10 Wisata di Magelang, yang Keren dan Kekinian

wisata di magelang

wisata di magelang

Magelang, Kota di Jawa Tengah ini memiliki pesona panaroma alam yang menakjubkan. Hebatnya, dari sekian banyak keindahan wisata di Magelang, masih banyak yang tersembunyi. Sehingga wajar jika banyak orang yang belum mengetahui keindahan kabupaten ini.

Ada berbagai tipe Spot wisata di magelang yang keren. Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, Bukit, Taman, sampai Air Terjun. Semuanya memanjakan mata dan menantang untuk di explore.

10 Wisata di Magelang

Cerita berikut ini bertujuan untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Magelang. Objek wisata remokendasi berikut, kami susun berdasarkanjenisnya. Mulai dari wisata candi, wisata air terjun, wisata Dataran tinggi, wisata museum, dan Wisata Taman.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur. Image: detik.com

Borobudur adalah sebuah candi Buddha. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar terletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini. Dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang. Di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan Dharmachakra mudra.

Para peziarah masuk melalui sisi timur dan memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam. Terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha.

Ketiga tingkatan yakni Kamadhatu atau alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Rupadhatu atau alam peralihan di mana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. dan Arupadhatu yaitu alam tertinggi atau rumah sang pencipta.

Silakan dilihat juga 10 Candi lain di Jawa.

Alamat

Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Untuk masuk ke wisata di Magelang ini, pengunjung Usia 10 tahun ke atas Rp 40.000. Usia 3 s/d 10 tahun Rp 20.000.

Jam Buka

Jam buka objek wisata di Magelang ini dari pukul 06.00 sampai 17.00.

  1. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo. Image: @agathon_h

Di lereng timur kaki Gunung Sumbing ,berdiri megah candi berusia ratusan tahun yaitu Candi Selogriyo. Candi ini terletak di lokasi terpencil dari pemukiman penduduk, dan tersembunyi diantara bukit Giyanti , Condong dan Malang.

Candi Selogriyo adalah peninggalan masa Hindu sekitar abad ke-9 yang antara lain ditandai arah hadap pintu ke Timur, adanya arca Ganesha, Durga, Agastya di candi tersebut.Candi ini ditemukan dalam keadaan runtuh dan direkonstruksi menjadi bentuk seperti sekarang ini.

Akses menuju lokasi candi dari pemukiman penduduk berupa jalan setapak. Jalan  dengan kontur tanah berbatu sepanjang sekitar 2 kilometer. Hal ini tentu cocok bagi yang suka hiking sambil menikmati suasana pedesaan nan asri .

Di candi ini terdapat mata air berbentuk mirip pancuran.Lokasinya berjarak sekitar 10 meter dari candi. Menurut keyakinan warga setempat, air pancuran tersebut dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu juga punya efek awet muda. Pemandangan di sekitar candi sangat indah dan udaranya segar karena terletak di kaki gunung.

Menurut sesepuh warga sekitar, Candi Selogriyo merupakan tempat ibadah dan pemujaan para pendeta Hindu atau tempat raja menyepi.

Alamat

Hutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Harga tiket masuk objek wisata di Magelang Candi Selogriyo adalah Rp. 3.000,-.

Jam Buka

Jam buka objek wisata di Magelang ini dari pukul 06.00 sampai 17.00.

  1. Air Terjun Sekar Langit

air terjun sekar langit

Air Terjun Sekar Langit. Image: http: tribunnews.com

Air terjun ini berada di lereng gunung Telomoyo, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. Ketinggian airnya mencapai 25 meter.

Air terjun sekar langit berada di lereng gunung Telomoyo, gunung yang membatasi Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga. Keindahan alam terjaga dan alami. Dengan tumbuhan dan pepohonan hijau di kiri dan kanan jalan masuk.

