8 Lokasi Wisata Mistis Bandung, Berani Coba?

wisata misteri bandung

wisata misteri bandung

Wisata mistis bandung merupakan sebuah kegiatan yang memadukan antara rekreasi dengan adrenalin. Walau ada kata adrenalin di dalam frase ini, bukan berarti mesti berlelah-lelah mengeluarkan keringat melalui adegan-adegan berbahaya menantang maut.

Selama ini pencinta wisata Adrenalin selalu berpikir tentang panjat tebing, paragliding, dan aktivitas berbahaya lain, untuk memicu adrenalin nya. Sangat sulit dibayangkan wisata adrenalin bisa diperoleh oleh reka rekan yang memegang prinsip hidup “hati hati is first”. Pada celah inilah Wisata Mistis bandung mengambil tempat. Kegiatan ini menyediakan kesempatan bagi rekan-rekan tidak ingin mengambil risiko “tidak perlu” namun tetap dapat menikmati debaran adrenalin.

Di Bandung sebagai sebuah kota pariwisata sudah ada komunitas wisata mistis bandung. Komunitas ini, yang salah satu penasehat nya adalah Iman Abdurrahman, menyediakan layanan wisata khusus ke lokasi-lokasi yang dikenal angker di sekitaran kota Bandung.

Lihat juga Pemandian air panas di Bandung

Spot Wisata Mistis Bandung

Pada tulisan kali ini kami mencoba bercerita soal kegiatan komunitas wisata mistis Bandung. Ada sangat banyak lokasi wisata mistis Bandung Pada kesempatan kami hanya bisa menceritakan 8 diantaranya.

  1. Gedung Sate

gedung sate

Gedung Sate. Image: alamisteri.com

Gedung Sate selain menjadi saksi sejarah, ternyata Gedung Sate juga menyimpan beragam kisah mengerikan yang dipercaya oleh banyak orang disana mengenai keberadaan sosok makhluk tak kasat mata. Ada banyak kisah yang beredar soal kejadian mistis di gedung tua ini. keberadaan kisah itu memebuat gedung sate menjadi salah satu paforit wisata mistis bandung.

Keberadaan pasukan Jin. Konon pasukan kerajaan jin yang acap kali ada di area belakang Gedung Sate. Biasanya, jika di malam dini hari yang dingin tiba-tiba daerah belakang Gedung Sate itu muncul kabut tebal misterius yang dipercaya itu adalah pasukan kerajaan jin.

Hantu Neng Siti. Ada kisah soal mobil yang hampir menabrak angsa di area belakang Gedung Sate. Anehnya meski sudah di-klakson, hewan itu hanya diam saja. Namun tiba-tiba hewan mirip angsa itu langsung berubah menjadi wanita menyeramkan yang konon dipercaya warga sekitar bernama Neng Siti. Neng Siti adalah pembantu orang Belanda yang ditinggal kekasihnya dan akhirnya memutuskan gantung diri di rumah area belakang Gedung Sate.

Pohon Besar Angker, di halaman belakang Gedung Sate seakanm enjadi ikon wisata mistis bandung ini. Banyak yang percaya jika pohon besar itu adalah tempat mukim sosok makhluk halus penguasa Gedung Sate. Pernah ada seorang pedagang yang tak sengaja buang air kecil di dekat pohon besar itu dan dia mengalami gangguan tak masuk akal selama 4 hari.

  1. Taman Pramuka.

Taman-Pramuka-Bandung

Taman Pamuka. Image: tempatangker.com

Loaksi wisata mistis bandung Taman Pramuka, beralamat di Jalan Riau.

Taman ini merupakan sebuah taman kota kecil dengan luas sekitar 12.845 meter persegi. Wilayah taman yang berbentuk setengah lingkaran ini awalnya merupakan “tempat nongkrong” peninggalan jaman Belanda yang dibangun sejak tahun 1920.

Taman Pramuka disebut warga sebagai salah satu spot wisata mistis bandung, dikarenakan ada kisah penampakan hantu yang konon sering berkeliaran di kawasan ini. Penampakan itu adalah sosok hantu prajurit tanpa kepala. Hantu prajurit tanpa kepala itu sebut sering muncul saat malam hari. Sambil menunggang kuda, hantu tersebut konon muncul mengelilingi kawasan Taman Pramuka hingga Jalan Tongkeng untuk mencari kepalanya yang hilang.

Berkaitan dengan penampakan tersebut, ada sebuah mitos yang dipercaya warga sekitar. Mitos tersebut mengatakan bahwa penampakan hantu itu akan langsung muncul jika kita meniup peluit di kawasan tempat angker itu pada malam hari.

