10 Masakan Indonesia Wilayah Timur yang Menguncang Lidah

masakan indonesia

masakan indonesia

Membahas masakan Indonesia tidak melulu wilayah barat, pulau jawa dan Sumatera. Indonesia bagian timur mulai dari Nusa Tenggara Barat sampai ke ujung timur papua juga kaya. Salah satunya kaya akan berbagai jenis masakan yang tidak kalah lezat.

Masakan Indonesia khas daerah timur, bukan sekedar lezat. Namun juga unik, karena sesuai dengan kebudayaan dan keberadaan sumber daya di daerah itu. Yang mana berbeda dengan Indonesia bagian barat.

Contoh paling mudah dalam hal sumber karbohidrat. Masakan Indonesia belahan barat tergantung pada beras, sedangkan Indonesia timur lebih variatif. Di sana ada sagu, dan ubi. Demikian juga dengan sumber protein. Tidak melulu daging ayam, sapi dan ikan. Di bagian timur Indonesia ada cacing laut di NTB dan bahkan ada ulat sagu di Irian.

10 Masakan Indonesia Bagian Timur

Untuk itu, pada kesempatan ini kami mencoba berbagi cerita soal masakan Indonesia. Khususnya masakan Indonesia yang ada di daerah timur Indonesia.

  1. Papeda

Papeda

Papeda. Image: idntimes.com

Papeda adalah masakan Indonesia khas Maluku dan papua. Makanan berupa bubur sagu ini biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai  lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo. Sayur ini diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

Kandungan indeks glikemik yang rendah pada sagu membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita Diabetes. Tingginya kadar serat dalam sagu berperan sebagai pre-biotik, menjaga mikro flora usus, meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga mengurangi risiko terjadi kanker usus, mengurangi risiko obesitas, serta memperlancar buang air besar.

Bagi yang sering merokok, dianjurkan juga mengkonsumsi masakan Indonesia  khas Papua ini. Papeda dapat secara perlahan membersihkan paru-paru.

Baca juga tempat tempat indah di Papua.

  1. Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang. Image: radarcirebon.com

Ayam taliwang merupakan primadona kuliner yang menjadi ikon makanan khas masyarakat Lombok. Masakan Indonesia ini memiliki sensasi rasa yang pedas dengan kuat nya kencur. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung muda agar terasa lebih gurih dan empuk. Pengolahan ada yang digoreng dan ada pula yang dibakar. Penyajian ayam taliwang ini biasanya selalu dibarengi dengan plecing kangkung dan beberuk terong.

Perkembangan tradisi kuliner ayam taliwang di Lombok, erat berkaitan dengan keberadaan masyarakat Karang Taliwang. Komunitas itu bermukim di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Masyarakat Karang Taliwang merupakan yang pertama kali memperkenalkan masakan Indonesia ayam taliwang. Mereka mengolah ayam menjadi masakan Indonesia khas, yang kemudian disebut sebagai ayam taliwang.

  1. Ayam Woku.

Ayam Woku

Ayam Woku. Image: unileverfoodsolutions.co.id

Woku adalah bumbu masakan Indonesia khas yang ada di daerah Manado. Woku terbuat dari aneka macam bumbu rempah dan biasa digunakan untuk memasak daging. Di daerah Manado ada dua jenis woku. Pertama woku belanga yang dimasak dengan belanga. Kedua woku daun yang dimasak dalam daun.

Seperti umumnya masakan Indonesia asal Manado, Ayam Woku juga memiliki cita rasa pedas. Selain itu juga kaya akan penggunaan daun rempah. Rempah yang dipakai seperti daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, dan daun bawang.

Ayam woku biasanya dimasak hingga kuah nya mengental dan sedikit menyusut. Rasa yang enak gurih dengan rempah-rempah alami Indonesia memang nikmat sekali. Tambah lesat saat dinikmati dengan nasi hangat dan taburan bawang merah di atas nya. Masakan Indonesia satu ini cocok sekali dinikmati untuk hidangan makan siang.

