10 Tempat Wisata di Semarang yang Indah nan Mempesona

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah terkenal  sebagai sebuah kawasan industri. Kawasan yang sibuk dengan aktifitas perekonomian.  Siapa sangka, ternyata dibalik kesibukan kegiatan ekonomi itu ternyata terdapat banyak tempat wisata di Semarang.

Terdapat hal-hal yang indah dan menawan di sekitar Semarang.  Jenis tempat wisata di Semarang sangat variatif. Mulai dari wisata religi sejarah sampai  budaya. Mulai dari wisata alam sampai wisata taman-taman yang dengan campur tangan manusia menjadi tambah indah.

10 Tempat Wisata di Semarang

Berikut ini kami berbagi cerita, tentang 10 Spot tempat wisata di Semarang yang tidak akan membuat merasa rugi apabila dikunjungi.

Lihat juga lokasi wisata menakjubkan di Jawa Tengah.

  1. Puri Maerokoco

taman maerokoco

Puri Maerokoco. Image: seputarsemarang.com

Tempat wisata di semarang ini sering disebut Taman Mini Jawa Tengah. Di taman ini terdapat anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah.

Selain menampilkan rumah- rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air. Fasilitas yang tersedia berupa sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di objek wisata Puri Maerokoco Semarang ini. Mulai dari wisata kuliner sampai permainan air.

Di dalam kompleks Puri Maerokoco terdapat berbagai tempat makan yang menawarkan makanan ringan, camilan, hingga makanan berat. Kebanyakan yang dijual adalah makanan lokal khas Jawa Tengah atau khas Semarang, sehingga Anda bisa sekalian berwisata kuliner.

Di dalam anjungan, ada sejenis pameran yang bisa dilihat oleh pengunjung. Di dalamnya ada pameran kerajinan tangan, makanan dan minuman khas, pakaian tradisional. Kegiatan pameran ini tentu sangat menarik untuk diperhatikan lebih dalam lagi, sekaligus untuk menambah wawasan.

Wahana permainan di tempat wisata di semarang ini, patut dicoba untuk menikmati suasana liburan. Selain perahu air dan bebek air, di Puri Maerokoco ini juga ada permainan flying fox. Selain itu ada juga paintball, kolam renang, kereta gantung, komidi putar, bombom car, bianglala, dan sebagainya.

Lokasi Puri Maerokoco

Salah satu Tempat wisata di Semarang ini berada di Jalan Yos Sudarso Semarang. Kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda. Kawasan ini adalah salah satu bagian taman dari kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah.

Jam Buka Puri Maerokoco

Tempat wisata di Semarang ini dibuka dari jam 08.00 sampai 18.00.

Tiket Puri Maerokoco

Harga tiket masuk biasa Rp 10.000 per orang.

Harga wahana permainan mulai dari Rp 5.000 per orang.

Harga paket terusan Rp 35.000 per orang.

  1. Hutan Pinus Kragilan Magelang

Hutan Pinus Kragelan

Hutan Pinus Kragilan Magelang. Image: ngetripyuk.id

Tempat wisata di semarang satu ini, akhir-akhir ini jadi salah satu spot paling hits di Magelang. Pemandangan yang indah dan juga suasana yang nyaman, menjadikan lokasi ini cocok untuk bersantai di sore hari.

Meski namanya hutan, sama sekali tidak ada kesan seram di sini. Justru selama di sini pengunjung akan dimanjakan pesona hutan yang masih alami. Tempat wisata di jawa tengah ini ramai sekali saat akhir pekan.

Saat berjalan jalan di jalan setapak di tengah hutan wisata, pengunjung disuguhi pemandangan hutan pinus di kiri kanan jalan. Di sisi kanan, terlihat jurang yang di dasarnya ada sedangkan di kiri jalan bukit hutan pinus yang luas banget.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung  juga bisa be swafoto di spot-spot cantik. Banyak spot foto yang ditawarkan di sin. Beberapa diantaranya adalah kursi di tengah jalan, ayunan, hammock dan rumah pohon. Spot ini merupakan spot terlaris di Hutan Pinus Kragilan. Selain itu, juga masih banyak lagi spot foto yang menarik.