Selain hantu prajurit, konon ada penampakan lain yang terlhat di objek wisata mistis bandung ini. Penampakan lain yang menghantui kawasan taman angker tersebut adalah hantu pocong. Hantu seram endemik Indonesia itu disebut sering terlihat di bagian depan pagar taman.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus ITB

Kampus ITB. Image: hipwee.com

Kampus ITB Beralamat di Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung

Salah satu perguruan tinggi yang sangat terkenal sekaligus tertua di kota Bandung dengan gedung-gedung lamanya yang terkesan angker, juga disebut sebuts ebagai lokasi wisata mistis bandung. Dikelilingi oleh pohon-pohon yang besar disepanjang jalan, semakin menambah kesan angker perguruan tinggi ini.

Institut Teknologi Bandung yang dibangun pada tahun 1920, mempunyai banyak cerita horor yang diturunkan dari generasi ke generasi mahasiswa. Beberapa cerita horor yang sangat terkenal adalah hantu muka rata yang bertempat di aula barat sedangkan hantu yang terjatuh dari lantai atas gedung PAU dengan kondisi mengenaskan.

Ada banyak spot yang diisukan angker di lokasi wisata mistis bandung ini. Ada cerita soal hantu tukang bakso pikul di lantai 2 gedung FSRD. Lalu ada juga cerita soal mesin yang hidup sendiri di Laboratorium mesin. Namuna da juga hantu baik, yang tidak menyeramkan. Konon itu adalah hantu noni Belanda yang bergentayangan di sekitar gedung FSRD lantai 3.

Spot horor lainnya terletak di area kosong antara belakang Perpustakaan Pusat ITB dengan Jurusan Tambang. Hantunya termasuk ramah, tidak macam-macam. Tapi, siapa yang gak bakal ketakutan saat berpapasan dengan bapak-bapak tua yang memikul dagangannya sekitar jam 12 malam.

  1. Museum Pos Indonesia.

museum-pos-indonesia

Museum Pos. Image: pegipegi.com

LOkasi wisata mistis bandung satu ini letaknya persis di belakang Gedung Sate. Tepatnya di Cilaki Street No. 73, Citarum, Bandung Selatan, Bandung.

Nama museum memang sering mendatangkan efek seram. Kondisi diperparah lagi oleh kenyataan kalau sebagian besar museum bangunan nya menggunakan arsitektur lama, atau bahkan memang gedung lama.

Yang memebuat Museum Pos menjadi seram adalah patung-patung yang tersimpan di dalam ruang bawah tanah yang jika diperhatikan seolah-olah patung tersebut sedang menatap kita. Konon katanya di malam hari patung-patung tersebut bisa bergerak sendiri.

Ketika memasuki museum ini suasana yang dirasakan memang berbeda, hawa dingin langsung menerpa tubuh dan jangan kaget ketika bertemu dengan sebuah patung di sebelah kiri. Penjaga Museum Pos Indonesia mengatakan, di museum ini kerap terjadi peristiwa aneh dan penampakan mahluk halus. Konon pengunjung anak kecil sering ketakutan karena melihat penampakan sosok perempuan di dekat patung, padahal hari masih siang.

Tidak hanya di dekat patung, di pintu masuk museum pun terkadang ada sosok seorang pria yang sedang duduk. Kehadiran hantu pria ini menambah cerita hotot di objek wisata mistis bandung yang satu ini. Sosok pria makhluk halus ini sama penjaga tidak mengganggu, namun cukup sering menampakkan diri pada pengunjung museum.

  1. Jalan Cipaganti.

jalan cipaganti

Jalan Cipaganti di malam hari. Image: hipwee.com

Jalan Cipaganti merupakan salah satu jalan terindang di kota Bandung dengan pohon besar di kanan dan kirinya. Jalan ini juga cukup ramai dan merupakan jalan utama jika kita akan menuju daerah utara kota Bandung.

Yang membuat jalan ini menjadi angker adalah adanya cerita mistis yang berewdar soal lokasi wisata mistis bandung ini. Konon ada penampakan sesosok hantu pria tanpa kepala dengan menggunakan kostum pendekar tempo dulu yang muncul pada tengah malam. Jika anda ingin mencobanya, silahkan melewati jalan ini sekitar pukul 1 tengah malam.

Konon Pernah seorang gadis yang emang sengaja keluar tengah malam untuk “memburu” hantu. Saat menyusuri jalan Cipaganti, sesosok kakek tua tergeletak di jalan. Gadis itu hanya diam saja dan memperhatikan si kakek yang nggak bergerak. Tiba-tiba matanya kelilipan. Setelah melihat kembali ke arah sosok itu, si kakek udah nggak berkepala. Sosok itulah Sang jawara.

Pengalaman yang konon juga sering dirasakan pengendara adalah sering melindas sesuatu. Saat melewati kawasan kantor pos di dekat pom bensin Cipaganti tiba-tiba merasa melindas sesuatu seperti ganjalan. Ada juga yang merasa melindas bola karet. Pengendara disarankan jangan berhenti atau mengecek apa yang barusan dilindas. Karena orang bilang, yang dilindas itu adalah kepala sang Jawara.

  1. SMAN 5 Bandung.

SMAN 5 Bandung.

