10 Wisata Lembang Bandung, Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Lembang, sebuah kota di Kabupaten Bandung, terkenal dengan wisata alamnya. Lembang  merupakan salah satu kota tujuan wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan jika datang ke Bandung.

Di Lembang terdapat berbagai macam tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Baca juga lokasi mistis di Bandung.

10 Wisata Lembang Bandung

Pada bagian berikutnya kami coba menceritakan beberapa tempat wisata di Lembang. Tempat wisata yang paling menarik yang sayang unutk di lewatkan.

  1. Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu lipat

Curug Tilu Leuwi Opat. Image: destinasibandung.co.id

Curug Tilu Leuwi Opat merupakan salah satu objek wisata lembang bandung. Curug dalam bahasa sunda memiliki arti air terjun.

Dinamakan curug tilu karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun, dan memiliki empat leuwi (sungai). Sebenarnya, di kawasan ini bukan hanya ada curug tilu, tapi ada juga beberapa curug lainnya seperti curug aseupan, curug citulang, dan curug cilaki.

Objek wisata lembang Bandung yang satu ini terdiri dari perpaduan beberapa objek. Di lokasi wisata lembang bandung ini, pengunjung dapat menikmati 4 objek wisata sekaligus. Objek itu berupa curug, sungai, goa, dan hutan alami. Keseluruhan lokasi memiliki luas lebih dari 5 hektar.

Semua objek tersebut dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke kawasan wisata alam Curug Leuwi Opat.

Lokasi curug tilu berada di Ciwangun Parompong, tidak jauh dari Lembang. Lokasinya terletak tidak jauh dari curug cimahi, kurang lebih 2 KM.

Tiket masuk curug tilu leuwi opat saat kami berkunjung adalah Rp 10.000

  1. Curug Cimahi

wisata-curug-cimahi

Curug Cimahi. Image: nativeindonesia.com

Salah satu objek wisata lembang bandung ini adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 87 meter. Ketinggian sedemikian, membuat air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung.

Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi. Sungai ini berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang. Kalau dihitung dari  bandung, jaraknya 20 kilometer.

Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya, shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun. Terdapat juga fasilitas tempat parkir, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, dan tempat sampah, serta mushola dan kamar kecil.

Terdapat juga beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman. Warung ini biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan.

Lokasi Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket masuk curug cimahi cukup terjangkau. Anda bisa masuk ke lokasi dengan membayar tiket sebesar Rp 15.000, plus kalau membawa motor Rp 2000 untuk parkir motor.

  1. Gunung Putri

Gunung-Putri

Gunung Putri. Image: traveling.maslatip.com

Gunung Putri memililki ketinggian 1.587 mdpl. Salah satun gunung yang digunakan sebagai lokasi wisata lembang bandung ini biasa digunakan oleh para pendaki pemula. Waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak Gunung Putri pun relatif singkat, hanya 30 menit.

Setelahs ampai di puncak wisata lembnag bandung ini, pengunjung dapat merasakan semilir angin  puncak Gunung Putri. Sesampainya di puncak Gunung Putri, pengunjung dapat mendirikan tenda. Jika tidak ingin berkemah, dan hanya sekedar beristirahat bisa juga memasang hammock.

Gunung putri tidak ada fasilitas penunjang seperti toilet dan warung di atas sini. Pengunjung harus membawa perbekalan makanan dan minuman jika hendak bermalam disini.

Selain keindahan alam, di tempat ini ada sebuah bangunan tua yang disenyalir sebagai bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bangunan ini dikenal dengan Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri.

Lokasi objek wisata lembnag bandung ini ada di Jalan Gunung putri, no 184, Desa Jaya Giri, Lembnag, Bandung

Tiket Masuk lokasi ini Rp 5.000,-

  1. De’ Ranch

De' ranch

De’ Ranch. Image: @juliapoegoeh

De Ranch Lembang adalah salah satu objek wisata keluarga yang cukup populer di kawasan wisata lembang Bandung. Dengan harga tiket De Ranch Lembang yang murah Anda bisa menikmati liburan ala-ala Cowboy di Meksiko sana loh. Tempat ini berlokasi tidak jauh terlalu jauh dari pusat Kota Bandung sehingga, Anda akan sangat mudah untuk menjangkaunya.

