10 Tempat Wisata di Lampung, Keindahan di Ujung Selatan Andalas

tempat wisata di lampung

tempat wisata di lampung

Tempat wisata di lampung tidak akan pernah habis untuk dijelajahi. Jika kamu punya rencana liburan ke Lampung, Jangan khawatir akan kehabisan objek indah. Provinsi paling selatan di pulau Sumatera ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk dikunjungi.

Selama ini Lampung terkenal dengan penghasil kopi dan lada. Namun ternyata tempat wisata di lampung tidak kalah banyak dibanding provinsi lain. Provinsi ini memiliki tempat-tempat wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah, maupun wisata religi. Bahkan wisata kuliner yang tak kalah dengan wisata di kota besar seperti  Bandung, Jogja, dan Makassar.

10 Tempat Wisata di Lampung

Untuk memudahkan menemukan tempat wisata di Lampung, kami mencoba menceritakan beberapa diantaranya. Namun perlu diingat tempat wisata di lampung bukan hanya 10 ini saja, ada puluhan lokasi lain yang juga tak kalah menawan. Pemilihan 10 ini kami buat karena terpaksa, akibat keterbatasan ruang.

Lihat juga wisata kekinian di Pacet Jawa Timur 

  1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas. Image: liburanlampung

Selam ini, Way Kambas memang identik dengan usaha pelestarian gajah. Namun Way kambas sebenarnya bukan hanya Gajah. Mengenai satwa, disana ada 50 mamalia, dengan 36 diantaranya masuk jenis yang dilindungi. Mamalia itu meliputi gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, tapir, rusa, kijang, beruang madu, dan lain-lain.

Mengenai objek wisata, di sini terdapat banyak pilihan. Ada pusat pelatihan gajah. Ada pusat pembiakan badak Sumatera liar, satu satunya di dunia. Ada fasilitas rekreasi menunggang gajah. Ada Resort Way Kambas, yang salah satu fasilitas nya adalah menikmati hewan liar di alam liar. Ada juga bumi perkemahan.

Dengan berbagai fasilitas pariwisata itu, wisata di tempat wisata di lampung ini tidak akan membuat bosan.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas.

Lokasi tempat wisata di lampung yang satu ini di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Tiket Taman Nasional Way Kambas

Tempat wisata di lampung ini tiket nya tergolong terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 7.000,- saja.

  1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih. Image: jejakpiknik.com

Pada lokasi tempat wisata di lampung ini, pengunjung  akan disambut oleh lukisan alam yang indah menawan. Suara ombak pecah di pantai, berhiaskan hembusan angin membelai manja membuat pengujung betah berlama-lama di sana. Menikmati pantai, melupakan sejenak permasalahan hidup yang ruwet.

Dari pantai pasir putih, pengunjung dapat mengamati gugusan pulau dari teluk Lampung. Kegiatan paling menyenangkan di tempat wisata di lampung ini adalah berjalan-jalan di atas putih nya pasir pantai.

Untuk kegiatan foto-foto, tempat wisata di lampung ini juga tidak kalah indah dibanding tempat wisata di lampung lainnya. Foto indah bisa diambil dengan menggunakan background laut yang biru dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Selain berjalan jalan di pantai, pengunjung juga bisa berenang, bermain kano, dan juga menyewa perahu. Banyak nelayan yang menyediakan fasilitas untuk mengitari pulau Condong, yang letaknya tidak jauh dari Pantai Pasir Putih.

Lokasi Pantai Pasir Putih

Alamat tempat wisata di lampung satu ini, berada di  Rangai Tri Tunggal, Desa Tarahan, tepatnya di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Tiket Pantai Pasir Putih

Pengunjung hanya  akan dikenakan tarif Rp 15000 rupiah untuk satu motor. Sedangkan untuk wisata keliling pulau condong, dikenakan biaya 150-200 ribu.

  1. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu. Image: rosagusfa.com

Tempat wisata di lampung ini oleh masyarakat lokal lebih dikenal sebagai Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan. Ada juga yang menyebut Pantai Batu Layar. Namun karena formasi bebatuan karang pantai yang spektakuler, mengingatkan pada gigi ikan buas Hiu. Atas dasar itu pantai ini kemudian lebih terkenal dengan nama pantai gigi hiu.

