaki Norah dipukuli warga hingga remuk dan hancur.

Beberapa Rumah Sakit Tua di seluruh Indonesia, juga banyak yang memiliki versi lokal dari Suster ngesot. Versi cerita nya mirip, yakni mengenai suster yang mati tidak wajar dengan kondisi kaki hancur.

  1. Sundel Bolong

sundel bolong

Ilustrasi Sundel Bolong. Image: MARVEL THE MARVELOUS

Deskripsi Sundel Bolong

Sosok hantu yang satu ini hampir serupa dengan Kuntilanak, sama-sama berambut panjang dan memakai baju putih. Satu yang berbeda adalah terdapat lubang di belakang punggungnya. “Sundel” di artikan secara langsung mempunyai arti wanita jalang atau pelacur. Sementara “bolong” di ambil dari bahasa jawa yang artinya “berlubang tembus”.

Asal Usul Sundel Bolong

Konon, dahulu kala Sundel Bolong adalah seorang wanita muda dengan paras yang cantik. Sebut saja Mawar. Mawar sedang berjalan sendirian pada malam hari, dan pada saat itu Mawar tengah mengandung dengan usia kandungan sekitar 8 bulan.

Tanpa sepengetahuan Mawar, seorang lelaki mengikuti dia. Laki-laki tersebut menghampiri Mawar, memperkosa dan membunuh Mawar. Untuk menghilangkan jejak, jenasah Mawar di kubur dengan tergesa-gesa. Di ceritakan did alam kubur Mawar melahirkan bayi nya melalui punggungnya.

Proses ini menyebabkan Punggung Mawar berlubang. Bayi itu pun langsung berubah menjadi tuyul, sedangkan Mawar menjadi arwah penasaran dengan luka dendam yang amat dalam.

  1. Kuntilanak

kuntilanak

Kuntilanak. Image: idntimes.com

Deskripsi Kuntilanak

Kuntilanak umumnya digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan berbaju panjang warna putih. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul diiringi harum bunga kamboja.

Dalam versi Malaysia kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Dalam Tradisi melayu, Kuntilanak dikatakan punya lubang di punggung. Berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung. Kuntilanak konon menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping. Populer disebut “waru doyong”.

Asal Usul Kuntilanak

Konon asal usul nama Kuntilanak sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni “kuntil” dan “anak” yang berarti mencuri anak.

Berdasarkan cerita dari Pontianak menyatakan kuntilanak ini memang sengaja didatangkan. Tugas dari iblis wanita ini untuk memenuhi niat jahat menculik bayi.

Ada juga Versi yang berasal dari Alas Roban, Jawa. Kuntilanak mulanya seorang wanita yang diperkosa dan dibunuh. Mayat nya dibuang ke Alas Roban. Karena mati dibunuh, arwah dari wanita tersebut bergentayangan dan bersumpah akan membunuh semua pria yang berbuat semena-mena terhadap wanita.

  1. Tuyul

tuyul

Ilustrasi Tuyul mencuri uang. Image: inhilklik.com

Deskripsi Tuyul

Tuyul dalam mitologi hanya dikenal di pulau jawa, dan sekitarnya. Tuyul, terutama di Pulau Jawa, digambarkan sebagai makhluk halus berwujud orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan.

Tuyul bersifat sosial, dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin. Tuyul bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri uang.

Untuk menangkal tuyul, orang memasang kepiting di sejumlah sudut rumah. Hal ini  karena tuyul dipercaya menyukai kepiting, sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Asal Usul Tuyul

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain. Hal ini seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam.

Tetapi di dalam kepercayaan agama samawi (Islam, Kristen, Yahudi) Tuyul adalah makhluk halus dari golongan Jin. Di dalam Islam Tuyul dikategorikan golongan jin dari jenis Ifrit.

  1. Genderuwo

genderuwo

Penggabaran Genderuwo dalam parade di Jogja. Image: budayajawa.id

Deskripsi Genderuwo

Genderuwo konon makhluk yang iseng dan cabul, karena kegemaran nya menggoda manusia terutama kaum perempuan dana anak-anak. Kadang genderuwo muncul dalam wujud makhluk kecil berbulu yang bisa tumbuh membesar dalam sekejap. Salah satu kegemaran genderuwa yang paling utama adalah menggoda istri-istri kesepian yang ditinggal suami.

Konon biasanya wanita korban yang disetubuhi oleh genderuwo tidak akan sadar sedang bersetubuh dengan genderuwo. Genderuwo bisa menyamar sebagai suami atau kekasih korban ketika melakukan hubungan seks.

Asal Usul Genderuwo

Mitos genderuwo berakar dari mitos kuno Persia, yang mengenal mahkluk tersebut dengan nama “gandarewa”. Dalam mitos Persia, gandarewa adalah siluman air yang memakan hal-hal baik, sebelum akhirnya dia dikalahkan oleh seorang pahlawan bernama Keresaspa.

Setelah diadaptasi oleh masyarakat Hindu-Buddha, genderuwo jadi lebih dikenal sebagai mahkluk berkelamin pria yang tinggal di kayangan.

Dalam mitos Jawa, genderuwo berasal dari arwah orang yang meninggal secara tidak sempurna. Seperti kematian yang diakibatkan oleh bunuh diri, penguburan yang tidak baik, akibat kecelakaan, atau pembunuhan. Kematian tidak wajar itu menyebabkan arwah belum mau menerima kematian.

