8 Objek Wisata Kudus, Mulai Dari Masjid Kuno hingga Air Terjun

wisata kudus

wisata kudus

Kabupaten Kudus selama ini dikenal sebagai sentra produksi rokok Kretek dan juga wisata religi. Wisata kudus kental dengan Citra wisata religi, karena adanya makam wali. Di Kudus ada 3 makam wali, yakni Kudus Sunan Muria dan Sunan Kedu.

Namun wisata Kudus bukan hanya itu saja. Di Kudus terdapat juga keindahan lainnya. Terdapat wisata alam, wisata air terjun, wisata dataran tinggi, hingga wisata Museum.

8 Wisata Kudus

Untuk mengetahui lebih dalam tentang keindahan tersembunyi dari kabupaten Kudus berikut ini kami ceritakan 8 lokasi wisata Kudus yang indah nan mempesona.

Bisa juga dilihat Wisata Jawa Tengah

  1. Mesjid Kudus

Masjid Kudus

Mesjid Kudus. Image: wikipedia

Masjid Menara Kudus dibangun pada masa Sunan Kudus. Saat itu beliau menyebarkan agama Islam di daerah Kudus. Masjid dibangun pada tahun 1549 masehi, dengan menggunakan batu Baitul Maqdis sebagai batu pertamanya.

Masjid ini memiliki 5 pintu di sebelah kanan dan 5 pintu di sebelah kiri. Masjid ditopang dengan 8 tiang besar di dalam masjid yang keseluruhan berasal dari kayu jati. Icon mesjid ini adalah menara yang terlihat seperti bangunan candi, berbahan batu bata.

Menara ini dihiasi antefiks. Kaki dan badan menara dibangun dan diukir dengan tradisi Jawa-Hindu, termasuk motif. Ciri lainnya bisa dilihat pada penggunaan material batu bata yang dipasang tanpa perekat semen. Teknik konstruksi tradisional Jawa juga dapat dilihat pada bagian kepala menara. Kepala Menara berbentuk suatu bangunan konstruksi kayu jati dengan empat batang saka guru yang menopang atap dua tumpuk.

Untuk berziarah ke makam Sunan Kudus, pengunjung tidak akan mengalami kesulitan. Makam Sunan Kudus berada tepat dibelakang Masjid Menara. Jadi setelah melakukan ibadah sholat dan lainnya di masjid, kita bisa langsung mengunjungi makan Sunan Kudus.

Di sekitar lokasi masjid, terdapat toko-toko cindramata. Toko biasanya selalu penuh dikunjungi orang yang telah selesai berziarah ke makam Sunan Kudus.

Lokasi Mesjid Kudus

Lokasi Masjid Menara kudus atau yang juga dikenal dengan nama Masjid Al-Aqsa berada di daerah Kauman, kecamatan kota Kudus, sekitar 1,5 Km ke arah barat pusat kota (Simpang Tujuh)

Jam Buka Mesjid Kudus

Untuk mengunjungi Masjid Menara Kudus kita dapat melakukan kapan saja, karena masjid ini dibuka 24 jam.

Tiket Mesjid Kudus

Gratis

  1. Museum Kretek Kudus

museum-kretek

Museum Kretek Kudus. Image: komunitaskretek.or.id

Di kudus, ada sebuah wisata kudus berupa museum yang unik. Museum tersebut adalah Museum Kretek. Museum Kretek merupakan salah satu museum rokok di Indonesia. Keunikan lain dari museum Kretek adalah koleksi sejarahnya.

Di museum ini, koleksi sejarahnya tidak hanya dari peninggalan peristiwa masa lalu, tapi ada juga beberapa koleksi dari masa kini. Museum Kretek akan menambah koleksi sejarahnya setiap ada hal baru dalam mobilitas industri rokok nasional.

Gagasan pendirian museum kretek, ini bermula dari potensi kontribusi usaha kretek dalam menggerakkan perekonomian daerah. Museum yang terletak di kota Kudus ini didirikan untuk menyimpan dokumentasi perkembangan kretek di Kudus dan tanah air.

Museum Kretek telah memiliki 1.195 koleksi mengenai sejarah kretek. Diantaranya adalah dokumentasi kiprah para tokoh pendiri pabrik kretek. Selain itu, terdapat pula bahan dan peralatan tradisional pembuatan kretek, hasil produksi, benda-benda promosi, dan diorama proses pembuatan kretek. Museum yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kudus sudah menyimpan koleksi sejarah dari masa lalu hingga masa kini.

Lokasi Museum Kretek Kudus

Jl. Getas Pejaten No.155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343

Jam Buka Museum Kretek Kudus

Wisata Kudus berupa Museum Kretek ini dibuka untuk pengunjung mulai jam 8 pagi dan tutup jam 4 sore.

Tiket Museum Kretek Kudus

Objek wisata kudus ini memungut Tiket masuk seharga Rp 2 ribu per orang. Namun untuk menikmati fasilitas permainan air dikenakan tiket tambahan. Ember tumpah seharga Rp 5 ribu per orang dan waterboom Rp 15 ribu per orang.

