10 Pantai di Bali, Pantai Terindah dan Terbaik Untuk Dikunjungi

Pantai di Bali merupakan jenis wisata alam, yang menjadi daya tarik utama pariwisata Bali. Dari beberapa jenis wisata alam yang ada, Wisata pantai di bali merupakan andalan utama dari pulau ini. Hampir semua wisatawan yang berlibur di Bali, pasti meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai-pantai di bali yang indah.

pantai di bali

Pantai di Bali. Image: pegipegi.com

Selain pariwisata pantai, bali sebenarnya juga memeilki wisata sejarah, seperti candi candi di jawa. Ada banyak bangunan bersejarah dari zaman pra-Majapahit. semoga pada kesempatan lain kami bsia berbagi cerita menegnai hal itu.

Pantai-pantai di bali menjadi sangat menarik, salah satunya karena adanya pantai yang memiliki pasir putih dengan pemandangan sunset. Pulau Bali memiliki banyak pantai pasir putih dan pantai pasir hitam. Selain itu, tiap-tiap tempat wisata pantai di Bali memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Lokasi pantai di Bali tersebar hampir di semua penjuru pulau Bali.

Saking banyaknya pilihan pantai di pulau Bali, pasti wisatawan akan mencari pantai yang terindah dan terpopuler untuk dikunjungi saat liburan. Yang menjadi pertanyaan, pantai yang mana di Bali yang terindah dan layak untuk dikunjungi saat liburan ke Bali?

10 Pantai di bali

Untuk menjawab pertanyaan mana saja pantai terindah di Bali yang layak dikunjungi, kali ini kami akan bercerita soal pantai-pantai menarik di Bali. Berikut ini cerita soal 10 pantai terindah di Bali dan terbaik dikunjungi untuk wisatawan domestik.

  1. Pantai Nusa Dua Bali

Pantai Geger Nusa Dua

Pantai Geger Nusa Dua. Image: baligetaway.co.id

Pantai Nusa Dua disukai wisatawan domestik untuk dikunjungi saat liburanpantai di Bali. Karena pantai Nusa Dua salah satu pantai terbersih di pulau Bali. Kebersihan pantai di Nusa Dua yang selalu terjaga. Mungkin hal ini yang menyebabkan pantai Nusa Dua Bali pantas diletakkan dalam daftar 10 pantai terindah di Bali.

Penyebab pantai Nusa Dua sangat bersih, karena di sepanjang bibir pantai Nusa Dua terdapat hotel-hotel berbintang lima dan selalu ada petugas kebersihan yang membersihkan pantai.

Di Pantai Nusa Dua ada 2 pantai, yaitu pantai Geger dan pantai Mengingat Nusa Dua. Kedua pantai di bali ini lebih cocok untuk berenang dan aman untuk anak-anak bermain. Karena gelombang ombak yang kecil, sangat cocok untuk wisata pantai bersama keluarga.

  1. Pantai Jimbaran

Sunset-Pantai-Jimbaran

Pantai Jimbaran. Image: rentalmobilbali.net

Salah satu objek wisata terkenal di Bali yang wajib anda kunjungi, saat liburan ke pantai di Bali adalah objek wisata Jimbaran. Jimbaran adalah nama desa di Kabupaten Badung, Bali. Berlokasi di daerah selatan pulau Bali, kurang lebih 15 menit dari bandara internasional Ngurah Rai.

Sebelum berkembang menjadi tempat wisata, Jimbaran dulunya adalah desa nelayan, dan sebagian besar penduduknya mencari nafkah dengan menjadi nelayan. Namun saat ini sudah berubah, hampir sebagian besar penduduk lokal Jimbaran dalam mencari nafkah, bergerak dalam bidang pariwisata.

Daya tarik utama dari obyek wisata Jimbaran terletak pada objek wisata pantai pasir putih, yang terkenal dengan nama pantai Jimbaran. Khusus di pantai Jimbaran dan pantai Kedonganan, terdapat sebuah keunikan yang menjadi daya tarik utama pantai Jimbaran dan Kedonganan Bali. Selain itu, keunikan yang di miliki pantai Jimbaran tidak dapat anda temukan di objek wisata pantai di bali yang lain.

  1. Pantai Kuta

pantai kuta

Pantai Kuta Bali. Image: kintamani.id

Berbicara tentang tempat wisata pantai di Bali, tentu tidak lepas dari keindahan Pantai Kuta yang  mendapat pengakuan dunia internasional. Pantai Kuta memang telah menjadi destinasi wisata mainstream. Wisatawan yang datang ke Pulau Bali, pasti menyempatkan waktunya berkunjung ke Pantai Kuta.