Jalan masuk ar terjun sepanjang 400 meter dari jalan besar. Sekar Langit juga pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Yohana Gadis Rimba yang dibintangi oleh Lidya Kandou dan Atek Soedharmo dan disutradarai oleh Wim Umboh pada tahun 1983.

Yang menjadi daya pikat kehadiran bagi pengunjung air terjun ini, selain keindahan alamnya adalah adanya legenda Jakatarub. Konon, di telaga inilah Jakatarub mengintip dan mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi. Bidadari yang hilang selendangnya itu, Nawangwulan, tidak dapat pulang ke kahayangan. Sang Bidadari hidup berumah tangga dengan Jakatarub.

Alamat

Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tiket

Harga tiket masuk ke objek wisata di Magelang Air Terjun Sekar Langit adalah Rp. 5.000,-.

Jam Buka

Jam buka objek wisata di Magelang ini dari pukul 06.00 sampai 17.00.

  1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang. Image: jogjatourwisata.id

Air terjun yang masih terlihat alami ini memiliki keunikan tersendiri. Pengunjung dapat melihat air terjun dari atas maupun dari bawah. Air terjun ini berada di daerah pegunungan sehingga medan yang dilalui berupa jalanan naik turun.

Seperti pada air terjun umumnya Setelah membeli tiket pengunjung perlu berjalan untuk sampai ke air terjun. Di tempat ini, pengunjung akan bertemu dengan dua persimpangan. Persimpangan ini memberi pilihan pada pengunjung untuk melihat air terjun dari atas atau dari bawah.

Air terjun setinggi 40 meter ini memiliki dinding batu yang berwarna hijau karena lumut. Airnya yang jernih mengalir langsung dari mata air gunung merapi dan merbabu. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya lihatlah air terjun dari atas terlebih dahulu. Setelah puas menikmati pemandangan air terjun dari atas pengunjung bisa melanjutkan melihat pemandangan dari bawah.

Perjalanan menuju ke bawah dengan melalui anak tangga yang sudah disediakan. Sampai di bawah, pengunjung akan melewati jalan berbatu. Ada beberapa jalan yang mengharuskan pengunjung untuk menyeberangi beberapa anak sungai.

Menikmati Air terjun Kedung Kayang dari bawah, tidak kalah menarik dengan menikmati dari atas. Suasana di bawah air terjun lebih segar dan dingin.

Alamat

Jalan Ketep Pass, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang

Tiket

biaya retribusi objek wisata di Magelang ini hanya Rp. 6.000.

Jam Buka

Jam operasional objek wisata di Magelang ini buka mulai jam 07.00 hingga tutup kembali pada pukul 17.00.

Baca juga Lokasi Instagramable di Pacet.

  1. Bukit Rhema

bukit rhema

Bukit Rhema. Image: @juanittoz

Bukit Rhema merupakan salah satu pesona Wisata Magelang selain Borobudur. Bukit ini sebelumnya populer karena memiliki bangunan unik gereja ayam.

Bukit Rhema, kawasan perbukitan yang berada tidak jauh dari Punthuk Setumbu. Ke dua objek wisata ini sama-sama berada di kawasan Pegunungan Menoreh. Nama bukit ini mungkin masih asing di telinga traveler. Sebenarnya bukit ini bukan spot baru, sebab di sana ada satu bangunan yang namanya sudah lebih dulu tenar yaitu Gereja Ayam.

Secara geografis, letak Bukit Rhema memang lebih rendah dibandingkan Punthuk Setumbu, tapi view dari bukit ini tidak kalah bagus. Saat naik ke puncak crown dari Gereja Ayam, traveler akan melihat indahnya alam sekitar candi Borobudur. Candi Borobudur tampak dipagari oleh gunung Sumbing, Tidar, Merbabu, Suroloyo dan Merapi.

Dari atas crown greja Ayam, pengunjung dapat melihat golden sunrise. Pemandanagn ini bisa diperoleh jika pengunjung datang pagi buta.