  1. Waterboom Mulia

waterboom mulia wisata kudus

Waterboom Mulia. Image: penawisata.com

Waterboom mulia merupakans alah satu wisata kudus. Wisata kudus ini selalu ramai di padati oleh pengunjung dari kudus. Bahkan juga pengunjung dari luar kudus. Keramaian meningkat saat  weekend, terlebih musim liburan sekolah dan libur lebaran.

Obyek wisata kudus ini cocok bagi keluarga dan ramah bagi anak-anak. Waterboom mulia menawarkan wahana air yang pasti disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Tidak hanya kolam renang, Waterboom Mulia Wisata dilengkapi wahana menarik lain. Di sini tersedia wahana mobil ATV, motor ATV, flying fox bahkan kolam pancing. Fasilitas yang tersedia mulai dari gazebo, kamar ganti, kamar bilas, toilet, musholla, dan mini market.

Areal parkir yang luas juga tersedia, agar para pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini. Bahkan pengunjung juga dapat menikmati internet gratis dengan adanya wi-fi area.

Lokasi Waterboom Mulia

Wisata kudus watorboom ini berada di desa lau kecamatan dawe kabupaten kudus.  Waterboom mulia berada di kanan jalan raya jika dari arah kudus menuju colo. Jarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota kudus.

Jam Buka Waterboom Mulia

Wisata Kudus berupa waterboom ini dibuka untuk pengunjung mulai jam 07.30 pagi dan tutup jam 04.30 sore.

Tiket Waterboom Mulia

Harga tiket masuk waterboom mulia wisata kudus yaitu Rp. 20.000

  1. Rahtawu

rahtawu

Rahtawu. Image: @prasetyoadisuryo.wibowo

Di desa Rahtawu memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata kudus yang sangat menarik. Kawasan ini berada pada ketinggian ± 1.627 m dari permukaan air laut. Hal ini membuat  pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan. Panorama yang asri dan indah dengan udara yang bersih, segar, dan sejuk.

Di desa ini terdapat gunung yang terkenal dengan sebutan Wukir Rahtawu. Gunung ini terletak di sebelah gunung Muria.

Bagi pecintawisata alam terbuka, dapat menyusuri jalan setapak menjelajahi medan pegunungan. Mendaki puncak gunung wukir yang disebut dengan puncak Songo Likur juga menjadi aktifitas menyenangkan. Selain itu, di kawasan itu juga terdapat mata air sungai yang cukup besar, yaitu mata air Kali Gelis.

Selain wisata alam, pengunjung juga bisa memperluas wawasan dengan mengunjungi aneka petilasan. Sekaligus mempelajari budaya warisan Jawa yang masih dilestarikan oleh warga setempat.

Lokasi Rahtawu

Wisata kudus Rahtawu merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Kudus, berlokasi di Kecamatan Gebog paling Utara.

Jam Buka Rahtawu

24 jam

Tiket Rahtawu

Harga tiket masuk wisata kudus rahtawu sebesar Rp. 2.000,-

  1. Taman Sardi Kudus

Wisata-Taman-Sardi

Taman Sardi Kudus. Image: wisataa.com

Wisata Kudus Taman Sardi dengan icon nya Menara Pisang, ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Lokasi ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Pada lokasi wisata kudus ini ada lokasi outbound dan camping ground yang disediakan untuk pengunjung yang mau camping. Untuk yang mau foto-foto, ada banyak spot yang cocok buat jadi backgroud foto. Salah satu spot foto yang luar biasa keren adalah menara pisang.

Taman Sardi mempunyai konsep menyatu dengan alam. Pengunjung tidak akan bosan berlama-lamaan disini. Selain fasilitas di atas, masih banyak lagi fasilitas penunjang di Taman Sardi. Fasilitas seperti cafe, persediaan listrik, kamar mandi, air bersih melengkapi objek wisata ini.

Untuk tempat sholat, dibuat mirip seperti gazebo dengan dikelilingi nuansa hijau yang akan menjadikan ibadah serasa lebih tenang.

Lokasi Taman Sardi Kudus

Wisata kudus taman sardi, berada di dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Jam Buka Taman Sardi Kudus

Wisata Kudus Taman Sardi ini dibuka untuk pengunjung mulai jam 07.30 pagi dan tutup jam 05.00 sore.

Tiket Taman Sardi Kudus

Untuk menikmati wisata kudus satu ini, anda mesti membayar sebesar Rp. 15.000.

