Mengagumkan, 10 Wisata Jawa Tengah yang Menawan Hati

wisata jawa tengah

wisata jawa tengah. Dataran Tinggi Dieng

Wisata Jawa Tengah tidak melulu Candi Borobudur saja. Meskipun tidak mendapat ekspos sebesar salah satu dari tujuh keajaiban dunia tersebut, ada banyak spot menarik yang tidak kalah seru untuk dieksplorasi di Jawa Tengah.

10 Lokasi Wisata Jawa Tengah

Ada banyak tempat lokasi wisata Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Keramaian meningkat saat musim liburan dan akhir pekan. Nah, buat Anda yang sedang merencanakan piknik dalam waktu dekat, tempat wisata Jawa Tengah berikut mungkin bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

Lihat juga lokasi indah di Pacet, Jawa timur

  1. Pantai Nampu

 

Pantai Nampu

Pantai Nampu. Image: nativeindonesia.com

Keindahan Pantai objek wisata jawa tengah ini ditandai dengan tebing batu di kedua sisi pantai. Tebing yang menjulang nampak seperti corong. Adanya tebing batu ini menguatkan nuansa keheningan dan kesunyian bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nampu.

Sejumlah aktivitas wisata bisa Anda lakukan di Pantai wisata jawa tengah ini. Mulai dari bermain pasir putih yang lembut, bermain air, dan berburu kepiting pasir. Selfie atau berfoto bersama keluarga merupakan hal yang paling menyenangkan di pantai ini.

Di sekitar lokasi terdapat warung-warung kecil yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Saat hari biasa, hanya sedikit saja penjual yang ada di sini. Tapi ketika hari libur tiba, ada lebih banyak penjual yang menjajakan makanan-minuman di sekitar Pantai wisata jawa tengah ini.

Lokasi Pantai Nampu

Objek wisata jawa tengah Pantai Nampu berlokasi di Desa Gunturharjo. Desa ini masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

Dari Kota Yogyakarta pantai ini jaraknya atau Surakarta sekitar 100 kilometer. Waktu tempuh dari kedua kota itu pun hampir sama, yakni kurang-lebih 2 jam 30 menit.

Jam Buka Pantai Nampu

24 jam.

Tiket Pantai Nampu

Wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata jawa tengah ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2 ribu. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor. Unutk mobil dikenakan pungutan Rp 5 ribu.

  1. Karimunjawa

Karimunjawa

Karimunjawa. Image: indonesiaexpat.biz

Tujuan wisata jawa tengah satu ini memiliki luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare. Karimunjawa  dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari pulau utama dan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Sebagai kawasan taman nasional, Kepulauan Karimunjawa memiliki pesona wisata yang lengkap mulai dari pantai, wisata bawah laut, hutan mangrove, hingga kekayaan budaya. Tak salah jika akhirnya Kepulauan Karimunjawa dijuluki sebagai “The Paradise of Java”.

Berbagai macam kegiatan seru bisa dilakukan di objek wisata jawa tengah ini. Pelayaran wisata mengelilingi kepulauan merupakan hal menyenangkan. Snorkeling juga pilihan yang tidak kalah seru, mengingat kekayaan terumbu karang kepulauan ini. Dan yang paling seru adalah menyaksikan ikan Lumba- Lumba yang bersahabat dan ikan hiu yang jinak.

Lokasi Karimunjawa

Objek wisata jawa tengah ini adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kaputan Jepara, Jawa Tegah.

Jam Buka Karimunjawa

24 jam

Tiket Karimunjawa

Untuk tiket masuk, lokasi wisata jawa tengah ini tidak mengenakannya. Namun ketika akan menikmati fasilitas wisata yang ada, masing-masing dikenakan tiket yang berlainan.

  1. Baturaden

Baturaden

Baturaden. Image: waystreet95.blogspot.com

Lokasi wisata ini berada di sebelah utara Kota Purwokerto. Tepatnya di lereng gunung slamet. Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Ada banyak hotel dan vila indah berdiri di kawasan ini, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lokasi ini menjadi menarik karena hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah. 2 hal ini membuat wisatawan betah untuk tinggal lama di kawasan wisata jawa tengah ini.

di kawasan Baturaden terdapat banyak spot yang menarik untuk dikunjungi.

Pancuran Pitu merupakan tempat favorit para wisatawan yang datang ke Wisata Baturaden. Spot ini merupakan tempat pemandian air panas dengan pemandangan yang indah.

Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang bersih dan jernih. Masyarakat men-sakralkan tempat ini. Wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di tempat ini.

Kaloka Widya Mandala, merupakan sebuah taman edukasi. Berbagai spesies binatang seperti orang hutan, buaya, ular, landak, cendrawasih, gajah, monyet dan beberapa satwa lainnya tersedia di sini. Ada juga sebuah museum yang digunakan untuk menyimpan satwa langka lainnya yang bisa dinikmati.

Lokasi Baturaden

Loka wisata Baturaden, berada di Karangmangu, Baturaden, Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata jawa tengah ini  atau berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Purwokerto.

Jam Buka Baturaden

Lokasi wisata baturaden dibuka untuk kunjungan umum mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Tiket Baturaden

Untuk biaya masuk, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 14.000. Namun jika ingin mengunjungi spot tertentu, kemungkinan dikenakan biaya tambahan lain, sesuai dengan spot masing-masing.

  1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu. Image: wirawan93

Kata sewu berasal dari seribu pecak. Pecak merupakan satuan jarak yang digunakan pada masa lampau. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 80 meter. Inilah yang dianggap tingginya 1000 pecak.

Selain air terjun utama, terdapat pula air terjun yang tidak terlalu tinggi. Air terjun ini pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Saat musim hujan, sekeliling tebing akan dipenuhi air terjun. Tapi saat musim kemarau, banyak air terjun yang kering.

Disekitar lokasi wisata jawa tengah ini, wisatawan dapat menemukan berbagai fasilitas pendukung. Tersedia kolam renang, warung, mushola dan spot foto.

Air dari grojogan mengalir melalui sungai. Sungai ini membelah kawasan wisata Tawangmangu menjadi dua bagian. Sebagai penghubung dibuatlah sebuah jembatan, yang letaknya persis di depan Grojogan Sewu. Jembatan inilah yang sering digunakan sebagai spot favorit untuk berfoto oleh para wisatawan.

Lokasi Grojogan Sewu

Lokasi wisata jawa tengah Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Lokasi ini sekitar 27 Km di sebelah timur Kota Karanganyar. Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Jam Buka Grojogan Sewu

Objek wisata jawa tengah ini dibuka jam 7 pagi dan ditutup jam 5 sore.

Tiket Grojogan Sewu

Untuk menikmati keindahan air terjun di objek wisata jawa tengah satu ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 17.000,-

  1. Goa Petruk

Goa Petruk

Goa Petruk. Iamge: tempatwisataindonesia.id

Objek wisata jawa tengah Goa Petruk sebenarnya memiliki tiga bagian. Bagian pertama terdapat kelelawar dalam jumlah besar. Bagian selanjutnya diberi nama Goa Semar. Disini para pengunjung disuguhi oleh pemandangan dari bebatuan yang indah nan mempesona. Tterdapat batu stalaktit dan stalagmit yang mempesona.

Kemudian bagian terakhir yang disebut Goa Petruk. Disebut Petruk karena dalam Goa terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidungnya Petruk.

Untuk menjaga kondisi goa, goa tidak dilakukan sentuhan apapun. Bahkan sekedar memasang penerangan listrik pun sengaja tidak dilakukan. Namun pengunjung yang datang nggak perlu khawatir. Goa ini menyediakan jasa guide yang sigap mengantar para pengunjung dengan lampu yang memadai.

Untuk dapat masuk ke gua, disediakan alat-alat keselamatan. Peralatan seperti headlamp, spatuboot, baju tahan air (coverall), helm pelindung kepala disediakan oleh pemandu. Pemandu wisata akan selalu mendampingi dan membawakan lampu charge sebagai penerangnya.

Di wisata Gua Petruk,  terdapat fasilitas pendukung seperti Mushalla, Tempat Parkir dan Warung Makanan. Selain masuk ke Gua, di lokasi wisata ini dapat juga dilakukan hal menarik seperti panjat tebing di Tebing Putih Petruk.

Lokasi Goa Petruk

Goa Petruk, berada di dukuh Madayana Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah atau sekitar 4,5 Km dari Jatijajar menuju arah setalan.

Jam Buka Goa Petruk

Wisata jawa tengah goa petruk dibuka mulai jam 8 pagi dan tutup pada jam 6 seore.

Tiket Goa Petruk

Untuk menikmati keindahan di salah satu wisata jawa tengah ini, pengunjung dikenakan biaya Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 4.000 untuk anak anak.

