10 Wisata Pekalongan, Lokasi Indah Kota Batik

wisata pekalongan

wisata pekalongan

Pekalongan bukan hanya soal Batik. Objek wisata pekalongan juga banyak yang indah dan menawan hati. Dengan posisi yang berbatasan dengan Laut Jawa, membuat Kabupaten Pekalongan memiliki pantai yang menawan.

Pegunungan yang memagari nya juga turut menyumbang tempat wisata alam yang tidak kalah indah. Selain wisata pantai, di Pekalongan terdapat wisata air terjun dan pemandangan dataran tinggi.

Selain wisata alam, pekalongan juga kaya akan kuliner khas. Banyak makanan lezat dihasilkan dari tangan-tangan warga di Pekalongan. Resep-resep unik ini diwariskan secara turun-temurun.

Inti nya, ketika berwisata di kabupaten jawa tengah ini, Anda bisa mewujudkan dua keinginan sekaligus. Yaitu mencicipi kuliner yang lezat dan rekreasi ke tempat-tempat indah.

Lokasi wisata lain di Jawa Tengah.

10 Tempat Wisata Pekalongan

Untuk memberikan gambaran awal, sebagai bahan memilih objek wisata pekalongan yang akan dikunjungi, kami mencoba menceritakan beberapa lokasi indah di Pekalongan. Berikut 10 lokasi wisata pekalongan, yang terkenal akan keindahan.

  1. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan. Image: cintapekalongan.com

Lokasi wisata pekalongan satu ini didirikan pada tanggal 23 Mei 2006 dan diresmikan oleh Presiden SBY. Museum Batik di Kota Pekalongan ini didirikan sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik.

Patung loro blonyo, lambang Dewi Sri dan Raden Sadono, menyambut setiap tamu. Koleksi batik di museum dipajang di ruang pamer terbuka, dan ada pula yang berada di dalam lemari kaca. Yang ditaruh di almari adalah batik kuno yang bernilai sejarah tinggi.

Museum Batik Pekalongan juga menyimpan koleksi batik asal luar Pulau Jawa. Ada Batik Bengkulu motif Besurek, Batik Riau motif Dhlorong Kembang, dan Batik Madura motif Ayam Alas Latar Banji. Museum ini juga memiliki koleksi Batik Kalimantan Timur motif Aso Kepala Tumpal Pasung. Bahkan ada batik dari luar negeri, seperti Batik Malaysia, Batik India motif Tiruan Patola, dan Batik Sri Lanka.

Lokasi wisata pekalongan Museum Batik memiliki luas luas 40 m2. Museum memiliki koleksi 1149 batik. Selain kain juga ada koleksi benda budaya lainnya, seperti wayang yang menggunakan batik. Dipamerkan juga alat tenun tradisional, maupun peralatan untuk proses membuat batik.

Lokasi Museum Batik Pekalongan

Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Jam Buka Museum Batik Pekalongan

Lokasi wisata pekalongan ini dibuka mulai jam 08.00 pagi dan ditutup jam 03.00 sore. Kecuali libur nasional.

Tiket Museum Batik Pekalongan

Dewasa Rp 5.000. Anak Anak Rp 1.000,-

  1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana. Image: akurat.co

Wisata pekalongan satu ini memang sempurna untuk tempat liburan. Selain menikmati keindahan pantai di pagi hari, berenang di siang hari, ada banyak aktifitas yang Anda bisa nikmati. Salah satu yang paling diminati adalah menikmati keindahan sunset dari jembatan cinta.

Di pinggir pantai terdapat sebuah jembatan unik yang bernama “Jembatan Cinta”. Jembatan ini sangat bagus untuk dijadikan lokasi berfoto. Kesan  romantis sangat kuat ketika menyusuri jembatan ini bersama orang tercinta.

Sebagai objek wisata pekalongan yang dikelola dengan baik, Pantai Pasir Kencana terdapat berbagai fasilitas untuk pengunjungnya. Yang pertama adalah panggung kesenian. Biasanya panggung ini digunakan untuk acara kesenian saat  Jumat Kliwon. Di tempat ini juga Anda bisa menemukan  becak air, dan ada banyak warung makan. Ada juga kamar mandi bagi. Tersedia juga  musholla untuk pengunjung yang ingin sholat.

 Lokasi Pantai Pasir Kencana

Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Jam Buka Pantai Pasir Kencana

LOkais wisata Pekalongan ini dibuka suntuk umum mulai dari jam 06.00 sampai jam 21.00.

Tiket Pantai Pasir Kencana

Harga tiket masuk wisata pekalongan Pantai Pasir Kencana, sebesar Rp 2.000 hari Senin-Jum’at. Pada malam minggu Rp 2.500,-.  Dan Rp 5.000 di Hari Minggu maupun hari libur.