SMAN 5 Bandung. Image: yukepo.com

SMAN 5 Bandung berlokasi di Jalan Belitung no. 8 .

Gedung Sekolah ini merupakan peninggalan masa kolonial Belanda, bangunan tua menambah unsur horor pada loaksi wisata mistis bandug satu ini. Cerita yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa di gedung ini ada 3 buah jendela yang tidak pernah tertutup. Juga ada mitos soal ketika memutari bangunan tersebut sebanyak 3 kali, maka akan segera melihat penampakan hantu wanita Belanda di jendela tersebut. Konon wanita itu bernama Nancy, yang mati bunuh diri di gedung ini.

Ada cerita yang konon terjadi tahun 1989. ada kisah dari Guru di SMA 5 Bandung yang melihat penampakan Nancy. Saat hari sudah gelap, si ibu guru masih berada di sekolah untuk menyelesaikan pekerjaannya. Nah, ketika Bu Guru menggunakan telepon umum untuk minta jemput anaknya, muncullah penampakan Nancy. Karena noni Belanda ini menghampiri guru tadi, Ibu Guru itupun sampai pingsan karena ketakutan.

Nama Nancy tidak bisa dipisahkan dari sosok Mang Ucha, pengurus sekolah yang sekaligus merupakan kuncen. Menurut unit kegiatan yang sering mengadakan acara malam di sekolah, ketika maghrib Mang Ucha sudah mulai memindahkan Nancy dari tempat peraduannya di lantai atas ke sekitar WC putri di bagian belakang SMA 3. Disanalah Nancy menghabiskan malam dengan se-krat bir sebagai ‘sesajen’, tanpa menganggu siswa yang berkegiatan malam.

  1. Rumah Ambulance.

rumah ambulance

Rumah Ambulance. Image: plus.kapanlagi.com

Rumah Ambulance terletak di Jalan Bahureksa no. 15.

Nama Rumah Ambulance diberikan karena di rumah ini terdapat mobil ambulance tua yang diparkir did epan rumah. Cerita angker yang beredar di masyarakat adalah mobil ini suatu ketika pernah dipindahkan ke tempat lain namun dapat kembali lagi dengan sendirinya. Pernah juga pada waktu itu ada salah seorang kru yang kesurupan ketika  sedang mencoba memvideokan mobil ini ditambah lampu kameranya menjadi pecah.

kisah-kisah tentang ambulans horor itu berawal dari rumah milik keluarga Belanda. Pada suatu hari, kecelakaan menimpa seluruh anggota keluarga dan menewaskan seluruhnya. Sebuah mobil ambulans mengantarkan jenazah kembali ke rumah dari tempat kecelakaan. Keesokan harinya, ambulans itu terparkir di halaman tanpa diketahui siapa yang mengantarkannya. Berkali-kali dikembalikan ke rumah sakit, ambulans itu selalu kembali lagi.

Dan kemudian, pada faktanya cerita mistis yang selama ini berkembang bahwa ambulans tak bisa dipindahkan ke tempat lain, karena akan selalu kembali lagi ke Bahureksa No 15, tampaknya kini terpatahkan. Ambulans itu sudah diangkut ke luar Kota Bandung. Ambulance itu dibeli oleh salah satu klub mobil yang bernama Munir Parung motor yang bermarkas di kota Parung Bogor, pada Agustus 2016 lalu, seharga 40 juta rupiah.

  1. Rumah Gurita

rumah gurita

Rumah Gurita. Image: kapanlagi.com

Rumah Gurita terletak di Jalan Terusan Sukadamai 1 Nomor 6, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat.

Rumah Gurita adalah salah satu bangunan yang sering diisukan sebagai lokasi wisata mistis bandung.  Rumah ini tak pernah lepas dari sorotan publik karena sisi misteriusnya yang begitu kuat. Rumah Gurita sejatinya bukanlah rumah berbentuk gurita melainkan rumah mewah dengan dekorasi gurita yang begitu besar di bagian atap sebagai penutup tandon air.  Bagi penduduk sekitar, rumah ini biasa saja, tidak ada angker-angker nya. Hanya saja, berita di dunia maya begitu heboh dan mengklaim bahwa Rumah Gurita adalah tempat angker karena digunakan sebagai pemujaan setan.

Kesan angker pada rumah ini disebabkan hal-hal tak lazim yang begitu melekat dan mengundang rasa penasaran berlebih. Pemilihan nomor rumah 666 yang merujuk pada ‘angka iblis’, lalu pemilihan simbol kartu Raja dan Ratu yang begitu besar pada jendela, dijadikan justifikasi bagi keangkeran. Isu menyebar kalau di Rumah Gurita diselenggarakan ritual pemujaan setan dengan melakukan seks bebas di hadapan para penganutnya.

Keangkeran rumah gurita makin mendapat publikasi setelah dibuatnya film berjudul Rumah Gurita pada 2014 lalu. Film ini dibintangi oleh aktris cantik, Shandy Aulia, dan aktor tampan, Boy William.

 

Add Comment