De Ranch Lembang menawarkan banyak sekali kelebihan untuk Anda yang ingin berlibur. Berlibur bersama keluarga, terutama ketika mengajak anak-anak. Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah konsep Cowboy. Konsep coboy ini memiliki segudang wahana permainan yang akan membuat buah hati merasa puas. Permainan itu ada yang berupa menunggangi kuda ataupun melakukan sesi foto layaknya Cowboy cilik.

Lokasi obyek wisata lembang bandung ini, tepatnya di Jalan Maribaya No. 17, Kayuambon Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung.

Tiket wisata lembang bandung ini seharga Rp 15.000,-

  1. Farm House

Farm-House

Farm House. Image: rutemu.com

Farmhouse Lembang mulai beroperasi sekitar tahun 2015. Lokasi wisata lembang bandung ini di desain dengan atmosfer Eropa. Terdapat banyak sekali spot unik dan menarik yang pastinya menjadi daya tarik wisatawan. Area tempat ini pun terbilang luas. Namun, saat weekend tempat ini akan terkesan sempit karena banyaknya pengunjung.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Terdapat banyak spot untuk berswafoto seperti rumah hobbit, bangun tradisonal ala Eropa, dan juga dapat menyewa pakaian layaknya orang Eropa untuk mendukung konsep foto di Farmhouse ini.

Terdapat juga spot menarik lain yaitu, Rumah hobbit ala hobbiten di New Zealand. Desainnya dibuat mirip dengan film pada aslinya. Setiap pengunjung yang masuk ke rumah hobbit di Farmhouse ini harus membungkukan badan. Lokasinya juga tepat untuk dijadikan target bidikan kamera.

Daya tarik wisata Farm house berikutnya adalah berpenampilan bak wanita Eropa zaman dahulu. Bagi pengunjung wanita baik gadis ataupun remaja, dapat menyewa kostum pakaian ala Maid seharga Rp 50.000/jam.

Lokasi Farm house Lembang berada di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Tiket wisata lembang bandung ini seharga Rp 20.000,-

  1. Floating Market

floating market

Floating Market. Image: tempatwisatadibandung.info

Floating Market Lembang merupakan tempat wisata lembang bandung yang menggabungkan pasar tradisional dengan keindahan alam. Tempat ini memiliki konsep seperti pasar apung yang ada di sungai Banjarmasin. Pengunjung dapat merasakan sensasi berbelanja di atas perahu yang terapung di danau. Banyak sekali jenis makanan, sayuran, buah dan lainnya yang dijajakan di atas perahu di floating market Lembang ini.

Selain berwisata sekaligus berbelanja, Floating Market Lembang juga menyediakan wisata air. Fasilitas ini dapat dinikmati bersama keluarga, sahabat atau pacar. Wahana air tersebut diantaranya adalah Kano, sampan, kereta air, paddle boat, dan sepeda air.

Ada banyak sekali area foto di lokasi wisata lembang bandung ini. Ada tepi danau, pasar terapung, di arena bermain anak dan lainnya.  Namun yang menjadi perhatian ada satu spot foto di area The Rock, dimana terdapat background foto batu-batu yang di susun indah.

Lokasi Floating Market Lembang tepatnya ada di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket wisata lembang bandung ini seharga Rp 20.000,-

  1. Taman Lembah Dewata

taman-lembah-dewata

Taman Lembah Dewata. Image: @ambu_dewi

Taman Lembah Dewata di Lembang ini kini bisa jadi alternatif wisata lembang bandung. Jika tempat-tempat lain sudah dipenuhi pengunjung, Danau ini sebaliknya relatif masih sepi.

Di danau Ada anjungan bambu yang menjorok ke danau yang bisa kamu gunakan untuk berfoto ria. Selain itu ada pula sampan yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling danau.

Selain anak-anak muda yang mencari foto kekinian buat update Instagram, Taman Lembah Dewata di Lembang ini kini acapkali digunakan untuk sesi foto prewedding.

Berkunjung ke Taman Lembah Dewata Lembang pun, sahabat semuanya juga masih bisa berfoto ria dengan angle yang unik dan menarik, tepatnya di tepi dermaga yang ada di tepi danau. Tidak hanya itu, sensasi berfoto selfie akan semakin seru, manakala anda bida berfoto di atas perahu yang anda naiki, dengan tarif hanya Rp.30.000/orang saja.

Lokasi objek wisata lembang bandung ini di Jalan Tangkuban Perahu Km. 3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tiket wisata lembang bandung ini seharga Rp 10.000,-.

