Cerita Legenda Nyi Roro Kidul

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul

Legenda Nyi Roro Kidul kisah dari provinsi Jawa Tengah. Legenda ini adalah salah satu cerita rakyat yang sangat terkenal di seluruh Nusantara. Nyi Roro Kidul dikenal sebagai Ratu penguasa laut selatan pulau Jawa.

Bagaimanakah asal-usulnya pada zaman kerajaan Padjajaran purba hiduplah seorang raja bernama Raja Munding wangi atau dikenal juga Raja Siliwangi keenam. Ia dikenal sebagai raja yang senang berburu di Suatu hari ia tersesat di hutan rimba yang tidak dikenalnya setelah. Semalaman berputar-putar bertemulah ia dengan putri cantik jelita penguasa hutan itu.

Saya bersedia menolong Tuhan keluar dari hutan ini asal Tuan mau menikahi saya mendengar syarat tersebut. Raja pun bersedia menikahinya dan tinggal di dalam kerajaan itu setelah tinggal beberapa lama Raja Munding wangi merasa sudah waktunya kembali ke kerajaannya. Ia segera menagih janji pada istrinya sang istri meski sedih. Namun tetap mengizinkan Raja untuk kembali ke kerajaannya sesuai janjinya.

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul

Kepulangan sang raja disambut gembira oleh rakyat Pajajaran. Mereka mengira selama ini rajanya telah tewas dalam perburuan permaisuri. Dan seisi istana pun mengadakan pesta besar-besaran untuk menyambut kembalinya Raja Munding wangi. Suatu malam raja yang sedang tidur mendengar Tangis Bayi di luar. Didatanginya suara itu ternyata ada bayi tergeletak di pojok Taman ketika Raja hendak menggendongnya. Tiba-tiba muncul wanita cantik yang sangat di kenalnya tidak salah lagi dia adalah istrinya yang tinggal di hutan.

Kakanda Munding wangi bayi ini anak kita dia kuserahkan padamu untuk dibesarkan di kalangan manusia Sesungguhnya. Aku ini dari kalangan siluman setelah menyerahkan bayi itu Putri menghilang Raja Munding wangi pun tercengang kebingungan. Namun segera ia melaksanakan amanah itu bayi itu. Di besarkan di istana dan di beri nama Putri Kadita.

Putri Kadita tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik dan baik hati seiring bertambahnya usia Raja Munding wangi ingin menurunkan tahta kerajaan pada anak keturunannya. Akan tetapi ia bersedih karena belum mempunyai seorang Putra penerus kerajaan. Meski Raja Siliwangi sudah memiliki seorang putri yang berparas sangat cantik. Ia tetap bersedih karena tidak memiliki seorang Putra.
Demi mewujudkan keinginannya memiliki seorang Putra Raja Siliwangi. Akhirnya memutuskan untuk menikah lagi atas persetujuan putrinya. Oh iya kemudian memperistri Dewi mutiara setelah beberapa waktu. Dewi mutiara akhirnya mengandung seorang Putra namun dengan alasan ngidam dari sang calon Putra. Dewi mutiara banyak memohon permintaan kepada raja. Ada saja permintaannya yang harus selalu dituruti. Suamiku Aku ingin makan-makanan istimewa di kerajaan Setiap hari.

Ini permintaan bayi dalam perut ku. Baik istriku akan kuperintahkan mereka untuk memasak masakan istimewa setiap hari. Semua permintaan Dewi mutiara dituruti, namun semakin lama permintaan Dewi mutiara semakin aneh. Pada suatu siang Dewi mutiara kembali mengajukan permintaan aneh yang menyulitkan sang raja.

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul

Suamiku selama hamil aku sering merasa aneh pada Putri Kadita Bolehkah aku meminta satu permintaan lagi, katakan saja istri. Aku berharap Putri Kadita tidak berada di istana ini lagi demi kelancaran kehamilan Putraku. Raja sangat terkejut mendengar permintaan Dewi mutiara. Bagaimana mungkin ia mengusir Putri kesayangannya dari istana.

Karena permintaannya yang sangat tidak masuk Raja tidak mengabulkan permohonan Dewi mutiara. Istriku permintaanmu tidak mungkin aku kabulkan Bagaimana mungkin aku mengusir putriku sendiri. Itu sangat tidak mungkin, mendengar jawaban sang raja Dewi mutiara marah dan kecewa sekali. Ia diam-diam menyimpan dendam dalam hatinya ia mencari segala cara untuk bisa mewujudkan keinginannya.

Suatu hari diam-diam Dewi mutiara memanggil seorang tukang sihir dengan suara sedikit berbisik karena takut diketahui Raja. Dewi mutiara bertemu dengan penyihir di taman belakang istana. Kalau kau bisa membuat Putri Kadita menjadi putri buruk rupa yang berbau busuk maka akan kuberikan hadiah besar sangat besar, baik Ratu.

