10 Tempat wisata di Surabaya, Wisata Inspiring di Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya

Tempat wisata di Surabaya memang jarang terdengar. Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Namun jika berbicara soal pariwisata, sangat jarang kita mendengar ada objek yang terkenal di sekitar kota pahlawan ini. Apakah Surabaya tidak memiliki tempat wisata?? Tentu tidak.

Surabaya memiliki banyak alternatif tempat wisata yang tidak kalah indah dengan kota lain di Indonesia.

Lihat juga tempat tempat indah di Jawa Timur.

10 Tempat Wisata di Surabaya

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin berbagi cerita mengenai beberapa tempat wisata indah di sekitar kota Surabaya.

  1. Taman Bungkul

taman bungkul

Taman Bungkul. Image: intaninchan

Taman Bungkul berlokasi di Jalan Raya Darmo Surabaya. Tempat wisata di Surabaya ini luasnya sekitar 900 meter persegi. Taman dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amfiteater dengan diameter 33 M, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur. Selain itu, taman ini juga difasilitasi dengan akses WiFi gratis.

Taman Bungkul diambil dari nama Mbah Bungkul, dimana makam beliau juga terletak pada taman ini. Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di kerajaan Majapahit (abad XV), yang juga saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Taman Bungkul sudah seperti jantung kota Surabaya. Tempat wisata di Surabaya ini sekarang menjadi taman wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara juga sering di gelar ini taman ini bagi kegiatan hiburan atau kebudayaan.

Di bagian belakang taman, terdapat beberapa warung yang menawarkan menu khas Surabaya, seperti Rawon, Soto, Bakso dan banyak lagi. Tempat wisata di Surabaya ini selalu ramai dikunjungi dari pagi hingga malam hari dan menjadi bagian dari kota Surabaya yang pantas untuk dibanggakan

  1. Hutan Bambu

Hutan-Bambu Surabaya

Hutan Bambu Image: tempatwisataseru.com

Terletak di atas tanah 8,5 hektar, Tempat wisata di Surabaya Hutan Bambu Keputih memang tidak terlalu luas. Namun, dengan empat jalur penjelajahan yang berbeda sudah cukup buat kamu melepaskan penat di kepala sambil foto-foto. Aksesnya sangat mudah di mana ada Terminal Keputih yang baru saja direnovasi.

Sepintas, Hutan Bambu Keputih mengingatkan kita akan keindahan Hutan Bambu Sagano di Negeri Sakura, Jepang. Tempat wisata di Surabaya ini dikelilingi pepohonan bambu yang rindang, nuansa asri terasa sekali saat kamu mulai menjelajahnya.

Beberapa spot, termasuk pada jalan setapak cocok banget buat kamu berburu foto buat feed Instagram. Sesekali jeritan kawanan burung bikin suasana makin tenang dan hening. Kontur tanah yang empuk nggak bikin kedua kaki lelah untuk menapak di bawah pepohonan bambu. Hembusan angin sepoi-sepoi seakan bikin kamu lupa kalau Surabaya adalah kota yang padat.

Tidak mengherankan jika dengan panorama dan suasana yang asri, Arek-Arek Suroboyonggak bosan buat mengunjungi Tempat wisata di Surabaya satu ini.

  1. Kebun Bibit Wonorejo

kebun bibit wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo. Image: jejakpiknik.com

Kebun bibit di Surabaya ada dua kawasan. Pertama di daerah Ngagel Jaya. Kedua di daerah Wonorejo. Wisatawan lebih melirik kawasan Wonorejo karena lebih instagenik. Tempat wisata di Surabaya ini berada di Jalan Kendal Sari Blok RK No. 70, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya.

Taman rekreasi yang sudah ada sejak 2011 ini, sebelumnya hanya digunakan untuk pembibitan berbagai tanaman untuk penghijauan kota, kemudian direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya. Berada di sini, Anda akan dimanjakan dengan udaranya yang sejuk karena banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi.

Ada area tempat duduk yang nyaman untuk istirahat. Tempat wisata di Surabaya ada pula area khusus yang digunakan untuk melakukan penanaman dan merawat tanaman. Jika Anda ingin tahu informasi mengenai tanaman tersebut, bisa langsung bertanya ke petugas.

Kebun bibit ini seperti di antara perbukitan yang mempunyai suhu udara yang sejuk. Di Tempat wisata di Surabaya ini ada sebuah danau buatan yang sengaja dibangun. Membuat suasana menjadi sangat berbeda. Lebih tenang dan nyaman. Biasanya di kawasan ini banyak orang yang mengabadikan melalui kamera.

  1. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran dengan view  Jembatan Suramadu. Image: @yhazied

Pantai Kenjeran biasanya dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk melepas penat dari rutinitas setiap hari. Lokasi Tempat wisata di Surabaya berada di Kecamatan Kenjeran, di sebelah timur Kota Surabaya. Jarak pantai ini ke pusat Kota Surabaya sekitar 9 km.

Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti arena bermain untuk anak yang disebut Kya kya Seaside. Ada juga Pagoda Tuan Ti, jembatan kayu dengan gazebo untuk bersantai dan foto. Ada juga waterpark dan area bermain anak di sekitar pantai ini.

Hal seru lainnya di pantai ini adalah kamu bisa bebas wisata kuliner mencicipi berbagai kuliner khas Surabaya, seperti rujak cingur, lontong balap, ikan bakar, dan masih banyak lainnya. Selain itu, di Tempat wisata di Surabaya ini juga terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Pantai kenjeran, seperti ikan asin, kerupuk udang, suvenir, hingga ikan segar.

Jika kamu ingin menikmati indahnya panorama saat sunrise maupun sunset, tersedia juga penginapan yang letaknya agak menjorok ke arah pantai. Jadi, kamu bisa menikmati view dengan lebih leluasa. Di pantai ini juga tersedia banyak spot cantik dan keren untuk berburu foto.

  1. Ekowisata Mangrove

ekowisata mangrove

Ekowisata Mangrove. Image: sukuh.com

Ekowisata Mangrove  banyak spot yang bisa dijadikan latar berswafoto, salah satunya frame bambu. Tempat wisata di Surabaya ini terletak di Jalan Raya Wonorejo, Kelurahan Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Tempatnya mudah diakses dan dekat dengan pusat transportasi, hanya berjarak 11 kilometer dari Stasiun Wonokromo.

Memasuki kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo, pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan hutan mangrove yang hijau dan rimbun. Setelah melewati pintu masuk, trek untuk menjelajah hutan ini sudah tersuguh. Tak perlu khawatir, pengelola menawarkan trek yang aman bahkan ketika air laut pasang. Jadi, bisa merasa aman dan nyaman selama liburan.

Selain bisa menikmati keindahan hutan mangrove, pengunjung juga bisa mempelajari vegetasi mangrove maupun satwa yang hidup pada ekosistem tersebut. di Tempat wisata di Surabaya ini, Informasi mengenai satwa dan vegetasi mangrove tersedia di setiap sudut lintasan. Sehingga tak perlu bertanya kepada petugas atau pemandu wisata.

Bagi yang ingin berwisata sambil berolahraga, di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo juga disediakan lintasan jogging atau jogging track. Pengunjung Tempat wisata di Surabaya ini tidak perlu takut kepanasan karena di kanan kiri terdapat tanaman mangrove yang membuat teduh lintasan jogging.

  1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya. Image: surabaya.singgasanahotels.com

Kebun Binatang Surabaya (KBS) terletak di Jalan Setail No. 1 Surabaya. Kebun binatang yang merupakan Tempat wisata di Surabaya ini terkenal dan menjadi salah satu tujuan rekreasi yang sangat membanggakan karena menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara.

Ada lebih dari 351 spesies dan lebih dari 2000 hewan hidup di kebun binatang ini. Salah satu diantaranya adalah termasuk spesies asli Indonesia dan yang terancam punah di dunia, baik Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Setiap kandang hewan dikelompokkan ke dalam kategori. Misalnya, unggas atau burung (Aves), di mana ada pelikan Australia, burung merak, jalak Bali, dan burung unta. Juga ada, harimau sumatera, macan tutul, harimau putih, singa, dan beruang.

Di sisi belakang Tempat wisata di Surabaya ini, merupakan kandang untuk primata termasuk orangutan, simpanse, babon dan bekantan. Setelah itu, Anda dapat melihat kandang jerapah, kuda, rusa, unta, kuda nil, dan elderly bison Amerika.

Ada juga koleksi satwa yang dilindungi dan langka seperti komodo, dapat ditemukan di Kebun Binatang Surabaya ini. Hewan lain yang mungkin juga langka seperti tapir, babi rusa dan Anoa. Kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan.

  1. De Mata Trick Eye Museum

museum 3 D

De Mata Trick Eye Museum. Image: wego.co.id

De Mata Trick Eye Museum Surabaya berada di Surabaya Town Square, Jl. Hayam Wuruk No. 6 Jawa Timur.

Tidak hanya ada di Jogja saja, De Mata Trick Eye Museum juga ada di Surabaya. Buat Kamu yang suka banget foto-foto, wajib mampir ke Tempat wisata di Surabaya satu ini. Di museum ini disediakan lebih dari 100 lukisan yang dibuat senyata mungkin. Jadi kesan 3D dalam fotomu bakal lebih kelihatan jelas asal diambil dari angle yang pas.