  1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Wisata Dataran Tinggi Dieng. Image: klikhotel.com

Wisata Jawa Tengah Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan wisata perbukitan di Banjarnegara. Lokasi ini Memiliki banyak pilihan wisata yang mempesona. Udara dingin, alam pegunungan, sunrise mempesona, hingga budaya dan kuliner. Semua itu menjadi daya tarik kawasan ini.

Lokasi ini tidak semata menyajikan wisata yang menonjolkan keelokan alam pegunungan. Objek wisata jawa tengah ini juga terdapat berbagai aktivitas.

Museum Kaliasa salah satu pilihannya. Museum ini menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan Dataran Tinggi Dieng. Mulai dari sejarah, catatan kehidupan masyarakat, kebudayaan, sistem kepercayaan, hingga flora dan fauna.

Situs lain adalah Dieng teater. Disini menyajikan film mengenai Dataran Tinggi Dieng. Pengunjung dapat menyaksikan film selama 23 menit. Obyek wisata ini cocok dijadikan tujuan awal, untuk bekal berkeliling Dieng selanjutnya.

Lokasi Dataran Tinggi Dieng

Bakal Buntu, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Buka Dataran Tinggi Dieng

Komplek dataran tinggi dieng buka 24 jam. Namun masing-masing situs di lokasi wisata jawa tengah ini memiliki jam operasional sendiri-sendiri. Walau demikian, pada umumnya buka sekitar jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore.

Tiket Dataran Tinggi Dieng

Untuk memasuki kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng pengunjung dikenakan biaya tiket Rp 10.000. Harga tiket ini belum termasuk tiket-tiket aktivitas, situs-situs yang terdapat di sekitar kawasan wisata Dieng.

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta. Image: ibnuasmara.com

Objek wisata jawa tengah ini, dari segi arsitektur memiliki desain arsitektur istana Jawa tradisional yang sangat mewah dan megah. Bahkan mungkin yang salah satu desain arsitektur terbaik. Hal ini dikarenakan proses restorasi yang dilakukan oleh Paku Buwono X pada tahun 1893-1939. Beliau mengadopsi gaya arsitektur campuran Eropa dan Jawa yang penuh dengan nuansa biru dan putih. Hal ini menimbulkan efek menenangkan bagi siapa saja yang melihat bangunan keraton.

Sebagai objek wisata sejarah, Keraton memiliki museum dengan koleksi yang sangat lengkap. Disana terdapat berbagai macam peninggalan keraton yang dipamerkan. Mulai dari koleksi pernak-pernik keseharian keraton dan juga benda unik yang pernah digunakan oleh keraton beserta keluarganya.

Di dalam museum yang ada di Keraton Surakarta, juga bisa melihat berbagai macam hadiah dari raja-raja di Eropa.  Seperangkat alat musik tradisional gamelan dan juga replika pusaka keraton terpajang di museum ini.

Lokasi Keraton Kasunanan Surakarta

Jl. Mangkubumen Sasono Mulyo Solo

Jam Buka Keraton Kasunanan Surakarta

Objek wisata jawa tengah ini Pada Senin – Kamis : buka mulai jam 09.00 sampai jam 14.00. Sednagkan di hari  Sabtu – Minggu, buka jam 09.00 dan tutup jam 15.00. Pada hari Jumat, lokasi ini Tutup

Tiket Keraton Kasunanan Surakarta

Untuk menikmati keindahan warisan budaya di slaah satu objek wisata jawa tengah ini, dikenakan Biaya sebesar Rp 10.000. Namun untuk wisatawan Asing dikenakan tarif berbeda, sebesar Rp 15.000. Jika memebawa kamre, dikenakan juga biaya sebesar Rp 3.500,-

Lihat juga candi candi Luar biasa di Jawa.

  1. Museum Sangiran

Museum Sangiran

Koleksi Museum Sangiran. Image: topwisata.info

Bagi Anda yang ingin mencari destinasi wisata yang menghibur sekaligus mendidik, sekali waktu bolehlah berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran. Di dalamnya ada lebih dari 30.000 fosil binatang dan makhluk hidup zaman prasejarah. Fosil-fosil itu diperkirakan telah berumur 2,4 juta tahun.

Museum ini didedikasikan untuk perkembangan bermacam-macam bidang ilmu pengetahuan. Secara khusus untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, paleoantropologi, biologi, dan geologi. Dan juga tentu untuk bidang kepariwisataan.