Di setiap spot, dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00 per orang kecuali rumah pohon yang gratis.

Lokasi Hutan Pinus Kragilan Magelang

Tempat wisata di semarang, Hutan Pinus Kragilan, berada di Desa Kaponan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Dari arah Yogyakarta rute-nya : Yogya-Muntilan-Blabak-Ketep-Kopeng.

Jam Buka Hutan Pinus Kragilan Magelang

Tempat wisata di semarang ini buka pulai jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore.

Tiket Hutan Pinus Kragilan Magelang

Pungutaan retribusi cukup murah. Jika membawa mobil dikenakan parkir sebesar Rp 10 ribu. Motor Rp 5 ribu saja. Selanjutnya per-pengunjung dikenakan Rp 2 ribu.

  1. Lawang Sewu

lawang sewu

Lawang Sewu. Image: @tahaleanoveri

Tempat wisata di semarang ini merupakan bangunan kuno peninggalan belanda yang dibangun pada 1904. Gedung ini awalnya dipakai untuk kantor pusat perusahaan kereta api Belanda. Gedung tiga lantai bergaya art deco ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag.

Disebut Lawang Sewu dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

Bangunan utama Lawang Sewu memiliki dua sayap membentang ke bagian kanan dan kiri bagian. Jika pengunjung memasukkan bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar ke lantai dua. Di antara tangga ada kaca besar menunjukkan gambar dua wanita muda Belanda yang terbuat dari gelas.

Semua struktur bangunan, pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Dengan segala keeksotisan dan keindahannya Lawang Sewu ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk Pre Wedding.

Lokasi Lawang Sewu

Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda . Tempat wisata di Semarang, yang berupa bangunan bersejarah ini berada di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka Lawang Sewu

Tempat wisata di Semarang ini buka mulai jam 7 pagi dan tutup jam 7 malam.

Tiket Lawang Sewu

Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah Rp10.000 untuk dewasa, dan Rp5.000 untuk anak-anak dan pelajar

  1. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong.

Kelenteng Sam Poo Kong. Image: @airinanugrah

Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung. Termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sini atraksi-atraksi kesenian berupa tari tarian dan barongsai digelar. Pagelaran biasanya untuk memperingati hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China.

Di bulan Agustus selalu diadakan festival mengenang datangnya Cheng Ho ke Semarang. Perayaan disertai dengan arak-arakan, bazaar, dan festival Barongsai. Hari-hari besar lainnya yang dirayakan di sini termasuk di antaranya Hari Raya Imlek dan hari kelahiran Cheng Ho. Kedatangan turis asing, terutama dari China, menunjukkan bahwa Sam Poo Kong dikenal luas di dunia.

 Lokasi Kelenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata di malang ini terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Alamatnya di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka Kelenteng Sam Poo Kong

Klenteng ini dibuka untuk wisatawan dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam.

Tiket Kelenteng Sam Poo Kong

Harga Tiket untuk menikmati keindahan di tempat wisata di Semarang ini sebesar Rp 5000.

  1. Kota Lama Semarang

kota lama semarang

Kota Lama Semarang. Image: suara.com

Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan era kolonial. Unik nya, walau bangunan-bangunan ini sudah berusia 200-300 tahun,  banyak diantaranya yang masih dalam kondisi sangat baik dan berfungsi normal.

Di kawasan Kota Lama Semarang bisa dinikmati bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial. Gaya kolonial pada tempat wisata di Semarang ini, terlihat juga pada jalannya yang tidak diaspal. Jalanan dilapisi menggunakan tegel, yang memang semenjak dulu menjadi pertanda kawasan Kota Lama. Dalam kawasan Kota Lama tersebut masih ada beberapa bangunan ikonik.

Tidak hanya itu, terdapat juga ruangan mewah terbuka Taman Srigunting. Secara umum, hampir seluruh karakter bangunan yang ada di kawasan kota tua memiliki gaya Eropa elit. Hal ini ditandai dengan besarnya ukuran pintu-pintu dan jendela setiap gedung. Juga adanya penggunaan kaca patri, bentuk atap yang terlihat unik.

