10 Tempat Wisata di Batu, Lokasi Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Batu

Tempat Wisata di Batu

Kota Batu merupakan sebuah kota di Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan potensi wisata sejak dulu. Pada masa lampau, kota Batu adalah tempat peristirahatan bagi keluarga Kerajaan. Hal ini tidak aneh mengingat alam yang luar biasa indah serta daerah pegunungan yang sejuk.  Kota ini dipenuhi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang tidak yang lezat.

Kota Batu dikelilingi setidaknya 8 gunung yang menjulang. Kota terletak di lereng gunung dengan ketinggian 700-2000 mdpl. Kondisi alam ini membuat kota menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Di sisi Utara Kota terdapat hutan lebat yang merupakan kawasan hutan lindung. Hutan itu namanya hutan raya Raden Soerjo.

Baca juga lokasi wisata indah di Magelang.

10 Tempat Wisata di Batu

Berikut ini delapan lokasi yang sangat rekomendasi untuk berlibur di Kota Batu.

  1. Air Terjun Coban Rondo

coban rondo

Air Terjun Coban Rondo. Image: wartakota.tribunnews.com

Coban Rondo terletak pada ketinggian 1.135 m di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau. Pada musim hujan debit air bisa mencapai 150 liter per detik.

Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat. Di dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo.

Selain objek air terjun, lokasi ini juga memiliki fasilitas Tubing, Paint Ball, Kebun Satwa, dan Labirin.

Salah satu wahana yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga adalah wahana satwa dan Kebun. Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas. Aktivitas yang tersedia meliputi: Berkuda, Bersepeda gunung, Outbound pelajar, Outbond kid/care, labirin, Kereta Kelinci, Sahabat peternak dan Petik Apel.

Lokasi

Tempat wisata di batu ini berlokasi di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur

Tiket

Tempat wisata di batu ini tiket masuknya Rp 8.000,-

Jam Buka

24 Jam

  1. Air Terjun Coban Talun

coban talun

Air Terjun Coban Talun. Image: kompasiana.com

Nama coban Talun merujuk kepada suatu obyek wisata air terjun.  A ir terjun yang cukup besar. Air terjun ini merupakan hulu sungai Brantas. Obyek Coban Talun memadukan wisata alam dan wisata buatan, sehingga dapat melayani wisata untuk berbagai usia, minat atau kebutuhan.

Karena keindahan alam air terjun tidak tergantikan. Pemandangan sangat indah, lewat lereng bukit, panorama pegunungan eksotik dengan hutan pinus.  Suara satwa hutan yang khas berpadu dengan semilir angin, serta sayup suara air terjun. Di setengah perjalanan, akan nampak derasnya air terjun yang mengalir ke lembah sungai.

Pengunjung tidak perlu kuatir letih atau capai, suasana alam yang sejuk dan nyaman akan menghibur. Anak berusia empat atau lima tahun pasti nyaman dengan lingkungan hutan yang bersahabat.  Bahkan pengunjung yang berusia 50 – 60 tahun juga nyaman sambil berlatih jalan kaki.

Lokasi

Tempat wisata di Batu, Coban Talun, berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Tiket

Tiket masuk tempat wisata di batu ini sebesar Rp 10.000,-. Sementara tiket masuk fasilitas wisata lain sebesar Rp 5.000,-.

Jam Buka

Tempat wisata di batu ini, buka pada jam 07.00 sampai jam 17.00.

  1. Batu Night Spectakuler

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectakuler. Image: tempatwisataindonesia.id

Di Kota Batu, ada satu tempat wisata spesial untuk pengunjung yang ingin mengisi kegiatan malam dengan berwisata. Tempat tersebut khusus dibuka pada sore hingga menjelang tengah malam. Tempat pariwisata malam tersebut bernama wisata Batu Night Spectacular.

Batu Night Spectacular dibangun untuk menambah semarak suasana malam hari di kota ini. Dinginnya udara yang bercampur dengan ratusan lampu warna-warni tentu saja tidak akan membuat bosan. Bahkan sangat mungkin pengunjung tergoda untuk mencoba wahana-wahana yang disediakan di Batu Night.