Berlokasi di Kecamatan Kuta, pantai ini lokasi nya berada di arah selatan Kota Denpasar yang merupakan ibukota Provinsi Bali. Para wisatawan bisa menjangkau Pantai Kuta dengan perjalanan tak kurang dari 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kelebihan yang menjadi daya tarik utama Pantai Kuta Bali tak lain adalah pemandangan yang sangat indah. Di sini, para pengunjung bisa menemukan keberadaan pantai dengan pasir putih yang menghampar luas. Banyak turis yang suka menghabiskan waktunya bersantai di tepi pantai sembari berjemur di bawah terik matahari.

Kelebihan lain yang bisa dijumpai dari Pantai Kuta Bali adalah kondisi ombak. Pantai di Bali ini sudah terkenal luas mempunyai gulungan ombak yang bagus. Tempat ini dijadikan sebagai lokasi belajar untuk para peselancar pemula.

  1. Pantai Pandawa

pantai pandawa

Pantai Pandawa. Image: satulensa.com

Pantai menarik yang patut anda ketahui dan anda kunjungi saat berada di Bali adalah wisata pantai Pandawa berlokasi di Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Pantai di bali ini sangat populer di kalangan tamu domestik yang jarak nya sekitar 18 kilometer dari Bandara Ngurah Rai.

Pantai ini menawarkan daya tarik wisata alam pantai yang berpasir putih dan tepat berada di bawah tebing – tebing yang tersusun rapi. Pantai pasir putih ini menjadi lokasi favorit produksi FTV asal ibukota untuk shooting film hingga sinetron. Pantai Pandawa juga terkenal sebagai kawasan budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai

Sebelum mencapai bibir pantai, traveler  akan menemukan hal yang unik dan kita akan melewati tebing kapur disamping kanan dan kiri yang sangat besar, dan di salah satu sisinya terdapat sejumlah patung. Patung  yang berjumlah 6 patung dimana pada 5 patung diantaranya merupakan sosok patung dari Panca Pandawa yaitu Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Satu lagi adalah patung dari sosok dewi kunti, ibunda dari Yudistira, Bima dan Arjuna.

  1. Pantai Sanur Bali

Pantai-Sanur-Bali

Pantai sanur. Image: alternatifmu.com

Pantai Sanur letaknya persis di sebelah timur kota Denpasar. Sanur berada di Kotamadya Denpasar.

Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Karena kondisi yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta, yang merupakan Sunset beach.

Lokasi nya yang menghadap timur membuat Pantai Sanur menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise/ Matahari terbit. Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam senderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit.

Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.

Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.

  1. Pantai Karma Kandara

Pantai-Karma-Kandara

Pantai Karma Kandara. Image: @nusantara_tour

Bagi yang merasa pantai Pandawa terlalu ramai untuk dikunjungi dan menginginkan pemandangan pantai di bali yang seperti pantai Pandawa tapi tidak ingin banyak pengunjung, anda punya pilihan. Pantai di baliyang lain yang juga punya keindahan mirip pandawa namun suasana sepi adalah pantai Karma Kandara.

Pantai Karma Kandara bertetangga dengan pantai Pandawa, sama – sama berada di daerah tempat wisata Ungasan Bali, oleh sebab itu pantai memiliki karakter yang hampir sama.

Perbedaan nya pantai Karma Kandara untuk akses masuk harus membayar tiket sebesar Rp 250.000 / orang. Hal ini membuat pantai Karma Kandara sangat sepi dan privasi pengunjung terjaga.

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 250.000 / orang, anda dapat menggunakan tiket masuk untuk membeli makanan dan minimum yang ada di salah satu restoran mewah di pantai di bali ini.

Bagi anda yang menginginkan privasi, pasir pantai bersih, keindahan laut seperti di laut mediterania dan tidak keberatan membayar tiket masuk sebesar Rp 250.000 / orang. Maka pantai Karma Kandara Ungasan sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

  1. Pantai Tanah Lot

pantai tanah lot

Pantai Tanah Lot. Image: riobalitours.com

Tanah Lot Bali terletak sekitar 13 km sebelah barat kota Tabanan yang memiliki pemandangan cukup unik bila dibandingkan dengan Pantai Kuta. Tanah Lot terletak di Desa Beraben, Kabupaten Tabanan.

Pantai di Bali ini menawarkan keindahan matahari terbenam yang menjadi daya tariknya, oleh karena itu wisatawan mancanegara dan domestik biasanya akan ramae berdatangan di sore hari. Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mencapai tempat ini dengan mobil dari Denpasar.

Tanah Lot Bali, seperti namanya, adalah sebuah batu besar (tanah)yang terletak di tengah-tengah pantai (lot). Di atas batu, ada sebuah pura suci yang masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Pura Hindu ini dibangun sebagai tempat untuk dewa penjaga laut.

Tanah Lot Bali dibangun oleh seorang Brahmana dari Jawa yang tinggal di Bali. Brahmana ini diusir oleh pihak berwenang setempat. Sebelum meninggalkan desa, ia memindahkan batu ke tengah pantai Bali dan membangun sebuah pura Hindu di atasnya. Sebagai pelindung pura, ia mengubah syal nya menjadi ular yang masih ada hingga saat ini. Jika Anda beruntung, saat mengunjungi pantai di bali ini, anda dapat melihat ular di Tanah Lot. Ular ini memiliki ekor datar, berwarna hitam dan kuning, dan 3 kali lebih berbisa dari kobra.