Pantai ini menawarkan panorama berbeda dengan pantai pada umumnya. Gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata alami di dekat bibir pantai yang sering kali diempas ombak jadi pemandangan tak biasa dan sangat fotogenik! Kalau sudah melihat dijamin terpana.

Paling pas datang menjelang sunrise ataupun sunset karena jatuhnya mentari yang menyirami deretan karang itu membuat semuanya terlihat ciamik untuk dipotret. Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar. Nggak heran tempat ini kini jadi buah bibir dan jadi buruan baru penggemar fotografi. Di luar urusan jeprat-jepret, pantai ini juga asyik kok buat berpelesir menikmati kesunyian.

Lokasi Pantai Gigi Hiu

Tempat wisata di lampung yang indah ini, lokasi tepatnya ada di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Tiket Pantai Gigi Hiu

Karena belum dikelola secara resmi maka untuk masuk ke kawasan ini masih belum dikenai biaya tiket masuk. Tetapi biasanya pengunjung akan dimintai sumbangan oleh masyarakat setempat. Jadi jika datangnya berombongan 4-8 orang, sumbangan 50 ribu rasanya cukup masuk akal.

  1. Teluk Kiluan

teluk kiluan

Lumba-lumbaTeluk kiluan. Image: sportourism.id

Tempat wisata di lampung satu ini menjadi populer, karena kekayaan khas nya. Teluk ini memiliki populasi lumba-lumba jenis hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Lumba-lumba di teluk ini tidak takut dengan kehadiran manusia. Mereka sering kali melompat-lompat ke permukaan di dekat perahu wisatawan.

Selain menikmati keindahan atraksi lumba-lumba, tempat wisata di lampung ini juga menyediakan hal unik lain. Di salah satu bagian pantai, tepatnya di balik bukit Teluk Kiluan, terdapat kolam renang alam yang diberi nama Laguna Gayau. Laguna ni terbentuk dari cekungan yang ditutupi tebing karang dan mendapatkan pasokan air dari laut. Di kolam ini pengunjung dapat melepas penat merendam badan dalam air asin yang tenang.

Terdapat juga wisata Pulau Kelapa. Pulau kecil di tengah Teluk Kiluan. Luas pulau ini hanya 6 hektar saja. Lokasi yang jauh dari keramaian penduduk, membuatnya menjadi tempt ideal untuk bersantai. Untuk menuju ke pulau kelapa, pengunjung bisa menyewa perahu jukung dan menyeberang selama 15 menit.

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi tempat wisata di lampung ini, adalah menikmati Sunset. Saking indah nya sunset di pantai ini, tidak sedikit pengunjung yang rela menginap untuk mendapatkan momen terbaik.

Lokasi Teluk Kiluan

Tempat wisata di lampung, teluk kiluan berlokasi dia Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Desa ini dapat dijangkau dari Bandar Lampung setelah 3-7 jam perjalanan melalui rute perbukitan yang menawarkan pemandangan yang menawan.

Tiket Teluk Kiluan

Jam operasional tempat wisata di lampung ini adalah jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Sementara itu untuk tiket nya hanya dihargai Rp 5.000,-.

  1. Danau Ranau

Danau Ranau

Danau Ranau. Image: genpi.co

Danau Ranau merupakan salah satu tempat wisata di lampung yang terkenal akan keindahan alam nya. Danau terbesar kedua di Pulau Sumatra ini, Luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi.

Sebenarnya, Danau Ranau juga masih menjadi bagian dari pegunungan Bukit Barisan. Danau Ranau terletak di ketinggian atau altitude 540 meter di atas permukaan laut. Keindahan Danau Ranau juga diperkaya dengan adanya pemandangan Gunung Seminung yang memiliki ketinggian 1.880 meter di atas permukaan laut.

Selain dikelilingi perbukitan dan gunung, panorama alam Danau Ranau juga dipercantik  dengan keberadaan sebuah pulau di tengah Danau Ranau yang bernama Pulau Marisa. Dengan membayar uang sebesar 100.000 hingga 150.000 per orang, Anda sudah bisa menumpangi perahu untuk menyambangi Pulau Marisa tersebut.

