10 Pemandian Air Panas di Bandung untuk Relaksasi Terbaik

Pemandian air panas, salah satu alternatif wisata di bandung. Berwisata di daerah Bandung Jawa Barat sebagian terbesar pikiran akan mengarah kepada kata dataran tinggi dengan suasana yang sejuk pemandangan yang lapang dan udara yang dingin. Namun Bandung tidak hanya itu. Bandung yang berapa pada jalur Ring of Fire banyak memiliki sumber air panas yang berasal dari aktivitas vulkanik di masa puluhan ribu tahun yang lalu. Semua kegiatan geologi itu, yang melahirkan deretan pegunungan di Pulau Jawa, juga memberikan anugerah berupa mata air panas.

pemandian air panas

Pemandian air panas. Image: travelingyuk.com

Kolam air panas bisa menjadi alternatif wisata selain dari menikmati gunung, Bukit ataupun kawah. Karena pemandian mata air panas merupakan akibat dari aktivitas vulkanik, mata air panas biasanya terdapat di dataran tinggi. Hal ini justru menjadi sebuah keuntungan yang sangat besar. Bayangkan suasana udara yang dingin dan sejuk di dataran tinggi dipadukan dengan berendam air hangat. Ini bagaikan meminum kopi di saat mata mengantuk.

Pada kesempatan kami ingin bercerita soal indah nya kolam air panas di sekitar Bandung. Pada kesempatan bercerita ini sudah terkumpul cerita soal 10 lokasi wisata air panas yang seru di sekitar Bandung. lokasi lokasi ini sangat cocok sebagai loaksi bersantai sambil menikmati mie kocok, yang merupakan satu dari sekian banyak makanan khas indonesia.

  1. Pemandian Air Panas Maribaya

Pemandian Air Panas Maribaya

Pemandian Air Panas Maribaya. Image: renjanatuju

Pemandian air panas Maribaya ini berada di kawasan wisata Maribaya. Tepatnya Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang. Di kawasan ini Anda bisa menikmati betapa indah pemandangan serta betapa asri nya udara di kawasan tersebut.

Tidak hanya kolam air panas, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti restoran, kolam pancing, dan glamping tent. Banyak orang percaya bahwa sumber air panas di Maribaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Pemandian alami air panas yang berada di Maribaya ini buka setiap hari dengan waktu 24 jam, jadi memungkinkan untuk Anda datang kapan saja tanpa harus merasa takut pemandian  ini tutup.

Pengunjung kawasan wisata ini, hanya di kenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang untuk biaya masuk.

  1. Pemandian Air Panas Cibolang

pemandian-air-panas-cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang. Image: infopromodiskon.com

Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang yang terletak di dataran tinggi pegunungan  Bandung Selatan dengan ketinggian 1.000 – 1.400 mdpl dengan luas hampir 2 Hektar. Jika anda berkunjung ke sana, lokasi ini dapat dicapai sekitar 2 jam dari arah Kota Bandung.

Tempatnya yang berhawa sejuk dengan suhu udara antara 12–28 oC, dengan pemandangan alam yang alami, asri, dan segar, seperti di kawasan Cibolang. Kondisi itu menambah nikmat untuk berendam air hangat yang suhunya sekitar 400C.

Sebagian besar kawasan Wisata Cibolang ini dihiasi oleh hamparan perkebunan teh yang tumbuh subur dan hijau, terlebih di kawasan wisata ini telah dilengkapi banyak fasilitas wisata yang akan menjadikan anda betah berlama-lama berada di sini. Pemandian Alami di Cibolang ini terkenal dengan khasiat yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Secara ilmiah hal ini disebabkan kandungan belerang dan mineral lain, sebagai akibat karena sumber air panas dari Gunung Windu.

Untuk menikmati pengalaman berendam di sini, kamu wajib bayar tiket masuk Rp15.000 dan parkir Rp3.500 (motor) atau Rp10.000 (mobil).