Pada malam harinya saat Putri Kadita sedang terlelap tidur. Berhembus Angin ke dalam kamarnya, angin itu berbau busuk seperti bau bangkai, bau tak sedap memenuhi ruang kamarnya. Putri Kadita yang sedang terlelap tidak merasakan aroma busuk dalam kamarnya.

Di Pagi harinya saat Putri Kadita terbangun ia menjerit histeris alangkah kagetnya Sang Putri melihat seluruh tubuhnya penuh kudis. Bernanah dan berbau tidak enak. Kenapa ini terjadi padaku, Kenapa tiba-tiba tubuhku dipenuhi nanah. Seperti ini wajahku juga penuh kudis, sang raja yang mendengar kabar itu menjadi sangat sedih hatinya. Ia mendatangkan banyak tabib untuk menyembuhkan penyakit putrinya yang kesakitan.

Pengobatan Putri Kadita

Namun tak satupun yang berhasil mengobatinya mohon ampun. Tuhan Raja penyakit Putri Kadita bukanlah penyakit biasa. Hamba tidak berhasil mengobatinya, aku mengerti ada sesuatu yang aneh pada penyakit Putri Raja. Mengerti bahwa penyakit putrinya sangat tidak wajar. Seseorang pasti telah mengutuk atau mengguna-gunai nya dengan sihir hingga tak mudah untuk disembuhkan.

Masalah yang terjadi ini dimanfaatkan oleh Dewi mutiara untuk mempengaruhi sang raja. Dewi mutiara menuduh Putri Kadita akan membawa kesialan bagi seluruh negeri karena raja tidak ingin putrinya menjadi gunjingan di seluruh negeri. Akhirnya Raja dengan berat hati menyetujui usul Dewi mutiara untuk mengirim putrinya ke luar kerajaan. Putri Kadita pun berangkat seorang diri meninggalkan kerajaan walaupun perasaannya sangat sedih.

Tetapi dia tidak punya dendam pada orang yang membencinya ia yakin bahwa Tuhan akan membalas atas semua yang menimpanya. Ia tetap berjalan sambil menangis siang dan malam. Putri Kadita berjalan menyusuri hutan hingga akhirnya ia tiba di Gunung Kombang. Di sana ia bertapa memohon pada Tuhan agar wajahnya di kembalikan seperti semula di Gunung Kombang.

Dia mendengar suara seorang wanita anakku Putri Kadita berangkatlah menuju Selatan Masuklah ke laut dan Bersatulah dengannya. Siapakah engkau? aku adalah ibumu anakku. Ibu Mengapa Ibu tidak menampakkan diri. Kelak kau akan tahu lakukan perintah ibumu anakku. Putri Kadita pun berjalan ke arah selatan seorang diri selama tujuh hari tujuh malam.

Ratu Pantai Selatan

Putri Kadita berjalan hingga ia tiba di pantai laut selatan. Dan akhirnya sangat Putri berdiri memandang Luasnya lautan yang penuh ombak. Ketika sedang terdiam lagi-lagi Ia seperti mendengar suara memanggil agar ia menceburkan diri ke dalam lautan. Semakin lama suara itu semakin kuat terdengar. Sehingga membuat Putri Kadita penasaran Masuklah ke dalamnya dan Bersatulah dengan lautan. Masuklah ke dalamnya dan Bersatulah dengan lautan dan Akhirnya diapun mengikuti panggilan tersebut. Dia berjalan terus menuju laut lepas.

Ketika tubuhnya tersentuh air tiba-tiba tubuhnya pulih kembali. Gak ada satupun bekas kudis ataupun kurap Bahkan ia tampak lebih cantik dari sebelumnya. Putri Kadita sangat bahagia mendapati wajah dan tubuhnya kembali cantik dan mulus seperti sedia kala. Selain memperoleh kesembuhan dan kesaktian Putri Kadita memutuskan untuk hidup di laut itu. Ia segera menguasai seluruh lautan dan isinya ini. Dia pun mendirikan kerajaan megah kokoh indah dan berwibawa dengan ribuan pasukan yang senantiasa mendampinginya.

Diyakini yang di sebut Nyi Roro Kidul sang ratu laut selatan pulau Jawa. Hingga kini masyarakat yang berkunjung ke Pantai Selatan di larang mengenakan pakaian warna hijau. Siapa saja orang yang memakai pakaian berwarna hijau pasti akan terseret ganasnya ombak pantai laut selatan. Warna hijau di yakini sebagai warna busana kebesaran sang ratu. Sehingga hanya dia yang berhak memakainya di tempat itu. Konon Pantai Pelabuhan Ratu merupakan tempat persinggahan Nyi Roro Kidul yang tak jarang menampakkan diri dengan mengendarai kereta kencana dan mengenakan baju hijau.

Author: Admin