Untuk menikmati keindahan kota lama, pengunjung bisa mengikuti tour sepeda atau tour vespa. Dengan paket tour ini, pengunjung dapat melihat seluruh sudut kota tua dengan lebih seksama.

Lokasi Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Semarang ini berlokasi di Jl. Letjen Suprapto No.22, Tj. Mas, Kota Semarang Utara, Jawa Tengah

Jam Buka Kota Lama Semarang

24 jam

Tiket Kota Lama Semarang

Pengunjung tempat wisata di Semarang ini tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Namun apa bila ingin keliling kota Lama menggunakan becak atau pun delman, pengunjung harus mempersiapkan ongkos jasa tersebut.

  1. Kampung Batik Semarang

kampung batik

Kampung batik Semarang. Imag: liputan6.com

Tempat wisata di semarang yang mengkhususkan diri untuk batik ini, mulai terkenal di kalangankaula muda. Kampung Batik Semarang merupakan pusat perdagangan oleh-oleh kain atau busana batik.

Saat masuk ke gang kompleks kampung batik, sudah terlihat sejumlah rumah di kanan dan kiri jalan memajang batik. Ada yang hanya memajang dengan gantungan, ada juga yang sudah berupa toko besar. Tak hanya menjual, banyak rumah disini yang melakukan proses produksi di tempat yang sama.

Pengunjung pun dapat mengintip dapur prosuksi batik kebanggaan warga Semarang tersebut. Setidaknya ada beberapa pengerajin batik di Kampung Batik. Yang lainnya membantu menjualkan atau menerima pesanan.

Kampung juga dihiasi dengan mural pada tembok-tembok bangunan. Hal ini menimbulkan suasana indah, untuk digunakan sebagai spot foto.

Lokasi Kampung Batik Semarang

Lokasi Kampung Batik Semarang berada di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur tepatnya di dekat Bundaran Bubakan, Jawa Tengah. Jika dari Gereja Blenduk Kota Lama menuju Kampung Batik Semarang, maka harus memutar sampai ke bundaran Bubakan. Gang masuknya berada di samping hotel Horison.

Jam Buka Kampung Batik Semarang

Tempat wisata di Semarang ini dibuka untuk wisatawan dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam.

Tiket Kampung Batik Semarang

Pengunjung tempat wisata di Semarang ini tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Namun apa bila ingin belajar membatik, biayanya Rp 20- Rp 30 ribu. Pengunjung dapat mencoba belajar membatik motif asam, burung blekok, warak, hingga lawing sewu.

  1. Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo. Image: jatengprov.go.id

Ayana Gedongsongo merupakan tempat wisata kekinian. Tempat wisata di Semarang ini memiliki aneka spot foto yang keren dan Instagramable. Pengelola sengaja memadukan berbagai inovasi baru di bidang wisata modern dengan pemandangan dan suasana indah alam pegunungan.

Sebagai tempat wisata di semarang, yang mengkhususkan diri pada lokasi foto, Ayana menyediakan berbagai pilihan spot yang menarik. Spot Foto Ayana Gedong Songo diantaranya ada balon udara, rumah kaca, kursi unik di atas kolam, hingga berbagai spot dengan kerangka besi chrom yang menawan. Segala angel kamera akan menghasilkan foto yang memuaskan. Sangat rekomended bagi wisatawan yang gemar dunia fotografi.Tempat ini memberikan suasana baru di wisata Gedong Songo Bandungan.

Lokasi Ayana Gedong Songo

Lokasi Ayana Gedong Songo ini ada di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kab Semarang, Jawa tengah. Lokasi ini sekitar 45 km dari kota Semarang.

Jam Buka Ayana Gedong Songo

Tempat wisata di Semarang ini dibuka untuk wisatawan dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket Ayana Gedong Songo

Untuk mengunjungi tempat wisata di semarang ini, pengunjung dikenakan tiket masuk 20 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 10 ribu rupiah untuk anak-anak.

Lihat juga candi candi luar biasa di Jawa Tengah

  1. Masjid Agung Semarang

Mesjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang. Image: bukanrastaman.com

Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001.

Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa. Di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter. Dilengkapi juga dengan 4 menara setinggi 62 meter di tiap penjuru.