Eksistensi Situs tersebut sungguh-sungguh berguna untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah. Situs ini dilengkapi dengan fosil manusia purba, hasil kultur manusia purba, fosil flora & fauna purba, beserta ilustrasi stratigrafinya.

Selain menikmati benda pameran dari zaman prasejarah, pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan alami Sangiran.

Pemandangan yang ditawarkan adalah pedesaan alami dengan perspektif sebenarnya. Sebab beberapa fosil di Museum Sangiran ditemukan tak jauh dari lokasi museum.

Pengunjung juga bisa membawa pulang berbagi cenderamata khas Sangiran seperti kaos , manik-manik khas, serta beberapa kerajinan bertema benda purbakala.

Lokasi Museum Sangiran

Museum Sangiran berada di Desa Kalijambe, Kecamatan Sangiran, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini berada sekitar 20 kilometer dari arah Solo.

Jam Buka Lokasi Sangiran

Lokas wisata jawa tengah ini dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai jam 8 pagi, dan tutup jam 4 sore.

Tiket Museum Sangiran

Untuk dapat masuk ke dalam area lokasi wisata jawa tengah ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500. Bila ingin masuk ke dalam gedung museum, dikenakan biaya tambahan lagi yakni Rp. 1.500.

  1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang. Image: ulinulin.com

Secara umum karakter bangunan di wilayah wisata jawa tengah satu ini, mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. Hal ini tentunya bisa dibilang wajar karena faktanya wilayah ini dibangun saat Belanda datang.

Dari segi tata kota, wilayah ini dibuat memusat dengan gereja Blenduk dan kantor-kantor pemerintahan sebagai pusatnya.

Banyak pilihan cara ditawarkan untuk menikmati kawasan Kota Lama Semarang. Salah satu yang paling menyenangkan adalah erkeliling menggunakan sepeda onthel. Menggunakan sepeda, pengunjung dapat melintasi jalur yang telah ditentukan. Perjalanan dimulai dari Monod Diephuis, Gereja Blendhuk. Kemudian melalui  Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Marabunta, Jalan Letjen Suprapto dan kembali ke titik awal.

Selain bersepeda, kegiatan yang paling populer di sini tentu adalah berfoto. Baik foto selfie maupun berfoto oleh kameramen. Hal ini disebabkan banyaknya latar yang indah. Foto-foto yang dihasilkan di lokasi ini bisa membuat pangling. Secara sepintas, bisa dikira berfoto di kota- kota di Eropa.

Lokasi Kota Lama Semarang

Kompleks bangunan bersejarah ini berlokasi di Jl. Letjen Suprapto No. 22, Tanjung Emas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam Buka Kota Lama Semarang

24 jam

Tiket Kota Malam Semarang

Gatis

  1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci. Image: bonvoyagejogja.com

Guci Tegal adalah sebuah tempat wisata jawa tengah yang terkenal sebagai pemandian air hangat. Saat ini Guci Tegal sering disebut sebagai “Taman Wisata Hot Waterboom”. Mata air panas alami yang berlokasi di ketinggian 1.050 Mdpl ini berlokasi tepat di bawah Kaki Gunung Slamet sebelah utara.

Banyak kepercayaan yang beredar mengenai wisata Guci Tegal. Salah satu cerita yang berhembus mengatakan air panas ini mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Mulai dari rematik, pegal-pegal, dan lain sebagainya. Di sisi lain, pada malam Jumat Kliwon masyarakat juga memadati lokasi wisata jawa tengah ini. Mereka berendam, dengan harapan agar keinginan mereka terkabul.

Selain memiliki air hangat menyehatkan, objek wisata Tegal ini memiliki lanskap alam memukau. Ditambah dengan udara sejuk pegunungan Tegal, membuat pengunjung betah berlama-lama dan ketagihan berkunjung disana.

Lokasi Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas Guci Tegal berada Jalan Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Jam Buka Pemandian Air Panas Guci

24 jam

Tiket Pemandian Air Panas Guci

Harga tiket Pemandian ini dibedakan atas usia. Untuk dewasa dikenakan tiket Rp. 5000 di hari biasa, dan Rp 7.000 di akhir pekan dan libur nasional. Sedangkan untuk anak-anak dikenakan tiket Rp. 4.500 di hari biasa, dan Rp 6.500 di akhir pekan dan libur nasional.

Add Comment