Lihat juga lokasi wisata di Semarang.

  1. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Pantai Slamaran. Image: majalahparanormal.com

Pantai ini bersebelahan dengan pantai Pasir Kencana. Keduanya dibatasi pelabuhan perikanan Nusantara Kota Pekalongan. Layaknya tempat wisata pekalongan lainnya, pariwisata yang lain Pantai Slamaran memiliki keindahan dan pemandangan pantai yang indah.

Saat berada disana maka anda akan merasakan kesejukan angin laut. Jika pengunjung datang di sore hari, akan menyaksikan terbenamnya matahari. Jika datang pagi hari maka kita bisa menyaksikan matahari terbit. Jadi dari pantai in sunset dan sunrise bsia teramati dari 1 lokasi.

Pantai Slamaran, bukan berupa pantai berpasir landai. Jadi pengunjung tidak bisa menikmati kegiatan layaknya pantai, seperti berenang dan main pasir.

Walaupun pantai ini kecil, tetapi fasilitas juga tidak kalah. Sebagai pengganti pasir alami, pengelola menyediakan pasir yang sengaja di isikan di sisi luar tanggul. DI sana anak-anak bisa bermain pasir. Untuk fasilitas antara lain, tersedianya lahan parkir kendaraan yang luas

Tersedia juga rumah makan sederhana yang menjual kelapa muda serta seafood. Selian itu ada perahu sewa yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di laut lepas Pantai Slamaran.

Lokasi Pantai Slamaran

Wisata pekalongan jenis pantai ini beralamat di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Jam Buka Pantai Slamaran

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Tiket Pantai Slamaran

Tiket lokasi wisata pekalongan ini, pada hari biasa Rp 3.000,00 saja. Sementara untuk hari libur serta tanggal merah pasti akan naik menjadi Rp 5.000 rupiah.

  1. Pantai Depok

pantai depok

Pantai Depok. Image: blacanan.sideka.id

Pantai Depok yang menajdi salah satu lokasi wisata pekalongan cukup indak dan layak sebagai obyek wisata keluarga. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan keberadaan pohon – pohon nyiur di sekeliling pantai.

Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini tempat yang menyenangkan untuk bermain air maupun bermain pasir di bibir pantai. Keberadaan pohon nyiur, selain menambah keindahan juga berfungsi sebagai peneduh bagi wisatawan yang berkunjung.

Di sekitar pantai ini juga terdapat warung – warung yang menjajakan makanan kecil khas pekalongan. Terdapat pula WC umum, dan kamar mandi yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Jika anda ingin mengunjungi tempa ini, anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Pekalongan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus – bus umum yang ada.

Potensi wisata pantai tersebut terus dikembangkan dengan dilengkapi arena bermain anak-anak dan sejumlah shelter yang bisa digunakan untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh. Kedepan ada rencana dari pengelola untuk melengkapi lokasi ini. Penambahan fasilitas yang direncanakan berupa arena olahraga futsal, bola voli pantai dan sirkuit balap motor

Lokasi Pantai Depok

Pantai Depok berada di Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Jam Buka Pantai Depok

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Tiket Pantai Depok

Harga tiket masuk ke lokasi wisata pekalongan ini cukup terjangkau. Biaya tiketnya Rp. 5.000,-.

Baca juga wisata indah di Kota Kretek Kudus.

  1. Kebun Teh Pengilaran

Kebun Teh Pengilaran

Kebun Teh Pengilaran. Image: travel.kompas.com

Wisata Pekalongan Kebun Teh Pagilaran untuk  menghabiskan waktu menjauh dari keramaian kota. Memberikan tubuh kesempatan untuk merelaksasikan diri berbagai aktivitas yang menjemukan.

Selain menyajikan keindahan pemandangan hamparan perbukitan The nan menghijau, Kawasan wisata pekalongan ini juga punya beragam fasilitas wisata. Disini terdapat wahana flying fox. Pengunjung bisa memacu adrenalin dengan hanya membayar Rp 10 ribu. Ada juga wahana permainan berjalan di atas jembatan gantung yang akan menguji keberanian.

Hal menarik lainnya di Kebun Teh Pagilaran Batang adalah keberadaan spot Air Terjun Mini. Air terjun tersebut letaknya juga tidak jauh dari taman, sehingga menambah cantik pemandangan di sekitarnya. Ada pula beberapa air terjun alami yang bisa dikunjungi saat berada di Kebun Teh Pagilaran.