Alamat

Karangrejo, Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang,

Tiket

Pengunjung objek wisata di Magelang ini dikenakan tiket masuk Rp 5.000. Untuk parkir kendaraan dikenakan Rp. 2000/motor.

Jam Buka

Jam operasional objek wisata di Magelang ini buka mulai jam 05.00 hingga tutup kembali pada pukul 17.00.

  1. Punthuk Kendil

puthuk kendhil

Punthuk Kendil. Image: wisatatempatku.com

Tempat menarik ini relative masih baru, mulai dikelola bulan Juli tahun 2015. Punthuk Kendil dikunjungi wisatawan baik domestik atau mancanegara untuk berburu sunrise. Kuantitas pengunjung kalah ramaedari Punthuk Setumbu. Hal ini justru menguntungkan, karena mendukung keasrian dari lokasi wisata ini.

fasilitasnya juga terbilang lengkap. Tersedia rumah pohon, gardu pandang dan tempat-tempat untuk sekedar selfie. Karena pemrakarsa Punthuk Kendil adalah seorang seniman, jadi ada unsur seni dari tempat ini. Seniman terebut bernama Pak Tijab. Beliau memiliki sanggar seni, 200 meter di bawah Punthuk Kendil. Sanggar itu bernama Sakeng Ndene.

Wisatawan internasional rata-rata mengunjungi lokasi ini pada bulan Juli sampai Agustus. Mungkin karena di bulan tersebut sunrise berada di tengah gunung merapi dan merbabu.

Candi Borobudur juga terlihat loh dari lokasi ini.

Alamat

Ngaglik, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Tiket masuk objek wisata di Magelang ini tidak mahal. Hanya Rp 5.000,-.

Jam Buka

Jam bukan objek wisata di Magelang ini 24 jam

  1. Gardu Pandang Cepogo

Gardu Pandang Cepogo

Gardu Pandang Cepogo. Image: ngetripyuk.id

Gardu pandang Cepogo dengan ikon I Love terdapat di kawasan wisata Delimas. Gardu pandang ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk yang sangat unik. Gardu pandang Cepogo dengan ikon I Love U sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto bersama pasangan kamu.

Tak jauh dari gardu pandang, terdapat sejumlah curug. Diantaranya Curug Delimas, yang dapat dijadikan pilihan bila pengunjung ingin bermain-main dengan air. Untuk pergi ke curug, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak selama beberapa menit.

Selain gardu pandang dan curug, fenomena alam seperti sunrise ataupun sunset akan sangat indah bila dinikmati dari Delimas. Kawasan wisata ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping.

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung menempuh dengankenadaraan bermotor. Waktu perjalanan dengan waktu kurang lebih selama 25 menit dari pusat kecamatan windusari.

Alamat

Kuadran I, Girimulyo, Windusari, Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Untuk dapat berfoto di gardu ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000.

Jam Buka

Jam operasional objek wisata di Magelang ini buka mulai jam 08.00 hingga tutup kembali pada pukul 18.00.

  1. OHD Museum

OHD Museum

OHD Museum. Image: dolanyok.com

Jika anda seorang penikmat seni, OHD merupakan tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Museum ini mungkin asing di telinga kita yang tergolong awam dalam dunia seni lukis. Namun Museum OHD justru sudah dikenal luas wisatawan mancanegara.

OHD merupakan museum yang menyimpan lukisan dari Oei Hang Djien. OHD merupakan museum pribadi yang kini dikembangkan sebagai tempat wisata di Megelang. Museum tidak hanya dapat dikunjungi para pelukis, namun siapa saja yang ingin melihat hasil lukisan OHD diperbolehkan masuk.

Museum OHD sudah memiliki koleksi lebih dari 2000 karya seni. Koleksi terdiri dari karya anak bangsa. Diantaranya adalah lukisan, pahatan, seni instalasi, patung ataupun new media art. Karya seni ini dibuat oleh seniman-seniman besar Indonesia, seperti Affandi, S.Sudjojono, Hendra Gunawan, Widayat, dan Soedibio.