Cahaya yang memancar di tengah gelapnya malam ini menjadi salah satu latar foto yang cukup spektakuler. Di samping itu, wahana atau tempat yang disediakan untuk pengunjung ini memang pas untuk wisata malam atau bagi yang ingin sekedar berfoto-foto ria.

Lokasi

Lokasi Batu Night Spectacular berada di Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Tiket

Untuk masuk ke tempat wisata di batu ini pengunjung dikenakan tiket senilai Rp 30.000 pada hari biasa dan Rp 40.000 di hari libur.

Tiket wahana dengan harga termurah mulai Rp. 2.500,- sampai wahana paling mahal dengan tarif Rp. 75.000,-.

Jam Buka

Hari biasa Senin sampai dengan Kamis, tempat wisata ini buka mulai pukul 15.00 hingga pukul 23.00. Sedangkan pada akhir pekan atau hari Jum’at hingga Minggu, buka dari jam 15.00 sampai tengah malam pukul 24.00.

  1. Jatim Park 2

jatim-park-2

Jatim Park 2. Image: trivindo.com

Jatim Park 2 adalah salah satu tempat wisata standar internasional yang ada di kota batu. Tempat wisata di batu ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu icon pariwisata provinsi Jawa Timur. Banyak pengunjung dari luar kota yang mengunjungi Jatim Park 2.

Konsep Jatim Park sendiri tidak hanya wahana permainan. Taman ini mengusung konsep edukasi yang diaplikasikan di sebagian wahana. Di Jatim Park 2, pengunjung lebih menikmati wisata edukasi. Pengunjung diajarkan ilmu pengetahuan khususnya alam. Juga dikenalkan lingkungan satwa, alam, budaya dan lain-lain.

Di dalam wisata ini, pengunjung bisa menikmati beberapa area wisata dengan penyajian berbeda. Hebatnya hal berbeda itu bisa dinikmati di satu lokasi. Taman ini luasnya sekitar 2 hektare.

Area di dalamnya sendiri terpisah menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Secret Zoo. Secret Zoo dan Eco Green Park memiliki koleksi binatang serta wahana permainan. Namun, baik koleksi binatang serta permainan berbeda.

Lokasi

Tempat wisata di Batu ini berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Tiket

Rp. 120.000/orang Weekend
Rp. 84.000/orang Weekday

Jam Buka

Tempat wisata di batu ini, buka pada jam  09.30–18.00

  1. Museum Angkut

museum angkut

Museum Angkut. Image: wisatakaka.com

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu. Museum ini menempati kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman. Museum memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern.

Museum ini terbagi dalam beberapa zona. Zona didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa hingga Amerika.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia merupakan Replika Pelabuhan Sunda Kelapa. Zona ini dihiasi oleh beberapa alat transportasi kuno seperti becak dan miniatur kapal.

Zona Eropa di setting seakan-akan berada di jalanan kota-kota di Perancis dengan mobil-mobil kuno Eropa.

Selain mobil-mobil kuno di Museum Angkut ini juga memiliki beberapa wahana dan fasilitas menarik dan seru. Beberapa diantaranya Gangster city, Sekoci, Buckingham Palace, dan lain-lain.

Lokasi

Tempat wisata di batu satu ini, beralamat di Runway 27 / Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, Jawa Timur

Tiket

Pengunjung yang akan mengunjungi tempat wisata di batu ini dikenakan tarif sebesar Rp 100.000 pada akhir pekan dan libur. Sedangkan di hari biasa tarif nya Rp 70.000,-.

Jam Buka

Museum Angkut buka setiap hari dari mulai jam 12.00 – 20.00.

  1. Museum Topeng

Museum topeng

Museum Topeng. Image: macigo.com

Seperti namanya, D’Topeng Kingdom Museum ini merupakan museum yang khusus soal topeng. Museum ini dikhususkan untuk menyimpan ribuan koleksi seni dan budaya berupa topeng. Museum seperti ini sangat jarang ditemukan di mana saja.

