10 Wisata Jawa Timur, Recommended Dikunjungi

Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur, Pantai Pulau Merah. Image: anekatempatwisata.com

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap. Wisata jawa timur menawarkan beragam wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun. Selanjutnya, wisatawan yang menyukai taman bermain juga bisa datang ke beberapa lokasi di kawasan Batu dan Lamongan.

Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi unggulan masing-masing. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas 15 tempat wisata di Jawa Timur yang terbaik dan selalu diburu oleh wisatawan saat hari libur. Berikut ulasan selengkapnya.

Sama halnya ketika berwisata di tempat lainnya perencanaan diperlukan. Saat ingin berkunjung ke beberapa tempat Wisata jawa timur, anda harus merencanakannya. Minimal merencanakan memilih daerah mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Berapa jumlah anggaran wisata yang akan dikeluarkan, serta dimana anda bersama keluarga anda akan menginap.

Baca juga wisata eksotis di batu.

10 Wisata Jawa Timur

Berikut ini adalah beberapa macam tempat Wisata jawa timur yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung di Jawa Timur:

  1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo. Iamge: tempo.co

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Meter dari atas permukaan laut. Wilayah gunung berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam Wisata jawa timur gunung Bromo mencakup lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km.

Wisata jawa timur satu ini termasuk dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park. Di sana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, dan Gunung Bromo sendiri. Di wilayah itu juga terdapat beberapa danau.

Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, Yadna Kasada atau Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. Upacara Kasodo digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January.

  1. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen. Image: nativeindonesia.com

Tempat terindah ini berada di Gunung Ijen. Wisata jawa timur Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut. Kedalaman danau 200 meter . Luas danau kawah ini mencapai 5.466 Hektar..

Oleh karena itu, kawasan ini mempunyai jalan yang sangat halus nan lembut berbeda dengan jalan-jalan yang ada di sekitar gunung lain yang masih kurang bersahabat. Untuk naik ke Wisata jawa timur kawah Ijen, harus menggunakan masker khusus karena bau belerang yang sangat menyengat hadir diantara perjalanan pendakian.

Belerang inilah yang menjadi cikal bakal dari terbentuknya api biru. Belerang berpadu dengan kawah dengan tingkat asam paling tinggi dan oksigen sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat cantik. Pemandangan ini hanya ada pada saat tengah malam hingga sebelum Shubuh menjelang.

  1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang. Image: hoteldanwisata.com

Wisata jawa timur Pantai Balekambang, terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini sejauh 60 kilometer ke arah selatan. Akses menuju pantai ini sudah cukup memadai. Jalannya telah diaspal mulus meski wisatawan harus tetap berhati-hati dengan beberapa tanjakan dan kelokan yang tajam. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan deretan pepohonan menghijau yang membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar.

Saat berada di bibir pantai, wisatawan disuguhi oleh hamparan lautan luas. Lautan dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan panorama khas pantai yang berkarang. Pantai Balekambang adalah tipikal pantai yang bersih dan tertata dengan rapi.

Di Wisata jawa timur ini, suasana tenang dan udara sejuk khas pantai dapat menjadi obat mujarab bagi wisatawan untuk melepaskan penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Di seberang pantai, wisatawan juga dapat menyaksikan panorama beberapa pulau seperti Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung dengan jembatan

  1. Pantai Pasir Putih Situbondo

pasir-putih situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo. Image: manusialembah.com

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah objek Wisata jawa timur pantai yang terletak di Selat Madura. Pantai ini memiliki pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini menawarkan sejuta panorama yang menakjubkan. Ketika berkunjung ke wisata ini wisatawan akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Ombak nya yang tenang memberikan pesona tersendiri dan memungkinkan wisatawan untuk ber-eksplorasi melihat lihat pemandangan di bawah laut di objek Wisata jawa timur ini. Di sekeliling pantai ini terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga wisatawan yang berkunjung pada siang hari dapat berteduh di rimbun nya pepohonan ini.

Setelah bermain main di pantai, pengunjung biasanya bersantai di sebuah warung yang menjual beraneka ragam jenis makanan dan minuman, sambil memanjakan mata menikmati keindahan panorama laut.

Baca juga lokasi wajib dikunjungi di Pekalongan.

  1. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo. Image: legendagunungkelud

Pantai Tambakrejo merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai berpasir putih ini terletak 30 km sebelah selatan Kota Blitar. Wisata jawa timur Pantai ini, terletak di sebuah teluk dengan garis pantai mencapai 10 km. Pengunjung diizinkan berenang di pantai ini, terutama pada sore hari saat air laut mulai surut.

Bagi Anda yang hobi bermain pasir, pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang cukup luas, sehingga Anda bisa sepuasnya menyalurkan bakat Anda membuat istana pasir. Atau bagi Anda yang hendak bermalam, Anda bisa mendirikan tenda di tepi pantai.

Selain karena keelokan pantainya, Wisata jawa timur Pantai Tambakrejo juga menyimpan aura mistis seperti pantai-pantai lain yang berada di perairan laut selatan.  Pantai ini juga terkenal dengan ritual larung sesaji yang dilakukan setiap tahun di bulan Oktober.

  1. Candi Penataran

Candi-Penataran

Candi Penataran. Image: situsbudaya.id

Candi Penataran, adalah sebuah Wisata jawa timur berupa candi yang berlatar belakang Hindu. CAndi ini yang telah ada sejak kerajaan Kediri dan digunakan sampai era kerajaan Majapahit.

