10 Pura di Bali, yang Mewakili Indahnya Warisan Leluhur Nusantara

pura di bali

Pura di bali

Pura di bali merupakans alah satu objek wajib dalam kunnunganke Bali. Pura kuno dan indah di Bali ada banyak. Masing-masing dengan keunikan dan sejarah yang berbeda. Dengan demikian banyak pura yang ada di pulau Bali, membuat pulau Bali mendapat julukan pulau seribu pura.

Ada pura yang berlokasi di dataran tinggi, seperti pura Besakih dan pura Ulun Danu Beratan. Ada juga pura yang berlokasi di pesisir pantai. Bahkan ada pura yang berdiri megah di atas bongkahan tebing dan pulau karang.

Waktu terbaik liburan ke objek wisata pura di bali adalah saat ada upacara agama, yang dalam bahasa lokal disebut Odalan. Pada saat itu, selain keindahan pura, anda juga akan melihat proses ritual agama Hindu pada pura. Saat sedang ada upacara, pura di bali akan dihiasi banyak ornamen keagamaan yang tidak anda lihat jika tidak ada upacara.

Dari ratusan Pura di Bali, yang mana harus dikunjungi saat liburan? Pertanyaan ini tentu akan membuat kebingungan pagi pelancong, mengingat semua pura itu indah dan unik.

Untuk membantu menjawab persoalan itulah, pada kesempatan ini kami ingin bercerita soal 10 pura di bali. 10 pura ini adalah 10 yang ikonik diantara ribuan pura yang ada. Ikonik baik dari sisi sejarah, lokasi, maupun keindahan arsitektur.

Lihat juga 10 Pantai terindah di bali.

10 Pura di Bali yang Indah Menawan

  1. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan. Image: ulundanuberatan.com

Saat liburan ke salah satu pura di bali ini, wisatawan dapat berjalan-jalan di area pura sambil mengambil foto. Setibanya di tepi danau, wisatawan dapat melihat pemandangan pura yang terlihat berada di atas permukaan air danau. Pemandangan paling indah dan unik yang dapat Anda lihat adalah kabut tipis yang turun dan menyelimuti permukaan danau.

Di area tepi danau juga tersedia banyak fotografer yang menawarkan jasa foto langsung jadi. Foto tercetak dengan ukuran foto 6R, harga per lembar foto Rp 15,000.

Selain berfoto dengan latar belakang pura di bali ini, tersedia juga fasilitas berlayar mengelilingi danau. Di sisi kanan lokasi pura, terdapat dermaga kecil tempat penyewaan perahu tradisional, speedboat, dan jenis perahu angsa.

Dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat melihat pemandangan danau. Selain itu jugamenikmati arsitektur pura di bali ini dari jarak dekat. Untuk berkeliling area Danau Beratan, dapat menyewa speedboat.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Lokasi pura Ulun Danu Beratan berada di sisi barat Danau Bedugul. Pura ini beralamat di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Apabila menginap di area Kuta, akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai di salah satu pura di bali ini.

Jadwal Upacara Besar Pura Ulun Danu Beratan

Seperti umumya Pura di bali, Upacara di Pura ini dilaksanakan setiap enam bulan (210 hari) tepatnya Anggara (Selasa) Kliwon Julungwangi (sesuai dari kalender bali).

  1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot. Image: airyrooms.com

Lihat juga lokasi wisata indah di Malang

Pura Tanah Lot Bali terletak di tepi pantai Tanah Lot, berdiri di atas sebuah batu karang laut yang kokoh dan kuat. Pure tanah lot, sebagai tempat wisata, puncak keindahannya bisa diperoleh saat sunset.

Tanah Lot berasal dari kata “Tanah” yang artinya tanah dan “Lot” yang artinya laut, karena letaknya di laut atau di pantai seperti mengambang ketika air laut pasang maka dapat diartikan Tanah Lot berarti sebuah Tanah atau Pulau yang terletak di laut, oleh karena itu orang-orang pun menyebutnya Tanah Lot.

Lokasi Pura Tanah Lot

Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan.

Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan. Pura ini disebut Pura Karang Bolong.