Di Pulau Marisa, terdapat pusat pemandian air panas sulfur, cocok bagi pengunjung yang ingin memanjakan tubuh setelah penat berkendara menuju Danau Ranau.

Lokasi Danau Ranau

Tempat wisata di lampung yang berupa danau indah ini berlokasi di Bandar agung ranau, Banding agung, Ogan Komering Ulu, Lampung Barat.

Tiket Danau Ranau

Tiket masuk ke tempat wisata di lampung ini juga sangat murah, Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2.000,-

  1. Air terjun Lembah Pelangi

air terjun pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi. Image: lampungprov.go.id

Di lokasi tempat wisata di lampung ini, pengunjung dapat menikmati merdu gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, menghantam air yang di bawahnya. Percikan air yang tertiup angin akan menyapu wajah, menimbulkan sensasi dingin dan sejuk.

Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu  terdiri dari 2 air terjun. Satu di bagian atas dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter. Dan  Air Terjun yang ke dua, berjarak sekitar 50 meter ada di bawah air terjun yang pertama. Medan menuju air terjun yang ke dua ini lebih curam.

Air Terjun Lembah Pelangi yang pertama hanya berupa satu aliran air yang cukup tinggi. Hal ini berbeda dengan air terjun yang kedua. Ada dua aliran air terjun di lokasi ke dua ini, dengan ketinggian yang lebih pendek, dan dengan pemandangan yang menawan.

Aktifitas utama yang ditawarkan di air terjun ini tentu saja adalah foto-foto cantik. Berfoto dengan latar air terjun, atau bahkan warna pelangi yang bila beruntung dapat disaksikan.

Selain air terjun, di dekat lokasi ini juga terdapat mata air panas. Maka setelah berdingin-dingin di bawah air terjun, bisa langsung menghangatkan badan di kolam air panas alami. Sungguh sebuah kemewahan yang jarang diperoleh.

Lokasi Air Terjun Lembah Pelangi

Tempat wisata di lampung yang berupa air terjun ini, ada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Tiket Air Terjun Lembah Pelangi

Biaya masuk untuk menikmati keindahan salah satu air terjun yang jadi andalan tempat wisata di lampung ini hanya Rp 5.000 saja.

  1. Curup Gangsa

Curup Gangsa

Curup Gangsa. Image: lampung.co

Nama untuk tempat wisata di lampung ini, konon berasal dari suara air terjun yang bagaikan suara seruling Gangsa. Seruling Gangsa merupakan seruling bambu yang biasa digunakan oleh masyarakat pada masa lalu. Nah, dari suara inilah nama Curup Gangsa kemudian disematkan pada air terjun yang masih alami ini.

Tempat Wisata di lampung yang berupa air terjun ini, memanjakan pengunjung dengan pesona air jernih nya. Kucuran deras air jernih dari ketinggian sekitar 50 meter dan pemandangan alam hijau di sekitar sungguh perpaduan yang menawan. Disisi lain sungai ada juga air terjun kecil yang terpisah tetapi masih dalam satu kawasan.

Lebar sungai Gangsa ini kurang lebih 20 meter. Sungai lebar ini berhiaskan batu-batu besar yang bertebaran di sepanjang sungai. Untuk mengisi kegiatan wisata di aur terjun ini, tidak cukup hanya dengan foto-foto cantik saja. Pengunjung dapat berenang di kolam bawah air terjun. Kolam ini yang cukup luas dan nyaman. Bahkan memancing juga bisa dilakukan di aliran sungai Gangsa.

Lokasi Curup Gangsa

Air terjun dengan aliran air yang sangat deras ini terletak di Tanjung Jaya Kotaway, Kasui, Way Kanan. Lokasi ini sekitar 181 km dengan waktu tempuh normal sekitar 4 jam dari kota bandar Lampung.