Di sebelah masjid, terdapat Menara Asmaul Husna yang memiliki ketinggian 99 meter. Dari puncak menara yang memiliki 19 lantai ini, Anda bisa menikmati keindahan Kota Semarang. Anda juga bisa melihat keindahan Kota Semarang menggunakan teropong pandang yang disediakan oleh pengelola masjid.

Serambi Masjid Agung Jawa Tengah dilengkapi 6 payung raksasa otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi, Payung elektrik dibuka setiap salat Jumat, Idul Fitri dan Idul Adha dengan catatan kondisi angin tidak melebihi 200 knot.

MAJT memiliki koleksi Al Quran raksasa berukuran 145 x 95 cm². Ditulis tangan oleh Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Juga terdapat Bedug raksasa berukuran panjang 310 cm, diameter 220 cm. Bedug ini merupakan replika bedug Pendowo Purworejo.

Lokasi Masjid Agung Semarang

Mesjid Agug Semarang Jl. Gajah Raya No. 128 Sambirejo, Gayamsari, Semarang

Jam Buka Mesjid Agung Semarang

24 jam.

Tiket Masjid Agung Semarang

Gratis

  1. Brown Canyon

Brown Canyon

Brown Canyon. Image: travelspromo.com

Tempat wisata di Semarang ini sebenarnya bukanlah tempat wisata. Awalnya ini adalah sebuah perbukitan biasa. Namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun akhirnya berubah wujud seperti layaknya grand canyon yang mempesona di Amerika.

Keindahan panorama, membuat brown canyon ini menjadi tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing- tebing menjulang tinggi menjadikan pemandangan yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu yang menarik di tempat ini adalah keberadaan kolam. Dengan bentuk tepian yang memanjang, kolam ini menjadi titik yang Dipadati pengunjung. Maklum, di tengah batu dan pasir, keberadaan kolam seakan menjadi penyegar mata.

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan pengunjung tentu adalah berburu foto. Berfoto di antara batu-batu menjulang besar menjadi latar yang disenangi pengunjung. Titik yang paling digemari adalah di sekitar dua tebing tinggi rata. Dengan sudut yang tepat, pengunjung bisa mendapatkan foto diri berikut kemegahan alam sekitar.

Lokasi Brown Canyon

Wisata Alam Brown Canyon ini tepatnya berada di Jalan Raya Lamongan, Rowosari, Demak, Kota Semarang Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari lokasi stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Jam Buka Brown Canyon

24 Jam

Tiket Brown Canyon

Gratis

  1. Museum Rekor Indonesia

Museum-Muri

Museum Rekor Indonesia. Image: exploresemarang.com

Museum Rekor Dunia Indonesia diresmikan pada 27 Januari 1990 Tujuan utama pendirian museum ini adalah menyimpan berbagai macam galeri MURI. Museum ini didirikan dan diprakarsai oleh Jaya Suprana terletak di kawasan industri Jamu Jago. Ruangan yang digunakan untuk museum memiliki luas 600 meter persegi. Museum terdiri dari ruang ekshibisi data dan foto MURI, balai pertemuan dan ruang ekshibisi.

Tempat wisata di Semarang ini menampilkan benda-benda bersejarah perusahaan jamu jago yang berdiri sejak 1918 di Wonogiri. Salah satunya adalah lipstick terbesar yang telah dibuat oleh PT Mustika Ratu. Lipstik ini memiliki tinggi 3 meter dengan diameter 80 cm.

Bagi anda yang mencari sensasi berwisata di objek wisata Pendidikan anda bisa melihat berbagai benda zaman dahulu atau antik yang memiliki nilai sejarah. Anda juga bisa menikmati aneka macam pemandangan ketika berkunjung kesana, karena di sekitarnya terdapat wisata bertema alam.

Lokasi Museum Rekor Indonesia

Tempat wisata di Semarang ini, beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263

Jam Buka Museum Rekor Indonesia

Tempat wisata di Semarang ini dibuka untuk wisatawan dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Tiket Museum Rekor Indonesia

Setiap pengunjung bisa masuk dengan gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Add Comment