Tidak hanya karya seniman besar juga yang dipasang di museum ini. Museum OHD juga menjadi wadah bagi seniman-seniman baru yang ingin menuangkan kreativitasnya.

Alamat

Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Wisata di magelang ini tiket masuknya Rp 50.000 untuk dewasa, dan Rp. 25.000 untuk pengunjung berstatus pelajar.

Jam Buka

Jam operasional objek wisata di Magelang ini buka mulai jam 08.00 sampai 16.00. Hari Selasa Tutup.

  1. Kebun Bibit Senopati

Kebun bibit senopati

Kebun Bibit Senopati. Image: @yanubobz

Pada kebun bunga yang terletak di Jurangomblo ini pengunjung dapat menyaksikan beragam jenis tanaman dan bunga. Selain itu, kebun bunga menawarkan lokasi yang cocok untuk ber swafoto. Pengunjung dapat juga sekedar jalan-jalan menikmati rindangnya bunga dengan beragam jenis dan warna.

Di Kebun Bibit Senopati, ada lebih dari 550 jenis tanaman yang ditanam. Jenis tanaman yang ada di kebun bibit ini pun dipilih yang memiliki warna dan corak yang berbeda-beda.

Dari segi desain dan penataan taman pun dibuat menarik. Kebun ditata membentuk ranting dan dedaunan seperti pohon. Desain taman ini lengkap dengan gambaran daun, mahkota bunga.

Selain itu tanaman bunga yang indah beraneka warna, ada juga ikon lain dari taman ini. Terdapat bangunan tingkat seperti water tower yang merupakan ikon kota Magelang. Bangunan ini tampak serasi diletakkan di kebun bibit seluas 3400 meter persegi ini.

Alamat

Jl. Panembahan Senopati, Jurangombo Utara, Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Untuk masuk ke area taman wisata di magelang ini warga tidak dikenai biaya tiket masuk. Gratis

Jam Buka

Jam operasional wisata di magelang ini buka mulai jam 08.00 sampai 16.00.

  1. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu

Taman Ramadanu. Image: travelingyuk.com

Destinasi wisata instagenic di Magelang satu ini memanjakan para pecinta bunga. Taman bunga ini bernama Taman Ramadanu. Jenis bunga yang tumbuh di sini adalah Celosia dan Zinna. Mereka ditata dengan sangat cantik, sehingga tampak cantik.

Spot kincir angin besar di bagian tengah taman, membuat suasana jadi tambah mengesankan. Serasa ada di Belanda.

Taman Ramadanu juga termasuk yang baru di Magelang. Baru dibuka untuk umum pada Juni 2018. Meski baru, keberadaannya langsung menarik perhatian banyak pengunjung.

Tisak perlu khawatir jika tidak kebagian kesempatan berfoto di kincir angin. Pihak pengelola telah menambahkan beragam spot photogenic lainnya. Ada spot rumah pohon dan bunga sakura. Jadi saat banyak orang yang berfoto di kincir angin, pengunjung lain bisa beralih ke spot lain.

Taman yang cukup luas membuat banyak tempat untuk berfoto. Bukan hanya berfoto pada ikon ikon tamna Berfoto diantara kerimbunan bunga aneka warna juga tidak kalah indahnya. Pengelola pun sudah menambahkan lampu sorot sehingga pengunjung tetap berfoto saat malam hari.

Alamat

Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah

Tiket

Harga tiket objek wisata di Magelang ini mulai dari Rp 5.000,-.

Jam Buka

Jam buka objek wisata di Magelang Taman Ramadanu dari pukul 07.00 sampai 23.00.

Bagaimana? Wisata di magelang tidak kalah indah kan? Tampilan yang cantik masing masing objek ini memang menjadi daya tarik. Ayo agendakan segera! Jangan lupa mengajak beberapa teman dan orang spesial ya.

Add Comment