  1. Ikan Bakar Manokwari.

Ikan Bakar Manokwari.

Ikan Bakar Manokwari. Image: ksmtour.com

Karena letaknya di pinggir pantai, maka Manokwari sangat erat hubungan nya dengan kultur laut. Tidak mengherankan jika masakan Indonesia Khas Manokwari terbuat dari ikan. Masakan yang terkenal salah satunya Ikan Bakar Khas Manokwari.

Ikan Bakar Manokwari berbeda dengan ikan bakar yang biasa tersaji di warung-warung makan di daerah-daerah lain. Ikan yang biasa dipilih untuk dibakar adalah ikan tongkol. Meskipun jenis ikan lain juga tak masalah untuk digunakan. Ciri yang paling khas dari masakan Indonesia Ikan Bakar Manokwari, terletak pada bumbu. Bumbu disiram pada ikan bakar tersebut, berupa sambal yang digiling kasar. Sabal ini disajikan mentah, tidak turut dibakar.

  1. Sambal Colo-Colo.

sambal colo colo

Sambal colo-colo. Image: cnnindonesia.com

Sambal colo-colo merupakan masakan Indonesia  sambal dari daerah Ambon, Maluku yang sangat terkenal. Dengan bahan dasar cabai, kecap, dan air jeruk nipis, sambal colo-colo punya sensasi rasa unik dari segar, pedas, dan manis. Di Maluku sendiri, ada berbagai versi sambal colo-colo. Ada yang memakai kecap dan ada yang tidak pakai kecap.

Masakan Indonesia Sambal colo-colo terbuat dari tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit. Semua bahan diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis. Tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang

Sambal colo-colo yang pakai kecap ini mirip dengan sambal kecap yang sering dibuat di rumah atau di penjual sate. Tapi bedanya dengan sambal kecap biasa, sambal colo-colo itu ditambahkan air jeruk nipis biar segar. Biasanya sambal ini disantap dengan ikan bakar oleh masyarakat Ambon

  1. Kue Lontar.

Kue Lontar. Image: www.angeliqstella.com/resep-kue-pie-susu-khas-pontianak-sederhana-tebal-lebih-enak/

Papua tak hanya punya kuliner olahan ikan atau sagu yang dijadikan makanan utama. Tanah Cendrawasih juga punya beragam masakan Indonesia yang harus kamu coba ketika melancong ke sana. Salah satu kudapan khas Papua terkenal yaitu kue lontar. Kue lontar ini disebut-sebut sebagai pie susu khas dari provinsi paling timur Indonesia ini.

Masakan Indonesia khas Papua ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pie susu yang dijual umumnya. Tetapi isian nya yang tebal dan cenderung manis gurih membuat kue satu ini menjadi kegemaran.

Penamaan kue lontar konon berasal dari bahasan Belanda londtart atau kue bundar. Kue lontar bertekstur lembut bagian dalam, sedangkan kulitnya renyah. Rasanya yang manis pasti membuat penyuka kue ketagihan pada cita rasanya.

Masakan Indonesia Kue lontar di beberapa kota di Papua dijual sebagai makanan khas. Ada juga yang menjual sebagai oleh-oleh untuk para pelancong. Kalau kamu berkunjung ke Papua, kue lontar tak boleh terlewatkan untuk dicari.

  1. Martabak Sagu.

martabak sagu

Martabak Sagu. Image: kominfo.jayapurakota.go.id

Masakan Indonesia Martabak yang berasal dari Kabupaten Fakfak ini berbeda dengan martabak pada umumnya. Hal yang paling membedakan adalah bahan pokoknya, yaitu sagu. Rasa makanan khas ini cukup enak dan manis juga tidak kalah dengan martabak jenis martabak yang sudah umum Anda makan seperti martabak manis.

Rasa masakan Indonesia ini cukup enak dan manis. Tidak kalah dengan martabak jenis martabak manis yang sudah biasa ditemukan di kota-kota di jawa. Jika penasaran anda bisa langsung temukan di Fakfak, karena martabak ini banyak ditemukan di Kabupaten ini.