  1. Gracia Hot Spring

Gracia Hot Spring

Gracia Hot Spring . Image: mandimatahari

Gracia Hot Spring menyediakan tiga kolam pemandian air panas utama untuk orang dewasa dan satu kolam untuk anak-anak. Di tepi kolam air panas, terdapat deretan kursi berpayung untuk kamu bersantai setelah berendam. Selain itu, fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di Gracia Hot Spring adalah kantin, ruang mandi, hingga ruang spa. Bahkan, tersedia pula resort bagi kamu yang ingin menginap.

Sumber air panas yang ada di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Kabarnya, kandungan sulfur di dalam air dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Untuk membuktikan hal tersebut, kamu bisa langsung berkunjung ke Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater. Jangan lupa siapkan uang sebesar Rp60.000 (weekdays) atau Rp75.000 (weekend) untuk membayar tiket masuk.

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu. Image: mawaholiday.net

Ingin berendam di air panas, tapi bingung menentukan waktu karena jadwal padat? Kamu bisa datang ke Pemandian Air Panas Cimanggu di Jalan Raya Ciwidey, karena tempat wisata ini buka hingga malam hari. Hanya bayar Rp17.000 (weekday) atau Rp21.500 (weekend), kamu bisa menikmati sensasi relaksasi terbaik. Jika ingin suasana yang lebih tenang, pemandian  ini juga menyediakan tempat berendam VIP.

Destinasi wisata alam yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ini cukup ramai dikunjungi oleh keluarga. Kolam air panas Bandung yang satu ini memiliki fasilitas berupa area permainan anak, taman kelinci, dan area outbound. Bagi yang ingin menghabiskan waktu lama di sini, kamu juga bisa menginap di cottage kawasan Pemandian Air Panas Cimanggu.

  1. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater. Image: tempatwisataseru.com

Untuk merasakan pengalaman relaksasi di sini, datang saja ke Jalan Raya Ciater, Nagrak (10 menit dari Tangkuban Perahu)

Kolam Air Panas Ciater sudah populer kalangan wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari beragam fasilitas dan layanan umum yang disediakan. Tidak hanya kolam air panas, pemandian air panas Bandung yang satu ini juga menawarkan fasilitas outbound, trekking, kolam pancing, restoran, spa, hingga hotel dan resort.

Pemandian Air Panas Ciater juga memiliki pemandangan alam indah berupa perkebunan teh dan perbukitan hijau.

Tiket masuknya Rp22.000, sementara itu kamu harus bayar tambahan Rp80.000 untuk berendam di kolam air panas utama atau sekitar Rp20.000 – Rp55.000 di kolam pemandian sederhana.

  1. Sabda Alam Resort

Sabda Alam Resort

Sabda Alam Resort. Image: tripadvisor.ie

Sabda Alam ini beralamat di Jln Raya Cipanas no 3 Garut Jawa Barat. Yang membuat lokasi ini unik, disini bukan sekedar pemandian, namun lebih kepada water park dengan fasilitas pemandian air panas.

Pengunjung isa menikmati suasana pemandangan yang epic, dengan fasilitas yang lengkap. Dengan dikelilingi pemandangan yang menyejukkan mata. Di sebelah utara resort, pengunjung bisa melihat Gunung Guntur, sebelah barat Gunung Papandayan dan sebelah Selatan ada Gunung Cikuray dan Jleb.

Disamping Pemandangan Yang Indah, Sabda Alam juga Memiliki Taman Air Yang Lengkap, mulai dari kolam renang dengan sumber air panas alami dari gunung guntur, ember air raksasa, Waterboom, waterboom Spiral, Sliderboom, Kuda laut, Kolam Terapi ikan, Kolam Arus, Goa Harimau, Sasak Rawayan dan Bunge Trampolin.

Tiket masuknya Rp22.000, sementara itu kamu harus bayar tambahan Rp80.000 untuk berendam di kolam air panas utama atau sekitar Rp20.000 – Rp55.000 di kolam pemandian sederhana.

Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp30.000 pada hari kerja dan Rp 40.000 pada akhir pekan dan hari libur.

  1. Ciwidey Valley

Ciwidey Valley

Ciwidey Valley. Image: hargatiket.net

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley berlokasi di Jalan Raya Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali.

Pemandian  Ciwidey Valley merupakan bagian dari Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Jadi, tak hanya kolam pemandian air panas, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain seperti waterpark dan resort untuk menginap. Bahkan, ada pula taman bermain dan taman burung yang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Sementara itu, area sekitarnya banyak ditumbuhi oleh pepohonan asri sehingga menciptakan kesan sejuk dan pemandangan yang indah.

Dengan bayar biaya tiket Rp 50.000, kamu sudah bisa berendam sepuas nya sambil menikmati alam asri.

  1. Pemandian Air Panas Walini

ciwalini

Pemandian Air Panas Walini. Image: indotravelers.com

Pemandian Walini, Lokasinya berada setelah Taman Wisata Alam Cimanggu atau sebelum Situ Patenggang, tepatnya di tengah kebun teh milik PT Perkebunan Nusantara. Di objek Wisata yang masih berada di kawasan Ciwidey ini, pengunjung bisa relaksasi dengan cara menghangatkan diri di kolam air panas alami .

Kolam air panas di Pemandian Air Panas Walini terbagi menjadi dua, yakni untuk orang dewasa dan anak-anak. Ada pula beberapa kolam air panas VIP bagi kamu yang menginginkan privasi lebih. Tidak hanya itu, pemandian alami Bandung yang satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum lain seperti warung makan, musala, dan berbagai wahana outbound.

Untuk berendam di sini, kamu harus bayar Rp20.000 per orang, juga biaya parkir Rp3.000 (motor) atau Rp5.000 (mobil).

  1. Pemandian Air Panas Kampung Cai

kampung cai

Pemandian air panas Kampung Cai. Image: katarik.com

Pemandian Kampung Cai beralamat di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk merasakan liburan ala back to nature di Bandung, Pemandian Air Panas Kampung Cai adalah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini masih berada di kawasan Ranca Upas, yang sejak dulu dikenal sebagai tempat berkemah dan penangkaran rusa.

Di Kampung Cai Ranca Upas, kamu tak hanya bisa berendam air panas tapi juga mencoba berbagai fasilitas seru seperti flying fox, paintball, dan lainnya. Kalau tertarik berkemah di sini, kamu juga tak perlu repot membawa peralatan sendiri karena Kampung Cai Ranca Upas menyediakan penyewaan alat berkemah seperti tenda, kayu bakar, dan sebagainya.

Untuk berendam di kolam air panas ini, kamu harus bayar Rp15.000.

  1. Kolam Air Panas Emte Highland Resort

Emte Highland Resort

Emte Highland Resort. Image: ex-adventure.com

Resort wisata ini beralat di Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM 11, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tidak jauh dari sana, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali KM 11, terdapat sebuah kolam pemandian air panas yang bisa kamu nikmati.

Kolam ini merupakan bagian dari tempat wisata terpadu Emte Highland Resort. Jadi, selain kolam air panas, tersedia pula fasilitas lain seperti arung jeram, ATV, paintball, outbound, hingga area berkemah.

Apabila kamu ingin menginap tetapi kurang suka berkemah, Emte Highland Resort juga menawarkan penginapan dalam berbagai tipe. Tak hanya liburan, orang-orang dari dalam atau luar kota Bandung biasanya juga datang ke Emte Highland Resort untuk mengadakan acara kantor atau acara perpisahan sekolah.

Untuk masuk ke kawasan resort ini dikenakan tiket masuk dengan membayar Rp15.000

Ternyata, ada banyak alternatif menikmati liburan di Bandung. Bagaimana? Sudah tak sabar mencoba pengalaman wisata alam, sekaligus relaksasi di Bandung yang sudah disebutkan? Yuk, coba satu per satu pemandian air panas Bandung untuk relaksasi terbaik dan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya!

 

Add Comment