Jadwal Upacara Besar Pura Tanah Lot

Seperti umumya Pura di bali, Upacara di Pura Tanah Lot dilaksanakan atau diadakan setiap 210 hari. Dalam penanggalan kalender Bali, upacara itu jatuh pada hari Buda Wage Langkir. 4 hari setelah Hari Raya Kuningan, yang merupakan hari libur lokal di pulau Bali.

  1. Pura Besakih

Pura Besakih

Pura Besakih. Image: travel.uzone.id

Salah satu pura di bali, yang merupakan pura terbesar ini terdiri dari sebanyak 23 pura. Termasuk di antaranya adalah Pura Penataran Agung dan Pura Basukian. Pura di Kompleks Pura Besakih dibangun dalam enam tingkatan, pemandangannya akan sangat mirip seperti sebuah terasering di sawah.

Pura Besakih pun dipercaya sebagai awal mula penyebaran ajaran Hindu Dharma di Pulau Bali. Di tempat ini, tepatnya di Pura Basukian, salah satu pura yang ada di Kompleks Pura Besakih, Hyng Rsi Markendya menerima petunjuk mengenai penyebaran agama hindu di bali.

Lokasi Pura Besakih

Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Karangasem. Pura berada didatran tinggi, sekitar 1000 mdpl, sehingga cuaca terasa sejuk. Perjalanan dari denpasarbisa dilakukan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Jadwal Upacara Besar Pura Besakih

Sebagai pura yang paling besar dan paling penting di Bali, tidak heran kalau di sini kerap dilakukan berbagai acara keagamaan. Berbeda dengan umumnya Pura di bali, upacara besar di Besakih diselenggarakan berkalikali dalam setahun. Setiap tahun, setidaknya terdapat 70 festival dilaksanakan di dalam kompleks pura ini. Upacara terbesar diselenggarakan pada purnama kedase, dalam kalender Bali.

  1. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang

Pura Lempuyang. Image: wanderersandwarriors.com

Pura Lempuyang merupakan salah satu pura indah yang ada di Bali. Dalam konsepsi Dewata Nawa Sanga atau Sembilan Dewa penguasa sembilan mata angin, pura ini merupakan Sthana Dewa Iswara.

Pura Lempuyang terbagi dalam tiga mandala yaitu Lempuyang Sor, Lempuyang Madya dan Lempuyang Luhur. Berdasarkan lontar Markandeya Purana, Pura Lempuyang didirikan oleh Rsi Markandeya sekitar abad ke-8 M. Pada saat itu Rsi Markandeya membuat sebuah pesantrian untuk keperluan persembahyangan sekaligus membabarkan ajaran Hindu.

Ketika waktu sore menjelang malam, pengunjung bisa menikmati keindahaan cahaya sunset yang berwarna keemasan, spot yang paling pas untuk berfoto adalah di gerbang atau candi Bentar yang ada di Pura Lempuyang tersebut. Saking indahnya candi tersebut dinamakan dengan Gates Of Heaven Bali.

Lokasi Pura Lempuyang

Pura Lempuyang berlokasi di desa adat Purwo Ayung, Kecamatan Abang, Karangasem. Jaraknya sekitar 22 km dari kota Karangasem. Jika berangkat dari hotel di Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak 75 km.

Jadwal Upacara Besar Pura Lempuyang

Seperti umumya Pura di bali, piodalan dilaksanakan 6 bulan sekali. Upacara Piodalan Pura Lempuyang Luhur jatuh pada hari kemis Umanis wuku dungulan. Sehari setelah hari raya Galungan yang terkenal itu.

  1. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu. Image: jalanjalan.web.id

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu dari enam buah pura di bali, yang berstatus Sad Kahyangan Jagat. Pura ini berdiri megah di ujung barat daya Pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut.

Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

Untuk bisa sampai pada jabaan pura, kita mesti menaiki anak tangga. Pada jabaan pura terdapat bangunan sedahan pengapit, bale kulkul, bale murda dan bale sakenem. Dari jabaan menuju jaba tengah kita melewati candi bentar berbentuk sayap burung yang melengkung.