Tempat wisata di batu ini masih terbilang muda, didirikan pada tanggal 23 Mei 2014. Museum Topeng banyak sekali menyimpan artifak seni yang dikumpulkan dari seluruh pelosok nusantara. Ada koleksi topeng dari Jawa Timur, NTB, Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua.

Tidak sedikit pula benda-benda seni koleksi museum ini yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Benda bernilai sejarah itu dikumpulkan dari masa pra-sejarah hingga masa kerajaan Majapahit. Salah satu koleksi yang memiliki nilai historis dan seni paling tinggi adalah singgasana Kerajaan Singharaja yang berasal dari Bali.

Bagi anda yang menyukai seni dan budaya, tempat ini pasti tidak boleh anda lewatkan saat anda berkesempatan mengunjungi Kota Batu.

Lokasi

D’Topeng Kingdom tepatnya berada di area Pasar Apung kawasan Museum Angkut.  Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Tiket

Tiket masuk tempat wisata di batu ini sebesar Rp 25.000 pada hari senin sampai kamis, dan untuk hari weekend dan libur dikenakan Rp 30.000 .

Jam Buka

Wisata di batu satu ini buka, pukul 12.00 sampai 20.00.

  1. Taman Langit

taman langit

Gunung Banyak. Image: malangstrudel.com

Taman Langit berlokasi di Gunung Banyak dekat dengan Taman Kelinci Paralayang dan Goa Pinus. Taman ini memiliki konsep mirip dengan Flower Garden Coban Rais.

Sesuai namanya, wisata Taman Langit mencoba menghadirkan citarasa dengan nuansa negeri dongeng. Bahkan sejak di pintu masuk, pengunjung seolah disambut oleh dua makhluk kayangan bersayap lebar. Kedua makhluk yang terbuat dari akar-akar kayu. Penampilan patung ini sangat eksotik dan menjadi menu pembuka taman yang sangat imajinatif ini.

Seperti umumnya sebuah taman, tempat wisata baru di Kota Batu ini sangat ideal sebagai tempat bersantai. Lebih-lebih bagi generasi milenial dengan budaya selfie-nya. Banyak sekali spot foto yang “instagramable” untuk mengabadikan keberadaan. Spot-spot foto yang ada dirancang sedemikian rupa untuk mewakili citra taman kayangan.

Lokasi

Tempat wisata di batu ini beralamat di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Tiket

Pengunjung yang akan mengunjungi tempat wisata di batu ini dikenakan tarif sebesar Rp 10.000. Untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan Rp 2.000,- dan mobil Rp 3.000.

Jam Buka

Wisata di batu satu ini buka, pukul 07.00 sampai 00.00.

  1. Omah Kayu

Omah-Kayu-Spot-Night

Omah Kayu. Image: nativeindonesia.com

Omah Kayu, merupakan obyek wisata unggulan di Jawa Timur. Keunikan dari Omah kayu atau Rumah Pohon ini adalah didesain full dengan bagan baku dari kayu. Yang tidak kalah unik, letak bangunan yang ada di atas pohon di sisi tebing.

Di lokasi ini tersedia 6 unit rumah. Masing-masing unit mempunyai luas 3 x 3 meter. Bangunan dibuat dengan bahan kayu berkualitas bagus, Kayu Ekaliptus. Untuk dinding memakai papan kayu pinus yang disusun rapat sehingga penghuni tetap hangat di saat malam. Untuk atap, pengelola memakai bahan dari ijuk Tiap rumah terdiri dari Kamar dan balkon.

Keunikan utama menginap di Omah Kayu  adalah bisa melihat keindahan kota batu dengan jelas. Pemandangan ini tersedia baik dalam waktu malam hari atau siang hari. Hal ini karena lokasi Rumah Pohon di Puncak Perbukitan barat Kota Batu.