Air Terjun Binorong namanya, lokasinya berada di dekat tikungan kanan yang ada papan penunjuk ke arah air terjun. Menurut pihak pengelola, ada 3 air terjun di sana, namun yang paling mudah dijangkau hanya ada 2 saja.

Lokasi Kebun Teh Pengilaran

Lokasi wisata pekalongan Kebun Teh Pagilaran Batang berada di Kecamatan Blado yang letaknya paling selatan dari Kabupaten Batang.

Jam Buka Kebun Teh Pengilaran

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Tiket Kebun Teh Pengilaran

Sebelum memasuki kawasan wisata pekalongan ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per dua orang atau satu motor.

  1. Linggo Asri

Linggo Asri

Linggo Asri. Image: cintapekalongan.com

Dengan posisi di ketinggian 700 mdpl, Wisata Pekalongan Linggo Asri memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain tempatnya yang indah di sana juga banyak wisata yang menantang. Diantaranya adalah Rafting atau Arum Jeram. Jika datang ke Kali Paingan pengunjung bisa mencoba menyewa Arum jeram atau rafting di Sungai Paingan.

Tempat ini juga sudah lama dikenal sebagai destinasi untuk melihat keindahan panorama alam dengan beberapa koleksi satwa. Ada berbagai satwa burung di Kebun Binatang Mini Linggoasri. Ada koleksi Burung Merak dan Ayam Mutiara dengan kandang-kandang yang cukup besar. Kijang juga ada. Bahkan dilengkapi pula dengan Kolam pemancingan.

Tidak jauh dari kolam itu ada taman bunga. Di sini ada spot foto yang populer.Ada spot seperti kincir angin belanda dan spot lainya. Taman Bunga di Linggo Asri ini tampak sangat cantik. Banyak bunga Celoasia yang berwarna kuning dan merah menjadikan taman ini terlihat sangat mempesona.

Lokasi Linggo Asri

Wisata Pekalongan Linggo Asri terletak di kaki gunung Dieng tepatnya. Tepatnya di Kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah yang memiliki ketinggian lebih dari 700 meter dari atas permukaan laut.

Jam Buka Linggo Asri

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket Linggo Asri

Untuk masuk ke Objek Wisata Pekalongan Linggo Asri, kamu cukup membayar tiket masuk membayar tiket seharga Rp 6.000,- dan untuk anak-anak Rp 3.000.

  1. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan. Image: cintapekalongan.com

Bukit Pawuluhan merupakan bukit yang ada di sebelah selatan Pekalongan. Lokasi wisata pekalongan ini memiliki pemandangan yang dapat menenangkan jiwa. Sejak 2015 bukit ini sudah mulai rame dikunjungi para pencinta wisata alam.

Menurut warga sekitar, bukit ini dahulu hanya bukit yang gersang. Namun karena perubahan iklim dengan frekuensi hujan yang semakin tinggi, bukit pawuluhan jadi menghijau.

Untuk menikmati indah pemandangan bukit pawuluhan ini, kami sarankan untuk mengunjungi nya saat siang hari. Karena perjalanan dari kota menuju Desa Gembong agak sulit. Jalan kadang berkerikil dan naik turun.

Sepanjang perjalanan menuju Pawuluhan, pengunjung  disuguhi beragam pemandangan-pemandangan yang indah. Persawahan hijau, rumpun hutan yang masih asri dan udara yang sangat sejuk. Jika kita beruntung, di tengah perjalanan yang melewati hutan, pengunjung bisa melihat sekumpulan monyet liar bergelantungan di pohon pinggir jalan tersebut.

Setelah sampai di lereng bukit pawuluhan, tidak usah khawatir jika tidak menjumpai base camp. Warga sekitar dengan ramah akan menawarkan jasa penitipan motor. Atau sekedar tempat untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian.

Lokasi Bukit Pawuluhan

Lokasi wisata pekalongan dataran tiggi ini ada di desa klesen, Kecamatan kandangserang, Kabupaten pekalongan, Provinsi jawa tengah.

Jam Buka Bukit Pawuluhan

24 jam

Tiket Bukit Pawuluhan

Untuk mengunjungi kawasan wisata pekalongan dataran tinggi ini, dikenakan tiket seharga Rp 5.000

  1. Curug Muncar

Curug Muncar

Curug Muncar. Image: indolah.com

Wisata pekalongan Curug Muncar, berlokasi di dataran tinggi, tepatnya 1.250 mdpl. Akses jalan menuju lokasi ini belum sempurna, karena melewati jalanan mendaki. Namun demikian, sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan. Alam yang masih asri, barisan pepohonan, dan udara yang masih sejuk menjadi hiburan selama perjalanan.