  1. Pantai Virgin Karangasem

Pantai-Virgin-Karangasem

Pantai Virgin Karangasem Bali. Image: sewamobilbali1st.com

Pantai Virgin Bali atau yang sering disebut Virgin Beach merupakan pantai di bali yang terletak di Desa Bugbug kabupaten Karangasem. Pantai ini disebut masyarakat setempat Pantai Bias Putih. Memang dalam kenyataannya, pantai yang tersembunyi ini mempunyai pasir putih.

Dengan ombak yang tidak begitu deras, serta tonjolan karang pada sebelah kiri dan kanan pantai, sehingga menjadi tempat obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kondisi fasilitas wisata masih traditional di Pantai Virgin ini, seperti bangunan tempat makan, para penjual pakaian dan lain sebagainya, masih menggunakan bangunan dengan cenderung bernuansa traditional. Bangunan dengan bahan utama kayu, beratap jerami.

Seperti pada umumnya obyek wisata pantai di Bali, lazy Chair tetap tersedia bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana dan pemandangan Pantai Virgin sambil tiduran. Terlihat pula tepat di tengah-tengah pandangan antara bebatuan yang membatasi Pantai Virgin, yaitu sebuah tanjung berwarna hijau. Hal ini manjadikan pemandangan Pantai Virgin atau Virgin Breach lain dari pada pantai lainya di Bali.

Sangat menjadikan sebuah suasana yang relax jika mengunjungi Pantai Virgin, terjauh dari suasana suara motor dan mesin lainya, sebab berada jauh ke dalam dari jalan raya. Inilah salah satu alasan bagi wisatawan yang gemar untuk relax di pantai ini.

  1. Pantai Dreamland

pantai-dreamland

Pantai Dreamland. Image: baligetaway.co.id

Salah satu pantai di bali ini memiliki kontur hampir mirip dengan pantai Kuta dan geografis pemandangannya hingga dijuluki new Kuta Beach. Pantai Dreamland dikelilingi tebing – tebing yang tinggi yang menghiasi dan memperindah pantai. Batu-batu karang yang besar menjadi daya tarik utama pantai Dreamland. Hamparan pasir putih dan celah – celah karang yang terjal membuat pantai Dreamland memiliki pesona tersendiri untuk dinikmati dan bersantai.

Pantai Dreamland terletak pada kawasan Pariwisata elite di Bali yang tepat berada di areal hotel – hotel berbintang serta resort mewah yang memiliki fasilitas elite seperti golf yang bertaraf international. Anda dapat merasakan seperti berada di negara lain ketika berada di kawasan Elite pantai dreamland karena wilayah ini dimiliki oleh orang asing.

Pada salah satu sudut tebing pantai Dreamland terdapat hotel dan restaurant yang menghadap langsung ke laut. Bagi anda yang ingin berbulan madu anda dapat menikmati pantai Dreamland serta melakukan sesi pemotretan pre wedding.

  1. Pantai Menjangan Bali Barat

pantai menjangan

Pantai menjangan. Image: pemburuombak.com

Pantai menjangan, merupakan salah satu pantai di bali yang ada di pulau kecil yang masuk dalam kawasan taman nasional bali barat. Para wisatawan harus antri bahkan menunggu keesokan harinya untuk dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving. Tidak hanya berwisata bahari saja, bahkan kawasan zona hutan dan alam seperti aktivitas mangrove tour, trekking, bird watching, safari tour.

Di kawasan Pulau Menjangan memiliki itu semua, laut yang tidak terlalu dalam dengan tenang nya ombak laut serta jernih nya air membuat kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan Snorkeling.

Dengan Snorkeling wisatawan dapat melihat secara langsung hamparan hutan terumbu karang yang ada di laut pulau menjangan. Lokasi nya sangat dekat dengan bibir pantai, bahkan wisatawan dapat melihat langsung terumbu karang dari atas permukaan air laut karena memang air laut disini benar-benar sangat jernih.

Selain melihat ribuan jenis terumbu karang yang indah dengan warna-warna memukau, pengunjung juga akan menyaksikan berbagai macam ikan hias yang hidup diantara sela-sela terumbu karang. Tapi mungkin untuk melihat ikan hias yang lebih beragam anda perlu lebih masuk ke dalam laut tentu dengan perlengkapan menyelam yang memadai.

Demikianlah daftar 10 pantai terindah di Bali. Bagi pembaca yang memiliki saran atau nama pantai di Bali yang lain, yang lebih indah dari daftar 10 pantai terindah di Bali di atas. Mohon menuliskan nama pantai di kolom komentar di bawah, tentu juga menuliskan tentang keindahan pantai tersebut.

 

Add Comment