Pada malam hari, saat cuaca cerah tanpa kabut, pengunjung bisa melihat keindahan kerlap-kerlip lampu di seluruh Kota Batu. Sebuah pemandangan yang sangat indah. Pada pagi hari, pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbit.

Lokasi

Omah Kayu Malang berlokasi di kawasan Obyek Wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Tiket

Bagi sekedar ingin tahu dan foto-foto saja, tiket masuk omah Kayu hanya sebesar Rp  10.000. Sementara untuk bsia menginap di omah Kayu, dikenakan tarif Rp 400.000 untuk tipe mini, dan Rp 800.000 untuk tipe Family.

Jam Buka

Omah kayu pada dasarnya adalah penginapan. Karena itu dia uka 24 jam. Namun untuk waktu Chek in dan chek outnya ditentukan pukul 17.00 – 08.00 pagi

  1. Pemandian Air Panas Songgoriti

Pemandian Air Panas Songgoriti

Pemandian Air panas Songgoriti. Image: dolandolen.com

Kawasan Songgoriti memiliki dua ikon, yakni Candi Songgoriti dan Pemandian Air Panas Alami Songgoriti. Kedua objek tersebut dahulu pernah menjadi ujung tombak pariwisata Kota Batu. Sebelum akhirnya kemudian digeser oleh Jatim Park dan Museum Angkut.

Lokasinya berada sekitar 50 meter di sebelah barat dari Candi Songgoriti. Dinamakan pemandian alami, karena semua air di kolam yang ada di objek wisata ini berasal dari mata air alami. Mata air panas alami ini terletak di bawah Candi Songgoriti.

Pemandian air panas Songgoriti memiliki dua lokasi untuk berendam. Yaitu kolam rendam dan kamar rendam. Kolam rendam lokasinya terbuka, terletak di bagian belakang setelah loket pembayaran. Bentuknya sederhana, yang dilengkapi beberapa meja kursi berpayung untuk berteduh.

Sementara, bentuk kamar rendamnya berupa kamar mandi yang dilengkapi bathtub. Bagi pengunjung yang memakai kamar ini, jangan lebih dari 30 menit. Jika terlalu lama, hawa panas dan aroma belerang bisa mengakibatkan pusing dan mual.

Lokasi

Tempat wisata di batu pemandian air panas ini terletak di desa Songgokerto, Kabupaten Batu.

Tiket

Biaya tiket masuk tempat wisata di batu ini sebesar Rp 10.000,-.

Jam Buka

Tempat wisata di batu ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

  1. Pemandian Air Panas Cangar

pemandian air panas cangar

Pemandian Air Panas Cangar. Image: travelerstars.com

Lokasi pemandian ini masih sangat alami. Hal ini menyebabkan pengunjung dapat merasakan sensasi air panas sembari menikmati suasana pegunungan yang sangat asri. Terdapat beberapa jenis kolam yang disediakan oleh pengelola.

Di pemandian air panas cangar menggunakan pengelolaan kolam air panas yang tertutup, dihususkan untuk wanita. Selain itu disana juga disediakan kolam renang mirip dengan saunan yang ada di Jepang, lengkap dengan kamar mandi di dalamnya. Tetapi, tempat ini diperuntukkan untuk satu orang saja.

Dikarenakan tempatnya yang masih alami, disana terdapat monyet-monyet yang bergelantung di pohon-pohon. Pengunjung tidak perlu kaget apalagi takut kalau bertemu dengan segerombolan monyet.

Biasanya pemandian air panas ini ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur. Pengunjung dapat menikmati keasrian dan juga bisa melakukan terapi di pemandian air panas cangar.

Lokasi

Tempat Wsiata di Batu ini berlokasi di Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Batu, Jawa Timur.

Tiket

Biaya masuk tempat  wisata di batu ini sebesar Rp 5.500 per orang. Untuk parkir sepeda motor ditetapkan sebesar Rp. 3000 dan Rp. 5000 untuk parkir mobil.

Jam Buka

Jam buka pemandian air panas ini adalah setiap hari senin sampai sabtu mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Add Comment