Berada di Surabaya Town Square (Sutos), museum De Mata ini tidak sulit untuk ditemukan. Cukup naik eskalator kemudian belok kanan, Kamu sudah dapat menjumpai tiket box museum ini. Terdapat banyak tema di dalam museum yang bisa Kamu gunakan untuk arena berkreasi fotomu. Mulai dari tema fantasi, public figure, adventure, dan pemandangan semuanya ada. Jika Kamu tidak pintar dalam memfoto, jangan khawatir karena ada petugas yang siap membantumu mencari arahan angle yang pas di lokasi Tempat wisata di Surabaya satu ini.

  1. Surabaya North Quay

surabaya north Quay

Surabaya North Quay. Image: satuwisata.com

Surabaya North Quay adalah destinasi yang dibuat oleh Pelindo III yang terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Tempat wisata di Surabaya ini adalah bagian dari terminal bagi kapal pesiar mewah dari berbagai dunia yang bersandar ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Lantai dua dan tiga gedung inilah yang menjadi destinasi wisata untuk para penduduk Surabaya atau orang yang berkunjung ke Surabaya dan dinamakan Surabaya North Quay. Surabaya North Quay menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pada area rooftop terdapat serambi luar di lantai tiga

Di Tempat wisata di Surabaya ini kamu bisa melihat pemandangan ke arah lautan lepas dengan lalu lintas kapal-kapal berlalu-lalang di pelabuhan menyajikan pemandangan yang berbeda. Selain itu, dari rooftop Surabaya North Quay juga kamu bisa menikmati indahnya Jembatan Suramadu dan gagahnya Monumen Jaleveva Jayamahe.

Jembatan Suramadu yang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia ini akan terlihat semakin indah ketika malam hari yang dihiasi dengan lampu-lampu jembatan yang cantik. Di Tempat wisata di Surabaya ini juga terdapat berbagai spot foto yang Instagramable yang bisa dijadikan feed foto Instagram.

  1. Monumen Kapal Selam

MOnumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam. Image: jawapos.com

Monumen Kapal Selam yang berada di sisi Sungai Kalimas, Jalan Pemuda, Surabaya ini disebut-sebut sebagai Monkasel terbesar di kawasan Asia. Bahkan menurut pengelola wisata dan pemandu dari Turis Information Centre (TIC) Surabaya, Sultan, ada kurang dari lima negara di dunia yang memiliki museum kapal selam.

Kapal selam yang bernama KRI Pasopati dengan nomor lambung 410 ini merupakan kapal selam asli milik TNI Angkatan Laut (AL). Tipe Whiskey Class−dirancang untuk menyelam di laut yang dingin−buatan Uni Soviet tahun 1952.

Dalam sejarah, kapal selam yang dipajang di Tempat wisata di Surabaya ini pertama kali masuk di pangkalan TNI AL pada 29 Januari 1962. Kapal ini merupakan salah satu dari 10 kapal selam dengan jenis yang sama yang ikut andil dalam pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda saat itu.

Pertama kali masuk Tempat wisata di Surabayaini, pengunjung akan bingung mengenai bagian-bagian di dalamnya dan sebagainya. Bahkan ruangan di dalamnya terlalu sempit, mengingat ukuran lebarnya hanya 6,30 meter. Pintu penghubung antarruang pun hanya sanggup dilalui 1 orang saja dan terkadang perlu membungkuk. Jadi pengunjung memang tidak bisa bergerak dengan leluasa karena banyak sekali peralatan yang dipasang di dinding kapal.

  1. Museum Surabaya

Museum Surabaya

Koleksi Museum Surabaya. Image: julajuli.com

Museum yang dimaksud adalah museum Surabaya, berada 1 tempat dengan mall pelayanan terpadu satu atap pemkot Surabaya. Letak Tempat wisata di Surabaya ini berada di sebuah gedung yang dinamai SIOLA, dulunya gedung ini berfungsi sebagai pusat perbelanjaan. Nama Siola juga terbentuk dari kombinasi huruf pertama dari 5 pemilik sebelumnya.

Adapun Museum Surabaya adalah museum yang dirancang untuk memberi informasi mengenai sejarah kota Surabaya. Di museum ini dipamerkan peta-peta Surabaya dari sejak masa Majapahit sampai masa kemerdekaan Indonesia. Juga ada benda bersejarah milik tokoh-tokoh asal Surabaya seperti replika biola milik pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, biola Srimulat, piano kuno milik penyanyi Gombloh yang terkenal di masa 1980an.

Tempat wisata di Surabaya yang berupa Museum Surabaya ini juga memajang dua becak khas Surabaya di masa lalu, yaitu becak khusus siang hari (berwarna putih), dan becak malam (becak berwarna biru). Ada pula bajaj dan angguna (mobil angkutan serba guna), kursi dan meja sekolah di era tahun 1950-an – 1970-an. Buku-buku catatan kependudukan yang ditulis tangan pada era 1800-an, buku arsip nama-nama orang Belanda yang dikubur di pemakan khusus orang belanda di Peneleh dan Ngagel. Juga adamesin ketik, mesin hitung kuno, dan sebagainya.

 

Add Comment