  1. Kebun Bunga Begonia

Kebun bunga begonia

Kebun Bunga Begonia. Image: kompasiana.com

Kebun Begonia merupakan sebuah kawasan wisata lembang bandung yang didirikan untuk menyuguhkan keanekaragaman keindahan bunga. Kebun Begonia Lembang terletak di ketinggian 1.200 Mdpl. Kebun ini dirancang sebagai tempat budidaya aneka tanaman bunga, sekaligus sekaligus sebagai kawasan wisata alam hijau.

Ada berbagai areal kebun bunga yang menghampar indah. Diantaranya kawasan kebun bunga yang dilengkapi dengan aneka macam bunga-bunga kebun seperti Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Cosmos, Bunga Dianthus, Bunga Salvia, dan masih banyak bunga lainnya. Selain itu, terdapat kebun-kebun yang ditanami oleh berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang bisa dipetik.

Kebun Bunga Begonia Lembang Bandung buka setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Pengunjung bisa datang setiap hari pada jam tersebut. Saat berkunjung sebaiknya datang pada pagi hari. Pagi hari udara masih sejuk dan pengunjung bisa menikmati wisata kebun bunga ini lebih lama

Lokasi Kebun Begonia Lembang, Jalan Maribaya Nomor 120 A Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Tiket wisata lembang bandung ini seharga Rp 10.000,-.

  1. Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole.

Wisata Grafika Cikole. Image: urbandung.com

Wisata Grafika Cikole yang merupakan salah satu Tempat Wisata Lembang Bandung, pada dasarnya adalah sebuah restoran yang juga memiliki penginapan. Lokasi ini berada di lokasi yang sangat sejuk. Suhu udara di sekitarnya hanya kurang lebih 20 derajad Celcius.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di lereng gunung dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tentunya akan sangat menyenangkan untuk bisa menikmati suasana alam di area seluas 9 hektar ini.

Kawasan wisata lembang bandung ini memiliki berbagai fasilitas wisata yang lengkap. Lokasi ini cocok untuk wisata keluarga. Juga asik untuk  wisata bersama teman atau bahkan wisata bersama teman kantor.

Lokasi wisata lembang bandung ini ada area yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi outbond. Selain outbond, ada penginapan dengan fasilitas lengkap. Ada juga restoran yang menyajikan berbagai makanan yang enak. Makanan yang ada di sana mulai dari makanan sunda, makanan china, dan juga makanan laut.

Lokasi Wisata Grafika Cikole di Jalan Tangkuban Perahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang Bandung.

Tiket wisata lembang bandung ini gratis. Namun untuk menikmati wahana yang ada dikenakan biaya sesuaid negan wahana tersebut.

  • Flying fox 1 jalur Rp 15.000
  • Flying fox PP Rp 25.000
  • Paint Ball peluru 40 butir Rp 85.000
  • Petik strawberry Rp 60.000 per kilo
  • Sewa ATV 110 cc Rp 30.000 untuk 2 putaran
  • Sewa ATV 200 cc Rp 50.000 untuk 2 putaran
  • Strawberry Farm Rp 5.000
  1. Salian Art Space

Salian art space

Salian Art Space. Image: wisata-kotalembang

Salian Art Space sebuah tempat kuliner yang juga memiliki ruang yang dapat difungsikan sebagai tempat pameran. Di sana dipamerkan berbagai karya seni yang popular dengan sebutan art space. Selain budaya Sunda, Art Space juga memiliki kesan budaya Jawa serta nuansa Bali yang cukup kuat. Salian Art Space ini mengusung konsep galeri seni, spicelab, eatery, and coffee.

Kehadiran sebuah joglo di tengah-tengah area menambah keunikan tempat ini. Di dalam joglo tersebut terhampar area yang sangat luas dan nyaman ditambah dengan lampu temaram saat malam tiba yang menambah keromantisan tempat ini.

Art Space sering menjadi tempat pameran untuk melihat-lihat karya seni. Di tempat ini dipamerkan karya seni yang setiap beberapa bulan sekali dilakukan rotasi. Sambil melihat karya seni, pengunjung bisa bersantap nikmat di cafe.  Café itu terletak di area indoor dan outdoor.

Lokasi Art Space Jalan Sersan Bajuri No 86 KM 3,8, Lembang Bandung Barat Indonesia.

Tiket objek wisata lembang bandung ini tidak ada. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Namun mesti tetap menyiapkan dana, jika ingin makan sambil menikmati koleksi barang seni.

Add Comment