Tiket Curup Gangsa

Unutk memasuki tempat wisata di lampung ini, pada hari libur dikenakan tiket sebesar Rp 5.000,-. Sedangkan di hari normal, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

  1. Bukit BLT

Bukit BLT

Bukit BLT. Image: tribunnews.com

Dari atas bukit ini terdapat pemandangan yang sangat menawan. Hamparan sawah Pringsewu yang sangat luas nampak dari sini. Pemandangan sawah, perkebunan, bangunan kota dan perbukitan nampak dari atas Bukit BL. Kolaborasi view yang sangat menakjubkan membius mata pengunjung yang datang ke spot kekinian ini.

Lokasi ini sangat instagramable, sehingga cukup digandrungi oleh kaula muda

Yang paling tidak boleh dilewatkan adalah adanya spot foto yang sudah disiapkan. Beberapa diantaranya seperti bangku dan juga jembatan yang memiliki background pemandangan luar biasa.

Pengelola menarik biaya untuk pengunjung yang ingin berfoto di spot foto tersebut. Namun tenang, tarif nya hanya sebesar Rp. 1000 sampai Rp. 2000 saja.

Lokasi Bukit BLT

Lokasi Bukit BLT Blitarejo Pringsewu berada di Desa Blitarejo, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu. Jarak nya sangat dekat dengan pusat Kota Pringsewu yakni hanya sekitar sembilan km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Tiket Bukit BLT

Untuk harga tiket masuknya, pengunjung akan ditarik biaya sebesar Rp. 5000 per orang. Harga ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

  1. Bukit Pangonan

bukit pangonan

Bukit Pangonan. Image: ngetripyuk.id

Lokasi wisata di lampung yang berupa perbukitan ini, kini dijadikan objek wisata. Wisata di lokasi ini difokuskan kepada wisata kreatif yang menyuguhkan pemandangan alam Lampung yang indah. Faktor kreatif dipertegas dengan menyuguhkan spot selfie ditempat bangunan yang unik-unik.

Bukit Pangonan ini memiliki banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Fasilitas umum yang sudah tersedia seperti kolam renang, pemancingan, outbound area, gazebo, warung, toilet, mushola, parkiran yang luas dan tentu saja spot-spot foto yang instagramable dan kekinian.

Ada banyak sekali spot foto kekinian yang bentuknya sangat unik-unik seperti sarang burung, sangkar burung, jam dinding, tulisan love, jembatan cinta, bunga matahari, sayap burung, kupu-kupu dan lain-lain. Hingga saat ini pengelola masih terus menambah jumlah spot foto yang unik. Hal ini dilakukan untuk melayani tingginya minat wisatawan yang terus berdatangan ke Bukit Pangonan.

Lokasi Bukit Pangonan

Tempat wisata di lampung, Bukit Pangonan ini masuk dalam kawasan wisata Talang Air. Kawasan ini berada di desa Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu Selatan, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Tiket Bukit Pangonan

Untuk tiket masuknya sendiri masih cukup murah yakni Rp 5000/ pengunjung. Namun untuk menikmati spot foto yang ada disini kita harus membayar lagi sebesar Rp 3000-5000 / spot tergantung kepopuleran dan keunikan spot tersebut.

  1. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang. Image: diahayu-nz

Saat mengunjungi tempat wisata di lampung ini, batu-batu berbagai ukuran akan menyambut, bahkan sebelum sampai di lokasi. Beberapa ratus meter sebelum sampai di lokasi, pengunjung melewati perkebunan karet. Di bawah pohon karet itulah banyak sekali batuan berbagai macam ukuran.

Di lokasi ada batu sangat besar yang berjejeran. Batu tersebut bisa dipanjat oleh pengunjung. Dari atas batu, akan nampak pemandangan yang menakjubkan. Hamparan kebun karet nan hijau dengan pola tanaman yang rapi memanjakan mata pengunjung.

Pemandangan seperti ini jarang ditemui di lokasi lain. Pengunjung sering mengincar nya sebagai spot foto. Di atas batu besar ini, pengunjung bisa bebas berpose. Hasil foto akan nampak sangat apik dan instagramable.

Lokasi Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Tempat wisata di lampung yang instagramable ini terletak di kawasan Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

Tiket Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Untuk tiket masuknya, terkadang ada penjaga yang meminta uang parkir sebesar Rp. 10.000.

Add Comment