Air terjun ini, airnya bersumber dari rogo jembarang. Air terjun terdiri dari tiga tingkatan.  Telogo lumbu, kalibanteng, dan telogo lawe. Total tinggi air terjun mencapai  100 meter.

Selain pesona air terjun, lokasi ini juga di lengkapi camping ground. Fasilitas pendukung camping groud sudah cukup lengkap. Tersedia Pendopo, MCK, tempat bermain, dan Pos Jaga.

Wisata Pekalongan berupa air terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Pekalongan dan kota sekitar. Jumlah pengunjung akan bertambah banyak pada hari libur nasional atau hari-hari besar.

Lokasi Curug Muncar

Lokasi Wisata pekalongan Curug Muncar terletak di desa curug muncar, kecamatan Petungkriyono, , Kabupaten pekalongan, Provinsi jawa tengah.

Jam Buka Curug Muncar

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket Curug Muncar

Untuk mengunjungi kawasan wisata pekalongan ini, dikenakan tiket seharga Rp 5.000

  1. Curug Bajing

Curug-Bajing

Curug Bajing. Image: cintapekalongan.com

Selain menawarkan keindahan Air Terjun, di curug ini anda bisa melakukan camping. Segala perlengkapan standar camping sudah disediakan pengelola lewat posko information center.

Petungkriyono juga dikenal sebagai salah satu Negeri di atas awan. Bahkan ada desa yang bernama Semego. Dalam bahasa Indonesia mempunyai arti Se-awan karena berada di ketinggian yang menembus awan. Kawasan Petungkriyono berbatasan dengan Pegunungan Serayu Selatan. Termasuk dalam Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Di Curug Bajing ini Anda bisa berburu foto dari berbagi sudut. Sesekali cobalah mendekat dan mencelupkan kaki ke dalam air sungai yang jernih dan dingin. Banyak wisatawan lokal di sana yang datang dan ikut merasakan keindahan dan kesejukan air di curug ini.

Atraksi wisata yang dapat dilakukan di objek wisata ini adalah Water Sliding. Yaitu meluncur dari ketinggian perosotan air terjun dengan ban dalam mobil dan perlengkapan pengaman.

Terdapat Camping Ground area. Dilengkapi dengan fasilitas kamar bilas, MCK, gazebo, area  parkir yang luas, mushola, toko oleh-oleh, warung. Bahkan terdapat kedai kopi yang menyediakan racikan kopi Petung khas Petungkriyono.

Lokasi Curug Bajing

Wisata pekalongan yang berupa air terjun ini berlokasi di desa telogopakis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan

Jam Buka Curug Bajing

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket Curug Bajing

Untuk biaya masuk ke objek wisata pekalongan ini, dikenakan 3.000 rupiah. Untuk parkir dikenakan biaya motor 2.000 rupiah dan mobil 3.000 rupiah.

  1. Mangrove Park

Mangrove Park

Mangrove Park. Image: sellinawati.blogspot.com

Semula kawasan ini adalah lahan tambak udang milik Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan Kota Pekalongan yang sudah tidah produktif lagi sehingga dikembangkan sebagai kawasan konservasi sekaligus juga sebagai tempat edukasi dan wisata alam.

Ketika mengunjungi Mangrove Park, pengunjung bisa menikmati keindahan alam nya. Terdapat gazebo apung untuk menikmati keindahan hutan mangrove. Dibangun semacam jembatan kecil di atas air untuk pejalan kaki melewati satu shalter ke shalter yang lain.

Mangrove park menyediakan dua perahu motor yang masing-masing muat untuk 10 orang penumpang dengan hanya cukup merogoh 10.000 . Pengunjung bisa menyusuri kawasan Hutan Mangrove, dengan melewati lorong-lorong rawa. Lorong diantara barisan pohon mangrove yang biasa disebut dengan lorong cinta.

Mangrove Park ini sangat asyik dinikmati  saat pagi maupun sore hari. Lokasi ini sangat cocok untuk menunggu sunset. Di sini juga ada mancing gratis asal bukan di lokasi yang di larang.

Selain tempat ini mudah dijangkau tempat ini juga sangat nyaman. Tempat ini cocok untuk berwisata dengan teman, kerabat, dan keluarga.

Lokasi Mangrove Park

Mangrove Park Pekalongan terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Dekat dengan kampus IAIN PEKALONGAN ,serta tidak jauh dengan tempat wisata Pasir Kencana

Jam Buka Mangrove Park

Lokasi wisata Pekalongan ini dibuka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Tiket Mangrove Park

Wisata Pekalongan Mangrove Park ini gratis. Hanya saja perlu menyiapkan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil.

Add Comment