Rasa dari Martabak Sagu khas Papua ini sangat legit dan manis. Rasa manis sendiri berasal dari campuran gula aren atau gula merah. Masakan Indonesia khas ini biasanya di sajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu. Khususnya oleh masyarakat Papua Barat.

  1. Sate Ulat Sagu.

masakan indonesia

Sate Ulat Sagu. Image: malaisaputri

Masakan Indonesia ini masuk jenis sate, namun dengan bahan dasar ulat sagu. Ulat sagu ini mempunyai ciri dari ukurannya yang sebesar jempol orang dewasa. Ulat diambil dari pohon sagu yang telah busuk. Sate ini memiliki rasa gurih dan bertekstur kenyal.

Penamaan ekstrem memang kerap disematkan oleh orang-orang luar terhadap makanan di tempat tertentu. Hal itu karena bahan atau pengolahan yang tidak biasa. Di tempat lain, kuliner-kuliner tersebut dirasa sebagai hal yang asing.

Sesuai dengan namanya ulat sagu berasal dari pohon sagu. Namun bukan dari pohon sagu yang masih berdiri tegak, melainkan pada batang pohon sagu yang sudah ditebang. Biasanya pada pohon sagu yang telah ditebang lalu telah diambil sagu nya, batang pohon sagu tersebut akan dibiarkan begitu saja hingga beberapa hari dan sampai membusuk. Di situ lah akan mulai bermunculan ulat-ulat yang dinamakan ulat sagu. Inilah yang digunakan sebagai bahan utama masakan Indonesia yang unik ini.

  1. Udang Selingkuh

udang selingkuh

Udang Selingkuh. Image: simomot.com

Udang selingkuh di wamena kebanyakan diperoleh masyarakat sekitar dari sungai baliem. Sungai ini mengalir melintasi kota wamena. Disana ada masyarakat yang memang sengaja datang ke sungai untuk berburu udang.

Sesuai dengan namanya, masakan Indonesia satu ini dianggap hasil perselingkuhan antara udang dengan kepiting. Capit yang ada di tiap udang adalah ciri khas udang air tawar menjadi alasan penamannya. Sebenarnya udang ini jenis crayfish atau udang karang. Dengan warna yang agak kebiruan, udang berbeda dengan udang air laut. Udang laut tidak memiliki capit seperti kepiting.

Di wamena juga ada kebiasaan unik yang agak aneh, tapi memang begitu kenyataannya. Jika kita memiliki udang tapi malas untuk memasak, kita dapat datang membawa udang tersebut ke rumah makan untuk minta dimasakan. Dalam hal ini kita hanya akan membayar ongkos kerja dari si pelayan dapur plus bumbu-bumbu penyedap lainnya dan juga nasi putih.

Namun kebiasaan ini tidak berlaku untuk seluruh rumah makan yang menyajikan udang selingkuh. Hanya beberapa rumah makan saja yang memberikan pelayanan seperti ini untuk masakan Indonesia ini.

  1. Aunu Senebre

Aunu senebre dampingi Papeda. Image: www.kreasisasa.com/index.php/recipe-collection/papeda-aunu-senebre

Aunu senebre dampingi Papeda. Image: kreasisasa.com

Masakan Indonesia  Aunu senebre adalah makanan khas Papua yang terkenal. Makanan yang mudah ditemukan di Papua ini mempunyai tampilan yang begitu tradisional. Sehingga siapa pun yang menyantapnya akan merasakan sensasi istimewa. Sensasi tanah Papua.

Aunu senebre sendiri merupakan masakan Indonesia sederhana yang dibuat dari olahan ikan teri dan nasi yang digoreng. Setelah digoreng, ikan teri dan nasi dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa.

Campuran bahan-bahan aunu senebre yang telah menyatu tadi diolah lebih lanjut dengan cara dikukus. Setelah matang, aunu senebre bisa langsung disantap bersama sepiring papeda atau umbi-umbian. Tekstur yang dimiliki oleh aunu senebre tidak kering dan rasanya enak.

 

 

 

Add Comment