Komplek candi Penataran ini merupakan komplek candi terbesar di Jawa Timur dan terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Terletak pada ketinggian 450 M dari permukaan laut, komplek candi Penataran ini terletak di desa Panataran, kecamatan Nglegok, Blitar.

Candi Penataran ditemukan pada tahun 1815, dan belum banyak dikenal sampai tahun 1850. Komplek candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang merupakan Letnan Gubernur Jendral pada masa kolonial Inggris di Indonesia pada waktu itu.

Nama asli objek Wisata jawa timur inidipercaya adalah Candi Palah yang disebut dalam prasasti Palah. Menurut prasasti yang sama, dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga. Raja Çrnga memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 – 1200. Candi ini sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan agar dapat menetralisasi atau menghindari mara bahaya. Khususnya bahaya yang disebabkan oleh gunung Kelud yang sering meletus.

  1. Candi Singosari Candi Kidal

candi singosari

Candi Singosari Candi Kidal. Image: oia.unmer.ac.id

Candi Singhasari merupakan candi Hindu – Buddha peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singhasari. Candi ini berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekitar 10 km dari Kota Malang. Candi ini berada pada lembah di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna, pada ketinggian 512 mdpl.

Di awal penemuan, Belanda menamai candi tersebut dengan candi Menara. Hal itu karena bentuk dari candi ini hampir menyerupai dengan menara. Pada segi arsitekturnya, Candi Singosari ini mempunyai sebuah keunikan yaitu seolah-olah candi ini mempunyai dua tingkat bangunan.

Suatu hal yang unik dari objek Wisata jawa timur ini, yaitu dapat dilihat pada hiasan yang ada diluar candi dan seharusnya rata, namun pada Candi Singosari ini tidak demikian. Hal ini disebabkan karena saat pembuatan yang masih belum selesai, lalu langsung ditinggalkan.

  1. Batu Secret Zoo

Batu_Secret_Zoo

Batu Secret Zoo. Image: wikipedia.org

Batu Secret Zoo merupakan tempat Wisata jawa timur dan kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektare tersebut merupakan bagian dari Jatim Park 2. Bagian lain Jatim Park 2 adalah Pohon Inn dan Museum Satwa.

Beberapa koleksi hewan dari berbagai habitat yang sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika dapat ditemukan di kebun binatang ini, antara lain singa putih, kijang afrika, burung macau, dan bermacam-macam reptil.

Konsep yang disusun di Wisata jawa timur kebun binatang ini, dipadukan dengan edukasi dan pengetahuan. Wisatawan yang datang tidak hanya bisa berfoto, namun juga mendapatkan pengetahuan tentang hewan yang dilihatnya. Tak ayal, ini menjadi destinasi liburan favorit bagi orang tua yang mengajak buah hatinya.

  1. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

Penginapan di Kusuma Agrowisata. Image: booking.com

Kusuma Agrowisata ini berokasi di dekat tempat wisata Batu seperti Jatim Park atau Batu Night Spectacular. Hal ini memudahkan bagi yang sedang berlibur di area Wisata jawa timur tersebut untuk mampir ke kebun buah apel.

Di tempat ini juga tersedia penginapan eksklusif, pengunjung bisa merasakan bermalam di penginapan dalam perkebunan. Masih ada lagi fasilitas yang ada di kebun ini, diantaranya area outbound serta waterpark. Perkebunan wisata ini cocok untuk dijadikan tempat liburan.

Yang membedakan tempat ini dengan wisata petik apel lainnya, disini pengunjung hanya boleh memetik dua buah-buahan saja.

Di Wisata jawa timur berupa kebun ini, selain buah apel terdapat juga buah-buahan lainnya seperti jambu, jeruk, strawberry. Selain buah, masih ada juga beragam sayuran organik. Yang lagi di malang, silakan mampir ke jalan Abdul gani atas. Dengan membayar 35-60 ribu rupiah kita sudah bisa merasakan wisata petik ape disini.

  1. Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo. Image: @dswulandari

Coban Rondo adalah nama salah satu objek Wisata jawa timur air terjun yang ada di Malang. Tempat wisata alam di Malang  ini sudah cukup terkenal dan ramai didatangi oleh para pengunjung. Terutama dari kalangan anak muda yang ingin hunting foto. Air terjun Coban Rondo ini merupakan spot foto instagramable di Malang yang recommended untuk dikunjungi.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini terlihat sangat indah dari kejauhan. Airnya yang jernih mengalir dari kaki Gunung Kawi dengan sangat deras. Saat musim hujan aliran air mencapai 150 liter/detik.

Jika dilihat dari jauh air terjun yang jatuh ke bawah terlihat seperti tirai putih yang halus. Jika cuaca sedang terik terkadang terlihat juga pelangi yang terbias dari cahaya matahari. Saat berkunjung ke air terjun Coban Rondo Malang ini sebaiknya jangan lupa bawa jaket karena udara di sini cukup dingin. Kondisi ini disebabkan letaknya yang berada di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut.

Demikian ulasan seputar tempat wisata jawa timur yang layak dikunjungi bersama orang-orang tercinta. Jangan lupa untuk membagikan daftar tempat wisata jawa timur ini kepada teman lain. Agar mereka juga mengetahui tempat menarik untuk berlibur di jawa timur.

 

 

Add Comment