Untuk mencapai jeroan pura, kita melewati candi kurung yang memakai dwarapala yang berbentuk arca Ganesha. Pada utama mandala pura terdapat prasada dan palinggih berupa Meru Tumpang Tiga, pelinggih tajuk, piasan catur pandaka. Pada bagian kiri dari jabaan Pura Luhur Uluwatu terdapat Pura Dalem Jurit (pejurit) terdapat antara lain prasada, tempat moksanya Danghyang Dwijendra berdampingan dengan monumen berupa dua buah perahu yang dipakai berlayar sewaktu datang ke Pulau Bali.

Lokasi Pura Uluwatu

Pura di bali ini berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung — dari Denpasar ke selatan sekitar 31 km.

Jadwal Upacara Besar Pura Uluwatu

Seperti umumya Pura di bali, Upacara Piodalan Pura uluwatu diselenggarakan 6 bulan sekali. Yang dalam kalender bali jatuh pada hari Selasa wuku Medangsia.

  1. Pura Tirte Empul

Pura Tirte empul

Pura Tirte empul. Image: suarapura.com

Pura tirte empul merupakan pura yang sangat terkenal di Bali. Pura ini memiliki keunikan dibandingkan pura lain di bali. Keunikan itu berupa adanya lokasi melukat masal. Melukat adalah ritual pembersihan, yang ritual nya tampak seperti orang mandi di pancuran.

Di halaman tengah pura, ada sebuah kolam besar yang berisikan 11 pancuran. Dalam hari-hari baik, puluhan umat berbaris antri untuk membasuh badan di bawah pancuran itu. Bukan hanya umat Hindu bali, wisatawan asing pun banyak ditemui mengikuti ritual pembersihan ini.

Selain pura, objek wisata ini berdampingan dengan Istana Kepresidenan Tampak siring. Istana ini kerap dipakai untuk menyelenggarakan efent internasional. Misalnya penerimaan tamu negara, seperti president obama pada Juni 2017.

Lokasi Pura Tirte Empul

Pura di bali ini tepatnya di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, yang terkenal dengan air sucinya di mana orang Hindu Bali mencari penyucian.

Upacara Besar Pura Tirte empul

Sedikit berbeda dengan Pura di bali lainnya, Upacara Piodalan Pura Tirte Empul diselenggarakan 1 tahun sekali. Hal ini karena menggunakan kalender bulan, bukan sistem wuku. Yang dalam kalender siklus bulan bali, upacara itu jatuh pada hari Purnama Kapat.

  1. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah. Image: tempatwisatadibaliii

Pura di bali yang unik ini memiliki keunikan berupa keberadaan Kelelawar. Kelelawar ini bersarang di dalam goa yang berada di sisi utara Pura. Keberadaan goa kelelawar inilah yang menjadi acuan penamaan pura ini, yaitu Goa Lawah. Dalam bahasa bali lelawah artinya kelelawar.

Salah satu pura terpenting dari ratusan pura di bali ini berada di tepi pantai. Pantai ini sejak lama sudah terkenal sebagai lokasi pembuatan garam alami. Sebuah pura juga dibangun di pantai ini yang disebut Pura Segara. Pura Segara merupakan pura masyarakat sekitar yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan untuk memuja Tuhan dengan sebutan Bhatara Baruna atau Dewa Laut.

Mengenai goa di belakang pura, ada mitos yang mengatakan goa itu tembus sampai ke pura besakih. Namun katanya sekarang sudah tertutup akibat gema besar beberapa tahun lalu.

Lokasi Pura Goa Lawah

Lokasi pura termasuk wilayah desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 10 km ke arah timur kota Klungkung atau kurang lebih 50 km dari kota Denpasar.

Upacara Besar Pura Goa Lawah

Seperti umumya Pura di bali, Upacara besar di pura ini dilaksanakan tiap enam bulan sekali. Pada penanggalan Bali disebut hari Anggarkasih Medangsia.

  1. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur. Image: kintamani.id

Pura di bali yang satu ini dikenal sebagai salah satu pura terpenting, setelah Pura Besakih. Karena itu di pura ini sangat ramai dikunjungi pemedek (orang sembahyang) pada saat pelaksanaan upacara besarnya.