  1. Wisata Colo Kudus

Wisata-Colo-Kudus

Wisata Colo Kudus. Image: wisatalengkap.com

Wisata Kudus Colo merupakan tempat wisata yang pesona keindahannya tidak ada duanya. Di desa wisata colo ini Anda bukan hanya menemukan wisata religi atau berziarah saja. Ketika mengunjungi desa wisata colo, bisa menikmati pesona dengan menyusuri kebun kopi. Perkebunan ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Selain wisata alam, di desa colo juga terdapat wisata religi. Diantaranya yaitu wisata religi di Makam Sunan Muria. Makam ini bisa untuk Anda tempuh dengan berjalan kaki menyusuri ada sekitar 700 anak tangga. Setelah mengunjungi makam, pengunjung juga bisa berkunjung ke air terjun motel. Air terjun ini lokasinya dekat dengan makam, hanya sekitar 30 menit jalan kaki.

Uuntuk yang gemar untuk kuliner, di sana bisa mencoba kuliner yang khas dari sana yaitu pecel pakis. Akan lebih bisa menikmatinya dengan secangkir kopi yang khas dari gunung muria. Pastinya anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat disana.

Lokasi Wisata Colo Kudus

Objek wisata kudus desa Colo berlokasi di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam Buka Wisata Colo Kudus

24 jam

Tiket Wisata Colo Kudus

Tiket masuk wisata kudus desa wisata colo hanya Rp 2.500. Namun pengunjung mesti membayar tiket lain seharga Rp 5000, jika ingin melanjutkan kunjungan ke Air terjun Motel.

  1. Air Tiga Rasa

Air Tiga Rasa

Air Tiga Rasa. Image: instazu.com

Sumber air tiga rasa berada di lingkungan makam Sunan Muria. Masyarakat secara turun temurun yang mempercayai bahwa air tiga rasa dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Juga ada kepercayaan bahwa air tiga rasa dapat sebagai penglaris.

Sumber air tiga rasa mempunyai tiga jenis air yang berbeda. Masyarakat mempercayai mitos bahwa ketiga jenis air ini mempunyai khasiat yang berbeda jika diminum. Khasiat yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

Sumber air pertama terletak disebelah kanan. Mempunyai rasa tawar-tawar masam yang berkhasiat dapat mengobati berbagai penyakit.

Sumber air kedua terletak di tengah. Mempunyai rasa yang mirip dengan minuman ringan bersoda. Berkhasiat dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Sumber air ketiga terletak di sebelah kiri. Mempunyai rasa mirip minuman keras tuak. Berkhasiat dapat memperlancar rezeki jika bekerja keras untuk mendapatkan nya.

Saat ini bukan hanya masyarakat Desa Japan saja yang datang ke air tiga rasa. Masyarakat ada yang datang dari daerah lain seperti: Pati, Demak, Jepara dan Rembang. Masyarakat tersebut datang dan mengambil air tiga rasa karena mereka percaya akan mitos tersebut.

Lokasi Air Tiga Rasa

Wisata Kudus yang memilki air aneka rasa ini beralamat di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus

Jam Buka Air Tiga Rasa

24 jam

Tiket Air Tiga Rasa

Gratis

  1. Air Terjun Pengantin

air-terjun-pengantin-kudus

Air Terjun Pengantin. Image: mytrip123.com/daftar-tempat-wisata-di-kudus-dan-sekitarnya/

Objek wisata kudus satu ini masih alami dan sepi. Hal ini karena kalah popularitas dibandingkan air terjun lain di daerah Kudus. Tapi untuk pemandangannya tidak kalah sama air terjun yang lain. Jadi untuk pengunjung yang suka dengan suasana sepi, kemana-mana suka sendiri, tempat ini pilihan yang tepat.

Untuk mencapai air terjunnya, Anda harus menapaki 200 anak tangga. Meskipun sangat melelahkan, nantinya itu akan terbayar. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang hijau dan menyejukkan.

Tempat wisata kudus ini memiliki mitos kenapa air terjun ini juga disebut air terjun pengantin. Menurut warga setempat, kalau ada pasangan pengantin baru datang ke tempat ini bisa menimbulkan nasib buruk.

Saat mengunjungi air terjun indah ini jangan lupa sediakan kamera atau minimal HP harus full baterai. Akan sangat disayangkan jika sampai kehilangan momen foto dengan background pemandangan air terjun. Mulai perjalanan, pengunjung disambut dengan pepohonan serta pemandangan eksotis dari jurang yang kamu lewati.

Selain dia air terjun, ngopi santai di warung-warung sepanjang jalan juga mengasikkan. Menghirup kopi sambil mengagumi lukisan Tuhan.

Lokasi Air Terjun Pengantin

Wisata kudus ini berlokasi di Dukuh Bakaran, Desa Piji, Dawe. Wisatawan dapat mengambil akses dari pusat kota ke arah pasar Piji Dawe. Dari sini pengunjung ke utara, pertigaan ambil kiri. Sampai di Masjid Benter, tak jauh dari sana air terjun pengantin berada.

Jam Buka Air Terjun Pengantin

24 jam

Tiket Air Terjun Pengantin

Tiket masuknya pun sangat murah, karena hanya Rp 7.000 saja.

Add Comment