  1. Leak

leak

Leak. Image: kumparan.com

Deskripsi Leak

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa. Leak dapat berubah bentuk menjadi kera, babi, anak ayam, pohon aren, celuluk, atau rangde. Dalam kondisi tertentu, leaklu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup, bahkan bisa mengambil bayi di dalam kandungan.

Dalam lontar durganing purwa dinyatakan bahwa terdapat sekitar 35 jenis leak, diantaranya leak pemoroan, leak nengkleng, leak ugig yang semuanya berkonotasi tentang keburukan di penganut ilmu leak itu.

Asal Usul Leak

Leak memiliki kisah panjang sejak jaman kerajaan di Indonesia. Dikisahkan pada masa pemerintahan Airlangga (1006 – 1042 M) di Jawa Timur, hidup seorang janda sakti mandraguna bernama Dayu Datu dari Desa Girah. Desa ini terletak di wilayah pesisir Kerajaan Kediri. Dayu Datu inilah yang kemudian dikenal sebagai Calonarang.
Calonarang menuliskan semua ilmu sihir nya ke dalam sebuah “Kitab” – yang oleh pengikutnya disebut Kitab Calonarang. Namun kemudian, Mpu Bharadah berhasil mengalahkan Calonarang dan mengamankan kitab tersebut agar ilmu nya tidak tersebar luas.

  1. Palasik

palasik

Palasik menyerang ibu hamil. Image: boombastis.com

Deskripsi Palasik

palasik adalah sesosok yang tidak normal kadang berwujud manusia tanpa kepala dan juga ada yang bilang hanya kepala saja yang terbang mencari mangsa. Hantu ini sangat ditakuti kaum ibu-ibu apalagi yang sedang dalam masa mengandung/ hamil.

Asal Usul Palasik

Menurut Legenda Minangkabau yang dinamakan palasik adalah bukan sejenis hantu ataupun mahkluk gaib. Tapi seseorang yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi yang mengabdikan dirinya untuk jin, setan dan iblis. Karena memiliki ilmu hitam maka disebut sebagai sosok yang jahat. Berdasarkan cerita rakyat Minangkabau, sosok hantu palasik ini suka memakan bayi baik yang masih dalam kandungan maupun yang sudah diluar atau yang ada di dalam kubur.

Tentang benar atau tidaknya, hingga saat masih dianggap misteri masyarakat minangkabau. Untuk menghindarinya mereka selalu berhati-hati dan tidak berani keluar rumah saat sandiakala (sekitar magrip), karena saat tersebutlah hantu palasik berkeliaran.

  1. Kuyang

kuyang

Kuyang. Image: duniaku.net

Deskripsi Hantu Kuyang

Makhluk ini dikenal umum di masyarakat Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Kuyang berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit. Organ dalam tampak menggelantung di bawah leher. Makhluk ini dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan.

Makhluk ini dikenal umum di masyarakat Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Asal Usul Hantu Kuyang

Dalam mitos di Kalimantan, Kuyang adalah wujud pesugihan untuk bisa hidup abadi atau awet muda selamanya. Si pelaksana ajaran sesat ini biasanya wanita. Untuk bisa bertahan lama maka dia harus meminum darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan untuk syarat awet muda nya.

Si Kuyang ini bisa menandai mangsa nya dengan cara mengelus-elus wanita perut wanita yang sedang hamil besar, maka dari itu di desa terpencil sampai sekarang ada yang masih percaya kalau wanita yang sedang hamil besar harus ditunggui 24 jam penuh.

  1. Si Manis Jembatan Ancol

si-manis

Lukisan berdasar penglihatan gaib Si Manis Jembatan Ancol. Image: duniaku.net

Deskripsi Hantu Si Manis Jembatan Ancol

Si manis jembatan ancol adalah hantu yang ada di kawasan Ancol Jakarta. Hantu ini konon berwujud wanita muda cantik muda yang sering muncul sendirian di tengah keremangan. Di tahun 60-ana da cerita tentang perempuan yang menumpang perahu, yang kemudian membayar sewa perahu dengan uang yang ternyata lebaran daun.

Dalam versi modern konon penampakan nya berupa gadis cantik yang minta membonceng ojek. Namun setelah dibonceng, di tengah jalan tiba-tiba perempuan itu lenyap mendadak.

Asal Usul Hantu Si Manis Jembatan Ancol

Asal-usul Si Manis Jembatan Ancol dimulai pada abad ke-19. Ada seorang gadis muda yang tinggal di sebuah paviliun milik orang kaya bersama ibu dan kakaknya. Nama gadis itu adalah Maryam. Maryam kabur untuk menghindari paksaan juragan kaya pemilik paviliun tempat tinggalnya itu.

Pelarian Maryam membawa nya sampai  ke kawasan Ancol, di mana di sana ada seorang pria kaya lainnya di Batavia yang memiliki villa di kawasan Bintang Mas Ancol. Ketika centeng-centeng orang kaya itu hendak menangkap Maryam, gadis itu memberikan perlawanan. Akhirnya Maryam tewas dan jenasah nya dibuang begitu saja di area persawahan yang jarak sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol.

 

One Response

  1. CandelariaBig July 5, 2019

Add Comment