Pura ulund anu batur didirikan untuk didedikasikan kepada pemujaan Dewi Danu. Dewi danu dikenal sebagai dewi sungai dan danau. Dan secara literal, Ulun Danu yang digunakan pada nama pura ini mempunyai arti hulunya danau.

Pura di bali ini sebenarnya bukan pura tunggal. Namun terdiri dari sembilan pura. Di dalam kompleks pura terdapat 285 paviliun dan candi. Candi-candi itu natara lain didedikasikan untuk memuja dewa dan dewi kesuburan, air, seni dan lain-lain.

Pura di bali ini mempunyai lima area utama. Yang paling dominan adalah meru 11 tingkat yang terletak pada bagian terdalam serta area paling suci dari Pura Batur.

Lokasi Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur terletak di Desa Kalanganyar, Kintamani, Kabupaten Bangli. Lokasi ini berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Bangli. Lokasinya yang berada di berada di dataran tinggi membuat cuaca menjadi sejuk.

Jadwal Upacara besar Pura Ulun Danu Batur

Upacara besar di pura ini diselenggarakan setiap tahun sekali. Dalam penanggalan kalender bali, upacara itu jatuh pada purnama kesepuluh. 15 hari setelah perayaan Nyepi, yang terkenal itu.

  1. Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi. Image: surfplaylove.com

Di sekitar lokasi wisata terkenal ubud, pengunjung bisa banyak menikmati keindahan budaya. Di daerah itu juga terdapat situs purbakala yang bisa dikunjungi kunjungi. Salah satunya Gunung Kawi.

Gunung kami ini, bukan nama gunung lokasi pesugihan,s eperti yang ada di Sragen. Gunung Kawi dibali merupakan namua bagi sebuah bukit yang ditata oleh para Kawi. Kawi disini ini mengacu pada Seniman atau insinyur. Tebing tebing di area ini dipenuhi peninggalan purbakala berupa candi yang tersusun dari batu-batu yang dipahat.

Untuk mencapai lokasi kompleks candi, pengunjung mesti melewati anak tangga  yang terbuat dari batu padas. Anak tangga ini berjumlah 315 anak tangga. Setelah tiba di kompleks candi gunung kawi, dapat kita saksikan situs candi yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok itu adalah kelompok sisi kanan sungai dan sisi kiri sungai.

Pemandangan di Candi Gunung Kawi didominasi oleh dinding-dinding batu cadas yang dipahat berupa bentuk candi yang seakan dibingkai dengan lengkungan. Fungsi lengkungan di sekitar candi berfungsi untuk pelindung guna mencegah erosi yang dapat menyebabkan kerusakan pada candi.

Lokasi Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi letaknya berada dekat sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar.

  1. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun. Image: kemdikbud.go.id

Dalam bahasa lokal nama pura di bali ini, bermakna taman yang cantik. Keindahan pesona Pura Kuno ini salah satunya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura. Pura ini sendiri luasnya sekitar 4 hektare.

Jika dipandang dari kejauhan, kolam keliling ini bagaikan danau yang mengelilingi pura. Kondisi ini menimbulkan kesan, kalau pura seperti pulau di tengah danau. Keindahan alami ini diperkuat lagi dengan aksen berupa pohon dan bunga di sekitar bangunan pura.

Secara arsitektur ruang, Pura di bali ini terdiri dari tiga bagian. Yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan pemujaan. Ruang terbuka dimanfaatkan untuk kegiatan religius dan panggung kesenian.

Pada bangunan utama, pengunjung dapat menjumpai bangunan bernama Bale Pelik. Balai ini dihias dengan indah menggunakan tekhnik seni ukir bali. Ukiran berupa sulur dan, relief, serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah.

Lokasi Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun Mengwi, berlokasi di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Jika anda berangkat dari kawasan kawasan kuta 1 jam 10 menit.

Jadwal Upacara Besar Pura Taman Ayun

Upacara besar di pura ini diselenggarakan 6 bulan sekali. Yang menurut kalender bali jatuh pada hari selasa wuku medangsia.

Add Comment